Mulai dari Makan Bersama Raja Salman Sampai Menanyai Santri, Ini Vlog Jokowi yang Bikin Heboh Jagat Internet

Hebat kan Pak Jokowi? Bahkan Obama saja nggak punya vlog.

oleh Aini Boom
19:00 PM on Mar 3, 2017

Banyak disebut sebagai sosok istimewa, Presiden Joko Widodo atau yang kerap disapa Jokowi memang tak pernah luput dari sorotan publik. Keistimewaan Presiden Jokowi bukan hanya karena sosok ini adalah seorang Presiden, namun juga karena beberapa aksinya yang menarik perhatian. Tidak seperti kepala negara pada umumnya, ada saja aksi presiden Indonesia ketujuh ini yang tergolong unik dan tak terlupakan.

Masih segar ingatan netizen kala Presiden Jokowi tampil berpidato dengan jaket Bomber pada bulan November 2016 silam. Baru-baru ini juga, sang presiden mengantarkan anaknya belanja di salah satu mall yang disambut histeris para pengunjung mall. Dan yang paling baru, sang presiden sedang mengikuti tren Vlog. Buktinya, beberapa Vlog dan video kerap ia unggah di beberapa jejaring sosialnya. Dan berikut ini adalah beberapa Vlog dan video Presiden Jokowi yang jadi viral di masyarakat.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

Presiden Jokowi Makan dengan Raja Salman

Video Blog Presiden Jokowi dengan Raja Arab Saudi, King Salman dibuat di tengah-tengah jamuan makan siang di Istana Bogor. Meski merupakan acara formal, Presiden Jokowi tak segan menyisihkan waktu untuk menjelaskan suasana makan bersama orang nomor satu di Arab Saudi tersebut. Dalam video berdurasi 2 menit 26 detik itu Presiden Jokowi memaparkan bahwa dirinya sedang makan bersama sang Raja Arab.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa Raja Salman mengunjungi Indonesia sebagai balasan kunjungan yang dilakukannya pada tahun 2015.  Dan juga, merupakan kunjungan bersejarah setelah 47 tahun Raja Arab Saudi ke Indonesia. Setelahnya Jokowi mempersilakan Raja Salman untuk menyampaikan sesuatu lewat Vlog yang dibuat Jokowi. Sang Raja pun mengungkapkan jika dirinya senang dengan Rakyat Indonesia. Baginya, rakyat Indonesia merupakan saudara dan juga merupakan rakyat yang mulia. Setelah itu, Presiden Jokowi menutup video dengan berharap bahwa kedepannya Indonesia dan Arab Saudi bisa membangun hubungan yang saling menguntungkan.

Pertanyaan Tentang Nama Menteri dan Jawaban Nyeleneh Santri

Diabadikan di Tegalrejo, Kabupaten Magelang Jawa Tengah, video ini sukses membuat  Presiden Jokowi dan banyak orang ngakak. Saat itu, Jokowi sedang menghadiri Peringatan Isra Mi’raj di Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API), dan ia memutuskan untuk mengadakan kuis berhadiah sepeda bagi beberapa santri yang beruntung. Salah satu pertanyaan kuis yang dilontarkan Jokowi adalah santri diminta untuk menyebutkan tiga menteri dalam kabinet yang saat ini berkuasa.

Dari sekian banyak santri yang mengangkat tangan, secara acak Jokowi memilih satu santri. Dan yang beruntung dan terpilih adalah seorang santri asal Pekalongan. Dan dengan percaya dirinya si santri menyebutkan Megawati, Ahok, dan Prabowo sebagai menteri Indonesia. Sontak semua orang tertawa, tak terkecuali sang Presiden. Meski total salah, Jokowi tetap mempersilakan santri tersebut untuk mengambil hadiah sepeda karena keberaniannya dalam menjawab. Meski beberapa saat setelahnya sang Presiden masih tertawa sambil memegangi kepala beberapa saat.

Dialog Jokowi dan  Jawaban Nyeleneh Korban Penggusuran

Video ini diabadikan saat Presiden Jokowi menghadiri acara groundbreaking ruas tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang pada Juni 2016 silam. Ada momen di mana Presiden memanggil salah seorang yang tanahnya dibebaskan untuk proyek tol. Saat naik panggung, ibu bernama Tariyah malah bersalaman beberapa kali dengan presiden. Sontak hal ini membuat yang hadir dalam acara tertawa.

Dialog yang dilakukan dengan bahasa jawa halus bercampur Indonesia ini mengundang banyak tawa. Pasalnya, ibu Tariyah tidak terbiasa memegang mikrofon dan akhirnya Presiden Jokowi yang memegang mikrofon untuknya. Saat ditanya jumlah uang pembebasan, ibu Tariyah malah menjawab 600 ribu, kemudian beralih 600 juta, dan mengatakan 600 ribu juta. Orang-orang pun tertawa terbahak-bahak. Tak hanya itu, ketika Presiden Jokowi berpesan agar uang ditabung, dengan santainya Tariyah menjawab kalau uangnya telah habis. Video ditutup dengan pesan agar orang-orang yang mendapat uang pembebasan lahan mempergunakan uangnya untuk membeli barang produktif.

Vlog Makan Bakso di Ambon

Vlog ini dibuat saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Ambon. Dalam Vlog yang berdurasi 1 menit 23 detik itu Jokowi menyampaikan bahwa dirinya sedang makan bakso dengan Gubernur Maluku, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta sekertaris kabinet.  Kamera pun diarahkan ke mangkok berisi bakso dan beberapa gelas teh di meja makan.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi juga tak lupa mengingatkan agar masyarakat melestarikan dan mencintai kuliner asli Indonesia. Bahkan, sang presiden menghimbau masyarakat untuk memperkenalkan kuliner asli Indonesia hingga ke ranah internasional.

Vlog Perdana Jokowi yang Bikin Heboh

Meski hanya berdurasi 30 detik, vlog ini sempat membuat netizen heboh. Pasalnya, vlog ini merupakan video pertama yang diunggah sendiri oleh Presiden Jokowi  di akun Facebooknya. Dalam video tersebut Jokowi menjelaskan bahwa dirinya sedang menyaksikan pertandingan sepak bola dalam ajang Piala Presiden 2017.

Tak hanya itu, sang presiden juga mengajak masyarakat untuk menyaksikan pertandingan antara PSS Sleman dan Persipura Jayapura itu. Vlog perdana pemimpin nomor satu di Indonesia ini menjadi viral di masyarakat dan hingga kini telah dilihat sebanyak 384 ribu lebih orang.

Itulah beberapa Vlog dan video Presiden Joko Widodo yang banyak menarik perhatian publik. Bagaimana pendapatmu melihat Presiden negara kita yang kekinian ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA