4 Aksi Protes Akibat Jalan Rusak Paling Unik di Dunia (Indonesia Gokil Banget)

oleh Rizal
07:11 AM on Jun 21, 2015

Padatnya transportasi ternyata berdampak nggak baik nih. Salah satunya adalah rawannya fasilitas yang rusak terutama jalanan. Hal yang bikin aneh lagi adalah pemerintah seakan nggak bergegas untuk segera melakukan perbaikan. Padahal kalau dibiarin bakal bahaya tuh. Kecelakaan akan senantiasa mengintai siapa pun yang apes dan kebetulan melewati jalan rusak ini. Kalau udah gini? No one care!

Ilustrasi jalan rusak [Image Source]
Ilustrasi jalan rusak [Image Source]
Makanya, penting banget tuh untuk ngotot mendorong pemerintah segera melakukan perbaikan. Bisa lewat jalur mainstream seperti mengirim surat keluhan dan demo kecil-kecilan. Kalau masih nggak bergeming, lakukan protes deh. Nggak perlu anarkis, misalnya aja dengan melakukan hal-hal unik berikut.
Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. Bubuhi Tulisan Unik

Jalan berlubang bisa membahayakan pengendara. Maka akan sangat mulia jika kamu memperingatkan para pengguna jalan ketika kamu mengetahuinya. Nggak usah susah-susah meneriakinya, tapi cukup bikin tulisan di jalan rusak tersebut. Seperti yang dilakukan pria misterius asal Sawange, Dorset, Inggris ini.

Fix Me! [Image Source]
Fix Me! [Image Source]
Yup, si warga misterius ini memperingatkan para pengguna jalan dengan menuliskan kata-kata unik seperti ‘Fix me’ di jalan yang berlubang. Ternyata cara ini cukup ampuh. Nggak sampai seminggu kemudian deretan jalan berlubang tersebut segera di benahi. Bahkan ada juga cara ekstrim yang dilakukan warga Manchester, Inggris. Berbeda dengan si misterius asal Dorset, masyarakat kotanya klub Setan Merah tersebut malah menggambar jalan berlubang dengan bentuk private things-nya pria. Dampaknya pun juga sama tuh, malah lebih cepat.

2. Jadikan Tempat Rekreasi!

Jalan berlubang yang tertutup genangan juga jadi hal yang ngeselin banget dan rawan kecelakaan. Keadaan jalan yang seperti ini juga sering kali terbengkalai dan kesannya pemerintah males-malesan benerin. Nah, ada cara unik yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan perhatian. Gunakan sebagai tempat rekreasi!

Bisa dijadiin wisata dadakan [Image Source]
Bisa dijadiin tempat wisata dadakan [Image Source]
Seperti yang dilakukan para gadis asal Rusia ini. Mereka berjajar memasang kursi pantai sambil bersantai-santai di pinggiran jalan yang penuh genangan air. Bahkan beberapa juga bermain-main air sehingga berasa seperti pantai sungguhan. Cara ini pun juga berhasil membuat pemerintah segera memperbaikinya. Hmm, tips unik ini sepertinya bisa ditiru tuh!

3. Bikin Perlombaan

Ketika pemerintah tak acuh dengan hal-hal penting seperti ini, maka masyarakat pun akhirnya bikin inisiatif sendiri agar bisa mendapatkan perhatian. Seperti yang dilakukan para warga Desa Bangun Purba, Sumatra Utara ini. Kesal terhadap pemerintah karena lambat membetulkan jalan, warga pun menyulap jalanan berlubang tersebut menjadi empang dadakan dan mengadakan lomba mancing.

Buat lomba mancing? Bisa! [Image Source]
Buat lomba mancing? Bisa! [Image Source]
Antusiasmenya luar biasa dengan banyaknya warga yang mengikuti lomba mancing ini. Harus diakui kalau cara protesnya keren banget. Alih-alih berteriak-teriak meminta kejelasan, para warga ini bisa having fun sambil menunggu inisiatif pemerintah. Cuma masalah waktu aja, tapi kalau pemerintah nggak juga mengindahkan mungkin warga bakal makin kreatif. Mereka mungkin malah akan memperbesar kolam dan mulai menarik tarif bagi siapa pun yang ikutan lomba.

4. Pasang Banner Provokatif

Mungkin cara ini bisa kamu lakukan sebelum melakukan alternatif lain yang lebih asik seperti deretan tips di atas. Lewat spandung provokatif, maka pemerintah mungkin akan merasa jengah dan kemudian segera memperbaiki jalan. Nah, biar kesannya asik usahakan merangkai kata-katanya lugas. Kalau perlu pasang sindiran di sana.

Ilustrasi Spanduk Provokatif [Image Source]
Ilustrasi banner provokatif [Image Source]
Cara ini juga dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Ciamis yang sering mengeluhkan jalan rusak. Seperti yang bisa kamu lihat sendiri, spanduknya provokatif dan menarik perhatian, meskipun agak bikin ketawa. Berkreasilah dengan desain yang unik agar makin jelas pesan yang ingin disampaikan. Kemudian tunggu aja deh tindakan apa yang bakal dilakukan pemerintah setelah melihat sindiran sarkastik seperti ini.

Di daerahmu juga sering ditemu jalan berlubang? Nah, sekarang tinggal gimana kreativitasmu untuk membuat pemerintah aware dan segera memperbaikinya. Tips lain yang bisa kamu pakai yakni membuatnya jadi spot yang paling banyak dikunjungi orang saat ini. Bener banget, jadikan pasar akik dadakan! Dijamin bakal ramai tuh! Hal ini pun pasti juga akan mengundang perhatian pemerintah dengan cepat. Cobain deh!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA