Fakta 6 Public Figure yang Dianggap ‘Bodoh’, Tapi Pinter Cari Duit

oleh Rizal
13:57 PM on Jul 27, 2015

Seringkali kita menertawakan para pelaku dunia entertainment. Biasanya sih karena hal-hal bodoh yang mereka lakukan. Tidak hanya soal image atau akting pura-pura bodoh yang selalu dimunculkan di atas panggung, tapi juga kelakuan konyol mereka di luar dunia pekerjaan yang sering mengundang hujatan. Biasanya sih untuk kasus artis yang sok pamer harta atau mereka yang melakukan skandal mengejutkan.

Berbeda Indonesia, berbeda pula Hollywood. Para artis dengan label ‘bodoh’ di sana sebenarnya pintar luar biasa, apalagi kalau urusannya dalam mencari uang. Contohnya saja Adam Sandler yang kita kenal dengan kelakuan bodohnya di film, ternyata lihai dalam menghasilkan uang. Ada pula Paris Hilton yang sering kali dihujat gara-gara berbagai kelakuan ‘bodoh’-nya yang ternyata jago banget marketing.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Nah, berikut adalah deretan artis Hollywood yang kelihatan bodoh tapi mahir mengumpulkan pundi-pundi harta.

1. Paris Hilton, Bikin Hura-Hura Jadi Duit

Siapa sih Paris Hilton? Cuma anak orang kaya yang hobinya pesta dan suka menghabiskan duit kakeknya. Mungkin kamu juga bingung kenapa orang yang aslinya tidak punya kemampuan ini sering mondar mandir di televisi sampai red carpet dan jadi terkenal. Jangan ditanya soal haters karena Paris mungkin artis yang cukup sering dihujat dari pada yang lain.

Paris Hilton si jago self marketing [Image Source]
Paris Hilton si jago self marketing [Image Source]
Ada momen di mana para haters ini sangat bahagia. Hal tersebut tidak lain adalah ketika sang kakek yang ternyata menghibahkan seluruh hartanya ke badan amal. Paris hanya diberi sedikit sekali tak kurang dari $5 juta. Alih-alih bangkrut dan jadi orang biasa, Paris tetap konsisten tampil di layar kaca. Banyak orang yang bertanya kenapa hal ini bisa terjadi. Bukankan si artis sensual ini sudah kehabisan modal untuk bersenang-senang?

Sayangnya, meskipun terlihat bodoh lantaran hobi pesta dan pamer, tapi harus diakui Paris adalah marketer hebat. Bukan produk yang dijualnya, namun dirinya sendiri. Buktinya adalah setiap penampilannya di mana pun berada, ia selalu berusaha menciptakan brand dirinya sendiri. Makin nyebelin dan kontroversial, maka makin banyak orang yang mengenalnya.

Lalu kemudian Paris hanya butuh untuk meletakkan namanya dalam sebuah produk dan miliaran dollar pun berjatuhan ke rekening pribadinya. Buktinya, parfum yang berlabel namanya sudah terjual hampir $1,8 miliar, itu belum terhitung puluhan produknya yang lain. Paris juga jadi DJ dengan tarif yang sangat mahal hampir jutaan dollar. Si ‘bodoh’ ini ternyata sudah memperhitungkan kalau self branding-nya bakal berhasil gila-gilaan.

2. Carrot Top Sang Multi Millionaire

Lain Paris Hilton, lain pula cara yang digunakan Carrot Top untuk menghasilkan banyak uang. Pria nyentrik ini suka muncul dengan kebodohan-kebodohan yang membuatnya tak henti-hentinya ditertawakan banyak orang. Ya, si pria dengan nama asli Scott Thompson ini memang sengaja memposisikan dirinya agar jadi bahan lelucon orang-orang. Makin heboh, makin bagus untuknya.

Ditertawakan banyak orang membuat Carrot Top makin kaya [Image Source]
Ditertawakan banyak orang membuat Carrot Top makin kaya [Image Source]
Ketika orang-orang tetap sibuk menertawakan komedian ini, diam-diam Carrot Top berhasil mengumpulkan banyak sekali uang. Berkiprah di dunia komedi dan ditertawakan hampir selama 15 tahun lebih dari awal karirnya di tahun 1987, membuatnya memiliki uang sebanyak $78 juta dan jadi multi miliuner.

Saat banyak orang yang kasihan dengan komedian satu ini karena selalu jadi bahan lelucon, Carrot Top justru mendapatkan semua yang diinginkannya.

3. Olsen Twins Punya Bisnis Fashion Raksasa

Banyak selebritis yang awalnya hanya berakting, kini merambah dunia musik walaupun suaranya bisa dibilang pas-pasan. Anggapan aji mumpung sering sekali dilayangkan kepada mereka. Meskipun begitu, selalu ada selebritis yang jadi penyanyi abal-abal tapi malah sukses. Perumpamaan tersebut sepertinya pas sekali untuk menggambarkan kisah The Olsen Twins.

Memanfaatkan ketenaran? Siapa yang peduli [Image Source]
Memanfaatkan ketenaran? Siapa yang peduli [Image Source]
Terjun di dunia akting sejak masih belia, artis kembar yang sama-sama cantik ini tumbuh menjadi aktris terkenal. Hingga remaja dan dewasa, mereka tetap konsisten di jalur ini. Hingga akhirnya mereka memutuskan pensiun dan segera membuka bisnis fashion mereka dengan nama Dualstar. Yup, hal ini membuat mereka menerima cukup banyak cibiran misalnya anggapan memanfaatkan nama terkenal hingga bakal bikin baju dengan model yang acak-acakan.

Dua bersaudara Mary-Kate dan Ashley Olsen ini pun tidak mempedulikannya dan total 100 persen terjun di bisnis fashion tersebut. Siapa yang menyangka jika mereka cukup berhasil lewat berbagai lini fashion hasil rancangan sendiri. Bahkan di tahun 2012 lalu, duo kembar ini berhasil meraup tak kurang dari $1 miliar. Nama terkenal digabung dengan passion membuat mereka bisa menggila seperti ini.

4. 50 Cent Adalah Seorang Investor Cerdas

Menelisik kehidupan si rapper kondang 50 cent memang seru karena di dalamnya benar-benar terlukis kisah perjuangan untuk mencapai kesuksesan. Diawali dengan masa kecil yang hancur, Fifty perlahan berubah menjadi rapper terkenal. Sayangnya, kisah keren itu harus dinodai dengan hal-hal buruk yang dilakukannya. Misalnya saja kasus penembakan dan juga skandal dengan seorang wanita.

Diam-diam ternyata jago investasi nih [Image Source]
Diam-diam ternyata jago investasi nih [Image Source]
Fifty banyak memiliki haters karena sering berkelakuan buruk. Namun satu hal yang harus disadari adalah ia punya otak cemerlang soal bisnis. Berangkat dari anak seorang bandar narkoba kambuhan, kini Fifty berubah jadi orang kaya dengan total harta yang cukup untuk dipakai bersenang-senang seumur hidupnya.

Selain karena musik dan akting, pundi-pundi uangnya datang dari investasi. Fifty sering mengecer uangnya untuk berinvestasi di banyak brand terkenal. Mulai dari underwear, headphone, minuman berenergi sampai Amazon dan olahraga Nascar. Belakangan dikabarkan kalau pemilik album Get Rich Or Die Tryin’ ini mengalami kebangkrutan hingga harus meminta bantuan lembaga keuangan setempat.

5. Mulut Besar Donald Trump Membuatnya Makin Kaya

Meskipun banyak orang yang membencinya gara-gara sindiran dan mulut besar yang tak bisa direm kata-katanya itu, Trump adalah sosok cerdas dalam mengelola bisnis. Pria ini selalu punya berbagai cara yang nyleneh untuk bisa mendapatkan keuntungan. Salah satunya adalah dengan mengandalkan mulut besarnya itu.

Statement kontroversial bisa jadi duit bagi Trump [Image Source]
Statement kontroversial bisa jadi duit bagi Trump [Image Source]
Salah satu buktinya adalah kampanye kepresidenannya yang membuat Trump ketiban untung cukup besar senilai $65 juta dari NBC. Ketika itu Trump sering mengungkapkan pernyataan yang mengundang hujatan. Seperti mengatakan kalau para imigran sama seperti kriminal, hingga akan mengundang El Chapo sang raja bandar narkoba Meksiko untuk jadi warga Amerika.

6. Adam Sandler Menciptakan Formula Sempurna untuk Komedinya

Ada semacam misteri yang menyelimuti karir Adam Sandler di dunia perfilman. Meskipun deretan filmnya punya review yang bisa dibilang buruk, tapi entah kenapa pria satu ini tetap saja eksis. Tidak ada alasan lain selain komedian ini adalah mesin pencetak uang yang handal.

Tidak ada orang yang sejago Adam Sandler kalau urusannya sama komedi [Image Source]
Tidak ada orang yang sejago Adam Sandler kalau urusannya sama komedi [Image Source]
Sony merasakan sendiri enaknya bekerja sama dengan Sandler. Hanya perlu modal $80 jutaan, mereka bakal mendapatkan keuntungan sekitar $150-$250 juta per film. Tak hanya mendapatkan keuntungan dari Sony, Sandler juga terikat kontrak dengan Netflix yang membuatnya makin sejahtera dengan pendapatan yang lumayan.

Hal ini tak lepas dari keahlian hebatnya dalam meramu komedi. Sosoknya sendiri sudah sangat lekat dengan pemirsa yang membuat film dan show-nya tetap diminati banyak orang walaupun katanya sering mendapat review yang kurang menyenangkan.

Jangan-jangan selama ini kita yang menganggap mereka bodoh justru malah dibodohi. Buktinya, meskipun lekat dengan image ‘kurang cerdas’ mereka tetap eksis bahkan sukses menambah saldo rekening dengan keahlian mencari uang lewat sesuatu yang kita anggap bodoh.

Memang sebaiknya jangan mudah men-judge deh. Tidak semua orang selalu seperti apa yang kita lihat dan dengar. Lagipula jaman sekarang, banyak sekali settingan dan konspirasi. Jadi daripada sibuk menilai keburukan orang, mending belajar yang baik-baik aja lah dari orang-orang tersebut.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA