6 Alasan Kenapa Indonesia Butuh Lebih Banyak Musisi Seperti Project Pop

oleh Tetalogi
07:00 AM on Nov 22, 2015

Indonesia memang memiliki banyak musisi berbakat dengan suara merdu dan lagu yang berkualitas. Tapi, kebanyakan dari mereka suka mengambil tema yang sama yaitu tentang cinta. Jadinya musik Indonesia saat ini begitu kebanjiran dengan lagu cinta entah yang bernuansa ceria atau galau.

Mereka yang termasuk anak tahun 90-an pasti kenal dengan Project Pop. Musisi yang satu ini hadir dengan nuansa yang berbeda dan tema-tema lagu yang jauh lebih beragam. Nah, karena alasan berikut ini, Indonesia sepertinya butuh lebih banyak musisi yang seperti Project Pop.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Musisi yang Menghargai Perbedaan

Indonesia adalah negara dengan begitu banyak keanekaragaman. Suatu hal yang bikin kita bangga, tapi nggak jarang juga bikin miris karena adanya provokator yang memanfaatkan keberbedaan ini hingga menjadi perpecahan. Lewat lagu-lagunya yang sederhana dan lirik yang lugas, Project Pop mengajak para pendengarnya di Indonesia untuk menghargai perbedaan.

Ambil contoh lagu Dangdut is The Music of My Country. Meskipun jika didengar sekilas seperti mempromosikan lagu dangdut, sebenarnya ada pesan lebih jauh yang bisa kita tangkap dari lagu ini. Yaitu menghargai perbedaan dan jangan sampai mudah diprovokasi atau diadu domba. Pesannya jelas dan tegas, tapi dihadirkan dengan ringan dan kocak sehingga gampang kita resapi.

2. Mengajak Agar Lebih Sabar dan Nggak Mudah Marah

Tema-tema lagu zaman sekarang pada umumnya seragam, namun tidak banyak yang mengangkat cerita tentang kejadian umum sehari-hari seperti soal marah. Padahal sepertinya sekarang ini banyak orang jadi mudah marah karena hal-hal kecil. Project Pop sepertinya cukup jeli dalam hal ini dan munculah lagu Maramaramara.

Cuplikan video klip Maramaramara [Image Source]
Cuplikan video klip Maramaramara [Image Source]
Kali ini, Project Pop hadir dengan menyindir tentang orang-orang yang marah. Karena marah itu memang nggak perlu dan nggak akan menyelesaikan masalah. Ngotot, melotot, atau ngomong pakai cuma akan memperkeruh suasana saja. Mungkin itu yang ingin disampaikan Project Pop.

3. Musisi yang Menghargai Persahabatan

Hidup itu nggak melulu soal cinta, tapi ada banyak hal lain yang juga nggak kalah bernilai. Salah satunya adalah tentang persahabatan. Sayangnya, lagu masa kini jarang yang mengambil tema persahabatan. Padahal kalau ada masalah sama pacar curhatnya juga ke teman.

Grup Project Pop [Image Source]
Grup Project Pop [Image Source]
Nah, Project Pop punya lagu yang menyentuh hati soal persahabatan. Lewat lagu Ingatlah Hari Ini, kita diajak untuk menghargai nilai sahabat. Memang sih suatu saat kita akan sibuk dengan berbagai macam urusan kehidupan, tapi persahabatan adalah satu hal yang tidak boleh sampai dilupakan. Berteman juga seharusnya tidak memandang fisik, latar belakang atau apapun. Karena persahabatan memang lebih dari bungkus secara fisik saja.

Tapi sebenarnya nggak cuma soal lagu yang diciptakan Project Pop. Kenyataannya, mereka tetap bisa kompak setelah bertahun-tahun eksis tanpa gonta-ganti personil lagi. Bukankah yang seperti ini menunjukkan kerennya persahabatan di antara mereka?

4. Menghibur Diri dengan Cara yang Asik

Hidup terkadang memang tidak selalu senang dan bahagia, ada kalanya kita dirundung masalah berat yang bahkan bisa membuat stres. Kadang saat berada di kondisi seperti ini, tidak sedikit orang yang justru terjerumus ke hal-hal yang bersifat negatif.

Project Pop sih punya cara yang lebih positif untuk menghibur hati saat sedang sedih. Nggak perlu pakai galau lalu update status galau, tapi kita akan diajak untuk Goyang Duyu. Lagunya ringan dan santai, tapi memiliki musik yang seru untuk bergoyang. Tidak perlu gengsi karena menari juga bisa lho membantu membuat seseorang lebih bersemangat lagi.

5. Meski Kocak, Ternyata Juga Bisa Super Romantis

Meskipun banyak lagunya yang kocak, tapi bukan berarti Project Pop nggak bisa membuat lagu romantis yang bisa menyentuh hati. Misalnya saja lagu yang berjudul ADE. Lagu yang satu ini mengambil tema cinta dengan lirik yang sangat manis dan romantis. Dan yang lebih gokil, liat deh gimana mereka ngambil tema ala-ala F4 buat konsep video klipnya, yang notabene jadi salah satu serial romantis fenomenal di Asia waktu itu.

Keragaman seperti inilah yang membuat Project Pop begitu disukai. Lagu-lagunya tidak membosankan dan mengambil tema yang begitu beragam tapi sekaligus dekat dengan kehidupan sehari-hari.

6. Punya Cara Unik Untuk Menghargai Musisi Lain

Sebagai sesama musisi, Project Pop nggak segan menunjukkan kekagumannya dengan musisi lain. Di lagu yang berjudul Gara-Gara Kahitna, Project Pop malah menyanyi dengan lirik yang diambil dari judul-judul lagu Kahitnya. Tentu saja hasilnya unik, menarik, dan keren.

Cuplikan video klip Gara-Gara Kahitna [Image Source]
Cuplikan video klip Gara-Gara Kahitna [Image Source]
Project Pop menciptakan lagu ini sebagai apresiasi terhadap Kahitna atas lagu-lagunya yang bisa menceritakan kisah cinta banyak orang. Tentu saja ini adalah cara keren dan kreatif untuk menunjukkan apresiasi.

Project Pop mampu tampil dengan lagu-lagu yang membawa pesan positif. Dengan musik, dan lirik lagu yang manis, lucu, dan ceria, pendengar juga bisa ikut gembira ketika mendengarkan lagu-lagu mereka. Nah, karena inilah kita butuh musisi yang bisa membawa keceriaan seperti mereka agar keseharian masyarakat tidak melulu soal patah hati atau jatuh cinta. Karena hidup itu, lebih dari itu semua.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA