Presiden Joko Widodo Dijadwalkan Hadir Dalam Peringatan Tri Suci Waisak Di Borobudur

oleh Adys Disty
06:21 AM on Jun 3, 2015
Presiden Joko Widodo via okezone
Presiden Joko Widodo via okezone

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi dijadwalkan akan menghadiri acara seremonial puncak peringatan Tri Suci Waisak 2015 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (2/6). Ribuan personel TNI dan Polri juga turut diterjunkan untuk melakukan pengamanan terhadap orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Petugas pun sudah melakukan gelar pasukan di Lapangan Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Lebih dari 3.000 petugas diterjunkan dalam perayaan umat Buddha tersebut. Pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup, artinya petugas yang terjun di lapangan nantinya ada yang mengenakan seragam dan baju batik seperti masyarakat umum. Hal tersebut dilakukan untuk kelancaran perayaan Waisak tahun ini yang dihadiri oleh Presiden.

Baca Juga
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia

“RI 1 dijadwalkan hadir dalam seremoni perayaan Waisak di Candi Borobudur. Ini baru saja gelar pasukan di Lapangan Mungkid Magelang. Pokoknya siap mengamankan kunjungan RI 1 dalam rangka perayaan Waisak tahun ini. Kalau kunjungan RI 1 pengamanan sesuai dengan prosedur. Kita jamin RI 1 aman dalam kunjungannya di Borobudur, Magelang ” kata Kepala Penerangan Korem 072 Pamungkas Yogyakarta, Mayor Inf Muhammad Munasik.

Dewan Pimpinan Walubi Jawa Tengah David Hermanjaya mengungkapkan rasa kegembiraan umat Buddha atas kehadiran Presiden Republik Indonesia dalam perayaan itu. Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi umat Buddha Indonesia. “Tentu saja kami umat Buddha senang atas kehadiran Bapak Presiden. Kehadiran beliau menjadi kebanggaan umat Buddha, membuktikan bahwa Presiden Jokowi dekat dengan rakyat,” kata David.

Acara seremonial perayaan Waisak rencananya digelar di Taman Lumbini, zona II kompleks Taman Wisata Candi Borobudur. Tri Suci Waisak sebagai perayaan umat Buddha atas tiga peristiwa yang sangat penting dalam keagamaan Buddha, yakni kelahiran Sidharta Gautama, Buddha mencapai pencerahan sempurna, dan wafat Sang Buddha Gautama.

Umat Buddha bersama para biksu sangha Walubi akan melaksanakan prosesi berjalan kaki sejauh 3,5 kilometer dari Candi Mendut melewati Candi Pawon dan berakhir di pelataran zona I Candi Borobudur. Dalam prosesi ini, mereka membawa air berkah dan api dharma sebagai sarana puja bakti detik-detik Waisak yang ditandai meditasi selama beberapa saat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA