4 Alasan Kenapa Pria Perhatian Banget Pada Hobi dan Benda Kesayangannya (Cewek Wajib Baca!)

oleh Yandi Yan
10:30 AM on Nov 20, 2015

Sering kali kita melihat, seorang pria yang begitu asik dan fokus menjalankan aktivitas hobinya. Begitu pula dengan benda-benda kesayangannya. Ada kalanya pria menghabiskan waktu berjam-jam dan dana yang tidak sedikit untuk merawat mobil atau sepeda motornya, mengganti dan memproteksi secara berlebihan gadget atau barang-barangnya, serta dalam memuaskan hobi mereka.

Gambar di bawah ini menunjukkan kekesalan seorang wanita yang merasa sang pria lebih fokus dan asyik kepada game yang dimainkannya, dibandingkan kekasihnya. Dan tentunya hal tersebut bukan hanya dialami oleh satu dua orang wanita saja.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Hobi cowok yang ngegame bikin kesel
Hobi cowok yang ngegame bikin kesel [imagesource]
Namun sebelum para wanita merasa kesal dan sebal dengan tingkah laku pria yang seperti itu, mari kita simak beberapa hal yang mungkin menjadi alasannya.

1. Barang yang Dimiliki Melambangkan Simbol Statusnya

Seperti di masa lalu, di mana status seseorang di dalam masyarakat itu ditentukan dengan barang yang dimiliki olehnya, di masa kini hal tersebut berlaku dan terwujud dalam bentuk mobil, motor, gadget dan lain sebagainya. Pria yang pada dasarnya memang memiliki ego yang tinggi, secara tidak sadar pun melakukan hal tersebut untuk menunjukkan status nya.

Barang yang Dimiliki Melambangkan Simbol Statusnya
Barang yang Dimiliki Melambangkan Simbol Statusnya [imagesource]
Apabila burung merak sangat bangga dengan bulu-bulu indahnya, maka pria sangat bangga dengan barang-barang yang dimilikinya. Mobil, motor serta gadget adalah ‘media’ untuk menunjukkan nilai sang pria dalam kehidupan sosialnya. Pernahkah kita melihat seorang pria yang hanya diam saat dia mempunyai barang-barang baru, terlebih lagi di era media sosial seperti saat ini? Sangat jarang atau mungkin tidak pernah. Dia akan memajang fotonya di media sosial, membicarakannya dan mungkin membandingkannya dengan barang yang dimiliki oleh orang lain, yang lalu merasa ‘jatuh ke dalam lembah kegelapan’ saat mengetahui bahwa miliknya ternyata tak lebih bagus daripada milik orang lain. Ouch…

2. Hobi Adalah Salah Satu Cara Seorang Pria Menikmati Hidupnya

Hal yang pasti tentang pria adalah, ‘Jangan usik dia saat bersama dengan keluarganya, dengan teman temannya dan saat menikmati hobinya’. Itu adalah waktu waktu yang berharga dalam hidup mereka, terlebih ketika dia sudah mempunyai pasangan atau bekerja. Ketika jauh dari keluarga, momen untuk berkumpul dengan teman temannya mulai sulit, maka ‘pelarian’ yang paling mudah adalah dengan menikmati hobi nya. Bermain game, memancing, menonton film adalah beberapa contoh simpel bagaimana seorang pria menikmati hobinya.

Hobi Adalah Salah Satu Cara Seorang Pria Menikmati Hidupnya
Hobi Adalah Salah Satu Cara Seorang Pria Menikmati Hidupnya [imagesource]
Dengan menjalankan hobinya, seorang pria bisa merasa memiliki ‘me time’ atau waktu berkualitas sendiri untuk menghilangkan kepenatan dan stress setelah selama seminggu terus bekerja dan beraktivitas. Hobinya juga seakan mengingatkan kalau dirinya masihlah seorang manusia yang perlu bersenang-senang. Hal inilah yang menyebabkan terkadang mereka tampak lupa lupa dengan keadaan sekitarnya bahkan pada dirinya sendiri saat mereka sedang asyik dan tenggelam dalam hobinya.

3. Mungkin Ada Nilai Sentimentil dalam Barang-Barangnya

Mungkin tidak banyak yang sadar atau mengetahui, bahwa seorang pria terkadang memiliki sifat sentimentil yang lebih. Berbeda dengan wanita, pria lebih suka menyimpan perasaan sentimentilnya dan mengungkapkannya lewat sikap dan perbuatan. Sama seperti mengapa pria sangat susah mengucapkan ‘sayang’ atau ‘cinta’ kepada perempuan, namun menunjukkannya dengan tiba tiba memberikan hadiah, kado atau mengajak makan malam romantis bersama. Hal ini pula berlaku kepada barang barang nya.

Mungkin Ada Nilai Sentimentil dalam Barang-Barangnya
Mungkin Ada Nilai Sentimentil dalam Barang-Barangnya [imagesource]
Dia memperlakukan lebih barang barangnya yang mempunyai nilai sentimentil lebih tanpa menjelaskan alasannya. Wanita pasti sering dibuat sebal atau heran saat seorang pria bisa menghabiskan waktu berjam jam untuk mencuci dan memoles mobil atau motornya dan lalu setelahnya si pria hanya memandang mobil dan motor nya tersebut dengan wajah senyum dan puas, tanpa menjelaskan kalau mobil atau motor tersebut didapat dari hasil dia menabung sekian lama.

Pria yang enggan menjual motor bututnya karena itu adalah warisan atau peninggalan orang tuanya. Buat wanita, nilai sentimentil dari benda tersebut memang simpel, tapi buat pria, nilai sentimentil tersebut sangatlah berharga.

4. Hobi atau Benda Tersebut Sudah Jadi Bagian Perjalanan Hidupnya, Jauh Sebelum Dia Mengenalmu

Memang agak tidak masuk akal, akan tetapi percayalah, kebanyakan pria merasakan hal ini yang disebabkan pula oleh rasa sentimentilnya yang tinggi. Mereka sering menganggap barang barang yang dia miliki, utamanya sejak lama itu mempunyai nilai lebih karena selalu menemani mereka di kala suka maupun duka. Tidak jarang seorang pria masih menyimpan dan merawat mainannya dari waktu dia masih kecil meskipun mainan tersebut sudah tampak kumal dan kuno. Bahkan saking lamanya ‘bersama’, seorang pria tampak memiliki ikatan batin dengan barangnya dan tak jarang memperlakukannya bak mahluk hidup. Contohnya adalah sering seorang pria yang saat sendirian, berbicara atau curhat dengan sepeda motor ataupun mobilnya.

Hobi Sudah Jadi Bagian Perjalanan Hidupnya
Hobi Sudah Jadi Bagian Perjalanan Hidupnya [imagesource]
Salah satu contoh lain yaitu dengan memberikannya nama, yang kebanyakan adalah nama wanita. Hal inilah yang sering disalah artikan oleh wanita yang merasa dirinya disamakan dengan barang, padahal sesungguhnya yang dimaksudkan oleh pria tidaklah seperti itu. Pria memberikan nama wanita kepada barang barangnya, karena ingin menunjukkan bahwa dia juga sangat menghormati seorang wanita. Wanita itu patut untuk dijaga dan diperlakukan dengan baik, bahkan lebih baik daripada dari si pria sendiri.

Itulah beberapa hal yang membuat seorang pria tampak lebih mementingkan barang atau hobinya. Semoga penjelasan tersebut bisa membuat wanita mengerti dan tidak langsung marah atau kesal apabila merasa ‘ditinggalkan’ oleh pasangannya.

Seorang pria dasarnya adalah mahluk yang lebih suka bebas dan tidak dikekang, jadi biarkanlah dia menikmati waktu berkualitasnya sendirian tanpa diganggu karena pada saatnya nanti, dia akan kembali pada Anda. Dan jangan pula lupakan, “Pria itu tidak pernah tumbuh dewasa, hanya badannya saja yang bertambah besar dan usianya yang bertambah tua” .

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA