in

12 Program Mudik Gratis yang Bisa Jadi Alternatif Pulang Kampung, Daftar Sekarang!

Jasa Raharja [image source]

Mudik adalah salah satu budaya yang telah dilakukan masyarakat Indonesia dari generasi ke generasi. Kegiatan yang biasanya dilakukan di bulan Ramadhan atau menjelang Idul Fitri ini selalu saja membawa euforia sendiri bagi semua orang. Namun untuk tahun ini sepertinya banyak orang yang merasa khawatir tidak dapat melakukan mudik dikarenakan kabar mengenai terjual habisnya tiket kereta api.

Kalau kamu termasuk salah satunya dan sedikit malas untuk membawa kendaraan sendiri, mungkin program mudik gratis bisa menjadi alternatif yang dipilih. Program ini sepertinya juga sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang ingin merasakan pulang kampung tanpa harus menguras biaya. Berikut ini ada 12 pilihan program mudik gratis yang bisa kamu pertimbangkan untuk jadi alternatif pulang kampung.

Mudik gratis dari pemerintah

Kemenhub [image source]
Berdasarkan instruksi presiden No. 3 tahun 2004, terciptalah sebuah program bernama mudik gratis dephub (departemen perhubungan). Program ini sekarang telah berganti nama menjadi mudik gratis kemenhub yang diselenggarakan langsung oleh kementerian perhubungan dalam rangka mengendalikan penggunaan kendaraan saat arus mudik lebaran. Program ini menyediakan armada bus yang nyaman untuk masyarakat. Sementara bagi yang ingin menggunakan kereta api maka akan difasilitasi pembeliannya. Selain itu juga ada tawaran pengangkutan sepeda motor dengan kereta api secara gratis. Kamu bisa langsung cek situs mudikgratis.dephub.go.id untuk mendaftar serta melakukan pengecekan kuota.

Mudik gratis Jasa Raharja

Jasa Raharja [image source]
Program lain yang bisa diikuti adalah yang ditawarkan oleh Jasa Raharnya. Perusahaan ini termasuk salah satu yang secara rutin menyelenggarakan program demikian setiap tahunnya. Mudik gratis Jasa Raharja ini bisa diikuti oleh masyarakat di daerah Jabodetabek menuju kota-kota besar di Jawa dan Sumatera. Setiap tahunnya pengguna layanan ini selalu saja bertambah, dan biasanya menggunakan armada bus serta kereta api. Dan untuk yang menggunakan kereta api, biasanya layanan sudah termasuk arus balik. Jadi penumpang sudah tidak perlu pusing mencari-cari tiket pulang lagi.

Mudik gratis PBNU

PBNU [image source]
Tahun lalu Nahdlatul Ulama bekerjasama dengan beberapa pihak sepakat untuk melaksanakan program mudik gratis dengan menggunakan bus. Bus mudik gratis NU biasanya akan melewati jalur utara dan selatan di Jawa Tengah. Namun ada pula beberapa armada yang menyasar beberapa kota di Jawa Timur mulai dari Pacitan sampai Banyuwangi. Adapun persyaratan yang harus dilengkapi oleh peserta adalah foto kopi KTP serta KK. Selain itu calon peserta juga perlu mengisi formulir dan memberikan sedekah seikhlasnya. Pendaftaran ini biasanya terpusat di kantor NU di daerah Jakarta. Kita tunggu saja informasi lebih lanjut tentang kuota tahun ini ya.

Mudik gratis Indomaret, Alfamart, dan Carrefour

Mudik indomaret [image source]
Beberapa swalayan seperti Indomaret, Alfamart, serta Carrefur juga biasanya menawarkan program mudik gratis untuk para pelanggan setianya. Indomaret biasanya akan menyediakan tiket bus, kereta api, serta pesawat untuk pelanggan di area tertentu. Ada juga kapal laut untuk beberapa daerah di luar Jawa. Sementara Alfamart akan memberikan tiket pesawat, bus, dan kereta dari Jakarta menuju beberapa daerah Jawa Timur serta Jawa Tengah. Kamu bisa cek situs masing-masing swalayan untuk mengetahui informasi detailnya. Dan untuk program yang diberikan carrefour biasanya pelanggan hanya perlu mengumpulkan cap sebelum nantinya ditukar dengan tiket.

Mudik Telkomsel Siaga

Telkomsel [image source]
Para pengguna telkomsel pasti sudah sering mendengar program mudik gratis yang ditawarkan perusahaan telekomunikasi ini. Sesuai dengan namanya, program ini hanya diperuntukkan untuk pelanggan Telkomsel baik itu Loop, kartu As, simPATI, dan juga kartu Halo. Program ini menyediakan beberapa moda transportasi mulai dari bus, pesawat, sampai kapal laut. Biasanya pendaftaran program ini akan dikaitkan dengan program telkomsel poin. Jadi saat melakukan pendaftaran melalui sms, maka seketika itu poin telkomsel-mu akan terpotong.

Mudik gratis Sido Muncul

Sidomuncul [image source]
PT Sido Muncul Tbk memang merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang sudah menyelenggarakan mudik gratis tiap tahun. Bahkan PT ini disebut-sebut sebagai pelopor mudik gratis sejak tahun 1991. Peserta mudik gratis PT SIDO ini biasanya dikhususkan untuk para pedagang jamu di daerah Jabodetabek. Dan memang benar program ini tak pernah sepi peminat dan selalu menggunakan ratusan armada bus untuk pemberangkatan. Adapun kota tujuannya biasanya sekitar wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Mudik gratis BRI dan BNI

BRI [image source]
Dua bank kenamaan Indonesia ini juga memiliki program mudik gratis untuk nasabahnya. Untuk Bank Rakyat Indonesia (BRI) biasanya menyediakan moda trasportasi seperti pesawat, kapal laut, kereta api, dan juga bus untuk mengangkut peserta. Kota tujuan yang paling ramai biasanya adalah Surabaya, Blitar, Yogyakarta, Pati, Wonogiri, Batam, dan Makassar. Sedangkan untuk mudik gratis BNI, biasanya dikenal dengan nama Rejeki BNI Mudik. Di sini nasabah yang ingin berpartisipasi harus terlebih dahulu menunjukkan buku tabungan, KTP, KK serta bukti transaksi. Setelah itu barulah akan ada pemberitahuan lanjutan oleh pihak bank.

Mudik gratis Yamaha dan Honda

Yamaha [image source]
Biasanya program mudik ini hanya diselenggarakan di kota-kota tertentu saja. Misalnya saja tahun lalu Yamaha Jawa Timur yang mengadakan program mudik sekaligus balik. Dalam program tersebut pihak Yamaha mengediakan 50 armada bus untuk mengantar peserta ke kampung halaman. Sementara untuk Honda, tahun lalu diakomodir oleh dealer area Jakarta, Tangerang, serta Bekasi. Yang mana semua calon peserta selain harus melengkapi syarat administrasi juga kontribusi sebesar Rp 150 ribu untuk mendapat fasilitas seperti asuransi, konsumsi, hadiah, jaket, kaos, dan lainnya.

Program mudik gratis itu biasanya akan secara resmi diumumkan ketika sudah mendekati waktu lebaran. Maka dari itu sebelum lagi-lagi kehabisan kesempatan, jangan lupa untuk selalu mencari informasi terkait pelaksanaannya di situs resmi maupun di gerai-gerai terdekat. Lumayan kan dengan program ini mudik kita bisa tenang, nyaman, dan kantong pun aman.

 

Written by Faradina

Leave a Reply

9 Model Rambut Jadul yang Lucu Tapi Bikin Kangen

5 Mahasiswa yang Memilih Bunuh Diri di Kampus Tempatnya Menimba Ilmu