Kamu Orang Sibuk? 5 Tips Ini Akan Membuat Kualitas Ibadahmu Naik Tanpa Jadi Keok

oleh Adi Nugroho
07:05 AM on Jun 11, 2016

Dimungkiri atau pun tidak, puasa memang berpengaruh besar pada siklus tidur, siklus makan, dan juga kebugaran tubuh. Saat puasa kita semua akan cenderung kurang tidur untuk melakukan ibadah dari pagi hingga malam. Akhirnya, tubuh jadi lemas meski saat diang hari kita semua harus tetap melaksanakan ibadah harian seperti kerja atau pun kuliah.

Untuk meningkatkan kualitas ibadah saat bulan Ramadan. Orang yang sangat sibuk harus bisa mengatur waktu, menjaga kesehatan, dan melakukan tugasnya dengan baik tanpa banyak alasan. Bagi Anda yang merasa tetap sibuk saat bulan Ramadan datang, perhatikan tips di bawah ini.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

1. Latihan Berpuasa

Sebenarnya puasa atau tidak jika kegiatan dijalani dengan sungguh-sungguh akan berjalan dengan lancar. Jangan menyalahkan puasa untuk pekerjaan yang terbengkalai. Puasa hanyalah menggeser waktu makan saja. Anda yang biasa makan dari pagi sampai malam digeser mulai dari sore hingga esok pagi saat sahur tiba.

latihan puasa [image source]
latihan puasa [image source]
Kalau Anda merasa tidak siap melakukan banyak hal saat puasa. Coba lakukan training atau latihan puasa. Satu minggu sebelum puasa bisa melakukan puasa sunah atau puasa apa saja untuk membiasakan tubuh. Kelak saat puasa Ramadan datang dengan keberkahannya, Anda akan terbiasa menjalankannya dengan baik tanpa harus banyak mengeluh.

2. Atur Jadwal Seefisien Mungkin

Yang menyebabkan kita semua terlalu capai saat puasa adalah jadwal yang dimiliki tidak efisien. Anda cenderung melakukan banyak hal dengan perhitungan yang tidak tepat. Akibatnya Anda banyak melakaukan hal-hal tak berguna yang membuat tenaga terforsir dengan banyak selama seharian penuh.

jadwal [image source]
jadwal [image source]
Untuk mengatasi hal ini, coba lakukan penjadwalan selama sehari penuh. Pagi hari saat sahur buat rencana selama sehari. Tak perlu detail sekali yang penting secara garis besar sudah menampilkan apa-apa saja hingga Anda bisa mengalokasikan waktu dan tenaga dengan sangat tepat.

3. Usahakan Melakukan Salat Tepat Waktu

Sesibuk apa pun Anda bekerja atau melakukan kegiatan apa pun. Sebisa mungkin tetap melakukan salat tepat waktu. Salat biasanya dianggap tidak penting hingga bisa dikerjakan belakangan. Namun, kalau waktunya mepet justru membuat pekerjaan jadi kacau karena Anda khawatir kehabisan waktu salatnya.

Solat [image source]
Solat [image source]
Lebih baik saat azan berkumandang Anda segara salat. Barangkali 10 menitan sudah selesai dan Anda bisa mengerjakan hal lain tanpa harus khawatir. Salat jangan dijadikan alasan mengapa pekerjaan jadi terganggu. Sebenarnya kita sendiri yang membuat semuanya jadi kacau karena tidak bisa mengatur waktu dengan baik.

4. Membawa Bekal ke Mana-Mana

Terkadang kita yang sangat sibuk selalu melalui waktu buka puasa di jalanan. Akhirnya, saking laparnya kita makan sembarangan. Beli jalanan atau di minimarkert yang cepat dan bisa mengisi perut. Apa yang kita beli di jalanan belum tentu sehat. Apalagi makanan berbuka cenderung banyak gula, berminyak dan penuh lemak.

bekal [image source]
bekal [image source]
Untuk mengatasi tubuh drop karena memakan makanan tak sehat. Ada baiknya Anda membawa bekal jikalau nanti buka puasa namun belum sampai rumah. Bekal bisa berupa keruma beberapa biji atau roti gandun. Makanan bekal untuk ganjal lapar sebelum akhirnya berbuka puasa di rumah dengan makanan yang lebih sehat.

5. Sempatkan Untuk Melakukan Olahraga

Sesibuk-sibuknya kerja, sempatkan melakukan olahraga. Seminggu 3 kali cukup saat bulan puasa. Anda bisa berolahraga di gym atau di rumah saja. Zaman sekarang banyak sekali program olahraga dalam durasi 30 menitan namun bisa membuat tubuh jadi super berkeringat hingga efisien waktu.

olahraga [image source]
olahraga [image source]
Oh ya, kalau gym atau home work out membuat Anda kesusahan. Coba lakukan jalan pagi setiap habis subuh. Jalanlah sekitar 30 menit dengan kecepatan sedang. Lakukan setiap hari dan niscaya tubuh akan terjaga kesehatannya.

Inilah lima tips yang bisa Anda lakukan ketika bulan puasa tiba. Sibuk dalam bekerja jangan jadi alasan untuk tidak memaksimalkan ibadah ya!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA