5 Produk Alutsista Dalam Negeri ini Jadi Bukti Indonesia Makin Jemawa di Ranah Militer

oleh Rizal
07:00 AM on Mar 28, 2016

Soal militer, kita memang selalu bisa membanggakan Indonesia. Ya, bangsa kita adalah salah satu pemilik angkatan perang terbaik di dunia. Meskipun menurut indeks hanya di posisi 12 dunia, tapi ini adalah pencapaian besar dan jadi bukti terbaik kalau negara kita hebat. Bahkan kalau dilihat dari statistik, Indonesia menang telak melawan negara-negara kelas berat seperti Korut, Iran, bahkan mantan penjajah Belanda.

Ada banyak faktor yang membuat militer kita hebat. Salah satunya adalah sumbangsih produk-produk alutsista dalam negeri yang oke. Ya, memang kita seringkali membeli peralatan perang dari luar negeri, tapi tidak menampik kalau deretan produk-produk dalam negeri turut memperkuat barisan militer NKRI.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Nah, berikut adalah deretan produk alutsista unggulan dalam negeri yang bikin militer kita makin jemawa di dunia.

1. APC Anoa, SPR3, Komodo, Hasil Karya Pindad Untuk Bangsa

Pindad bisa dibilang bengkelnya angkatan darat Indonesia. Di sini berbagai macam alutsista dibuat untuk membuat TNI makin jaya. Seiring dengan waktu, produk-produk Pindad makin qualified dengan standar dunia. Bahkan saat ini mayoritas negara di dunia sudah mengakui jika produksi perusahaan ini kelasnya sudah sangat mumpuni.

Alutsista buatan Pindad
Alutsista buatan Pindad

Ada banyak produksi Pindad yang sangar. Misalnya APC Anoa 6×6 di mana kendaraan taktis ini sudah dipakai banyak negara dan juga telah mendapatkan lisensi dari PBB. Ada juga SPR 3, sebuah senapan bidik atau sniper yang pernah bikin heboh dunia gara-gara mampu menembus plat baja tank yang tebal itu. Serta yang tak kalah keren pula adalah Komodo, kendaraan taktis dengan spesifikasi mumpuni baik dari sisi mobilitas maupun keamanan. Pindad, sukses bikin TNI makin garang!

2. Karya Besar PT. PAL Bagi Bahari Indonesia

Tak hanya alutsista darat saja, Indonesia juga bisa bikin sendiri peralatan perang kelautannya. Ya, lewat tangan PT. PAL hal tersebut bisa diwujudkan. Perusahaan satu ini memang sudah terkenal sejak dulu sebagai produsen hal-hal yang berhubungan dengan kelautan termasuk soal pertahanan dan militer.

Kapal Cepat Rudal Klas 60 Meter [Image Source]
Kapal Cepat Rudal Klas 60 Meter [Image Source]
Ada banyak hasil karya PT. PAL yang sangat oke. Salah satunya misalnya Kapal Cepat Rudal Klas 60 Meter yang bikin pertahanan bahari Indonesia makin disegani. PT. PAL sendiri juga menjalin hubungan kerja sama dengan luar negeri, misalnya bersama Korsel mereka membangun sebuah kapal selam khusus.

3. Pesawat-Pesawat Mumpuni ala PT. DI

Melengkapi Pindad dan PT. PAL, Indonesia juga mempunyai PT. DI (Dirgantara Indonesia) sebagai produsen untuk alutsista udara. Perusahaan satu ini juga sudah terkenal akan hasil karyanya yang oke. Bahkan produknya dipakai oleh beberapa negara misalnya Korut, Malaysia, Brunei, Thailand dan masih banyak lagi.

CN-235 [Image Source]
CN-235 [Image Source]
Karya paling fenomenal PT. DI salah satunya adalah CN-235, pesawat pengangkut luar biasa yang yang bisa dipakai untuk patroli. Ke depannya, PT. DI akan terus berinovasi dalam menciptakan karya hebat. Langkah ini sudah dimulai dengan kerja sama mereka bersama Korsel untuk menciptakan pesawat siluman KFAX yang mungkin sebentar lagi sudah bisa digunakan.

4. Senjata Roket Mematikan Buatan LAPAN

Tidak hanya Pindad atau PT. PAL, LAPAN juga turut memberikan sumbangsihnya bagi alutsista Indonesia. Sejauh ini mereka sudah melahirkan banyak produk yang bisa dibilang sebagai lompatan sangar Indonesia di bidang alutsista. Misalnya lewat Roket RX-420.

Roket LAPAN [Image Source]
Roket LAPAN [Image Source]
Roket andalan ini pernah bikin negara tetangga ketar-ketir. Alasannya sudah jelas karena kemampuannya yang oke serta punya daya hancur yang bikin merinding. Tentu saja pencapaian terbaik LAPAN tidak cuma itu. Mereka kini tengah mengembangkan RX-550, roket evolusi dari versi lama dengan kemasan yang baru, baik itu daya ledak atau jarak tempuhnya yang lebih jauh.

5. PT. LEN Menciptakan Peralatan Militer Super Canggih

Dibandingkan Pindad atau PT. PAL, PT. LEN (Lembaga Elektronika Nasional) cukup jarang didengar. Padahal, hasil karya perusahaan satu ini luar biasa keren. Setidaknya ada 3 alat canggih hasil garapan PT. LEN yang sukses bikin militer kita makin kuat.

Salah satu hasil karya PT LEN [Image Source]
Salah satu hasil karya PT LEN [Image Source]
Misalnya VCR-2500 semacam alat komunikasi militer tangguh, CMS atau Combat Management System, atau Retimax 2000 yakni semacam komputer canggih untuk keperluan militer. Dengan bekal deretan alat ini, militer Indonesia makin jumawa di dunia.

Di masa depan nanti, sepertinya Indonesia tak perlu lagi membeli alutsista dari negara-negara luar. Pasalnya, apa yang bisa dibuat anak bangsa sudah sedemikian hebat. Tidak menutup kemungkinan Indonesia nanti justru bisa menjadi salah satu negara produsen senjata paling disegani selain AS atau Rusia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA