Mengintip Proses Pembuatan Film-Film Keren

oleh Centralismo
09:10 AM on Jan 4, 2015

Sepanjang tahun 2014 kita disuguhi dengan banyak sekali film kolosal berteknologi tinggi. Film-film tersebut tidak hanya didukung oleh jalan cerita yang matang, akting yang keren, namun juga kecanggihan teknologi yang membuat kita melihat hal-hal yang jauh di luar imajinasi.

Contohnya saja film Exodus yang akhir-akhir ini menjadi pembicaraan banyak orang. Anda tentu penasaran bagaimana bisa cerita di zaman Nabi Musa dikembalikan lagi dalam bentuk film. Mari kita lihat beberapa proses pembuatan film-film yang menjadi andalan di sepanjang 2014.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Proses Pembuatan Film
Proses Pembuatan Film

1. The Dawn of the Planet of The Apes, mengubah manusia menjadi simpanse yang keren

Film ini menjadi salah satu highlight di antara film Holywood yang ada di tahun 2014. Banyak kritikus yang memuji film ini karena jalan cerita mereka yang intens dan tidak hanya mengandalkan kecanggihan teknologi seperti kebanyakan film-film Hollywood. Namun,meski begitu, kecanggihan teknologi film ini memang harus diacungi jempol.

Kalau kita lihat sekilas, mungkin kita tidak akan percaya bahwa simpanse-simpanse yang ada di dalam film tersebut adalah para aktor. Wajah mereka ditempeli dengan alat yang mendeteksi mimik wajah sehingga ketika direlfeksikan menjadi simpanse, ekspresi sang aktor bisa terekam dengan baik. Film ini juga melibatkan tata grafis yang sangat baik untuk membuat sebuah dunia manusia yang tampak “sekarat”.

2. Guardian of The Galaxy, Film yang penuh makhluk aneh

Para pecinta komik marvel tentunya sudah sangat menunggu kedatangan film ini. Guardian of The Galaxy bisa jadi dikategorikan sebagai film wajib bagi para geek yang menggemari komik dan cerita-cerita fiksi-sains. Film yang disutradarai James Gutt inipun menjadi hits yang segera menjadi film favorit.

Film ini menceritakan tentang para makhluk-makhluk antar-galaksi yang dikumpulkan dalam sebuah kelompok untuk mencegah kekuatan jahat menguasai alam semesta. Jadi tidak heran bawa film ini menciptakan lokasi-lokasi tidak terduga, yang jauh dari apa-apa yang kita lihat di bumi. Karakter para aktorpun diukir sedemikian rupa menjadi manusia-manusia aneh yang berasal dari planet selain bumi.

3. Noah, Membangun kembali bahtera Nabi Nuh

Film ini sempat menjadi kontroversi di awal kemunculannya karena tema yang diangkatnya sangat sensitif dan berhubungan dengan beberapa agama. Namun di luar kontrovesi tersebut, keseriusan para pembuat film ini patut diacungi jempol. Mereka menggunakan teknologi dengan detail yang amat mengesankan.

Dalam film ini kita dapat menyaksikan pembuatan kembali bahtera nabi nuh yang menurut kitab-kitab suci sangatlah besar. Pembuatan bahtera ini sendiri memakan waktu 6 bulan. Sementara banjir air bah dibuat dengan desain komputer grafis yang sangat mencengangkan. Begitu juga dengan binatang-binatang yang ikut naik ke bahtera Nabi Nuh.

4. The Raid, aksi silat yang memukau

Kita harus bangga karena film Indonesia, The Raid 2 mendapatkan apresiasi yang sangat luar biasa dari penonton di seluruh dunia. Film ini juga mendapat banyak sekali pujian dari para kritikus. Memang, secara teknologi, apa yang dipakai dalam produksi film ini tidak sehebat film-film Holywood. Namun untuk ukuran film aksi, The Raid mempunyai kualitas yang setara dengan film Holywood lainnya.

Namun, tampaknya karena kekurangan dalam segi teknologi tersebut, para kru film ini menjadi lebih kreatif. Mereka bahkan menciptakan sebuah ruangan yang bisa “dilipat-lipat” agar mempermudah jalannya pengambilan gambar. Film ini juga melibatkan sejumlah kerjasama dengan aktor dari Jepang.

5. Exodus, cara membuat laut surut

Sama seperti film Noah, film satu ini juga menjadi kontroversi karena keterkaitannya dengan beberapa agama. Secara teknis, film ini juga memiliki kesamaan dengan film Noah yang melibatkan banyak sekali manusia yang terseret air. Dalam film ini digunakan teknik yang bisa memperbanyak jumlah pengikut Musa. Di lokasi, hanya dihadirkan beberapa ratus aktor, namun di film kita bisa melihat seolah ada lebih dari dua ribu pengikut musa.

Pembangunan set film ini melibatkan lebih dari tujuh ratus orang kru. Tentunya tidak mudah membuat film kolosal dengan set yang sangat panas seperti di film ini.

Dari pembuatan film di atas kita bisa melihat betapa sulit sekaligus menantangnya proses pembuatan sebuah film. Tidak hanya kecanggihan teknologi, namun juga ketahanan fisik para kru diuji dalam pembuatan film yang bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan atau bahkan tahunan.

Film-Film dengan teknologi canggih akan terus bermunculan. Kabarnya tahun 2015 akan dipenuhi dengan film-film yang lebih mencengangkan lagi. Semoga salah satu di antaranya adalah film dari Indonesia. (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA