in

Kalah dari PNS Golongan IV, 5 Presiden Ini Gajinya Benar-Benar Kecil!

Membayangkan posisi seorang presiden yang merupakan orang terpenting di suatu negara, pasti kita akan beranggapan jika gaji mereka sangat tinggi. Ya, pun kalau memang bergaji tinggi merupakan hal yang wajar. Mengingat pekerjaan presiden yang tidak mudah, mengurus sejumlah besar orang dan berbagai hal yang menyangkut kehidupan negara.

Kenyataannya, sejumlah pemimpin negara memang mendapat gaji yang fantastis. Contohnya Presiden AS yang menurut the United States Code mendapat gaji sebesar $400.000 atau sekitar Rp 5,2 miliar dalam setahunnya. Atau Perdana Menteri Singapura yang mendapatkan $2,18 juta yang setara dengan  Rp 19,8 miliar per tahun. Namun ternyata, tidak semua pemimpin negara mendapatkan gaji selangit. Sebab beberapa malah mendapat gaji yang tergolong kecil. Nah berikut ini lima deretan presiden dengan gaji terkecil di dunia.

Pranab Mukherjee, Presiden India

Pranab Mukherjee, Presiden India [image: source]
Menjabat sebagai presiden sejak Juli 2012, Pranab Mukherjee hanya mendapat gaji $28.800 atau sekitar Rp 384 juta per tahun. Nilai ini jelas lebih kecil daripada gaji para pemimpin perusahaan swasta. Meski begitu, Pranab Mukherjee memiliki tempat tinggal besar dengan 340 kamar di Rahtrapathi Bhavan. Tak hanya itu, presiden ini memiliki 200 staf yang merawat bangunan mewahnya. Di Hyberabad dan Shimla juga berdiri retret milik presiden ini.

Xi Jinping, Presiden China

Xi Jinping, Presiden China [image: source]
Memimpin negara yang merupakan pemilik salah populasi terbesar di dunia tak membuat Presiden Xi Jinping menerima gaji yang tinggi. Pertahun, Presiden China ini mendapat upah $22.300 atau sekitar Rp 297 juta. Nilai ini pun setelah adanya peningkatan serempak gaji pegawai negeri. Sebelumnya, Presiden China  awalnya hanya memperoleh gaji sebesar $13.440 atau Rp 179 juta per tahun. Meski begitu, gaji orang nomer 1 di China itu saat ini hanya 1/20 dari gaji Presiden AS.

Beji Caid Essebsi, Presiden Tunisia

Beji Caid Essebsi, Presiden Tunisia [image: source]
Menjabat sebagai presiden Tunisia sejak Desember 2014 lalu, upah yang diterima sang presiden hanya $16.400 atau Rp 218 juta per tahun. Nilai ini merupakan jumlah setelah Presiden Beji dengan suka rela memotong dua pertiga gajinya untuk diberikan pada negara. Hal ini disebabkan kondisi keuangan negara yang buruk, sehingga memaksa pengurangan biaya kepresidenan.

Macky Sall, Presiden Senegal

Macky Sall, Presiden Senegal [image: source]
Merupakan Presiden dengan gaji kedua paling rendah di dunia, Macky Sall mendapat gaji $1. 300 lebih banyak dari pendahulunya. Presiden yang mulai menjabat di 2 April 2012 itu mengantongi $15.600 atau Rp 208 juta per tahunnya. Sebelum menjadi presiden, Macky Sall adalah walikota yang menjabat di daerah kelahirannya, Fatick. Hingga kini, Macky masih duduk di kursi Presiden Senegal.

 Jose Mujica, Presiden Uruguay

Jose Mujica, Presiden Uruguay [image: source]
Predikat presiden dengan gaji paling rendah di dunia dipegang oleh Jose Mujica. Pria yang memimpin Uruguay sejak tahun 2010 hingga 2015 lalu digaji $15.000 per tahun. Nilai ini hanya merupkan 10 % dari gaji resmi yang seharusnya mencapai nilai $144.000. Jose Mujica merupakan sosok bersahaja yang tinggal di rumah sederhana dengan hidup sebagai petani bunga. Satu-satunya benda mahal yang ia punyai adalah VM Beetle 1987 yang bernilai Rp 24 juta. Setelah resmi kepemimpinannya selesai,  kini  Uruguay dipimpin oleh Tabare Vazquez. Namun informasi tentang berapa gaji pengganti Jose Mujica itu belum diketahui.

Gaji lima orang presiden itu tak lebih dari 300 juta per tahun. Artinya, presiden di negara kita memiliki gaji yang lebih besar mencapai 1 miliar lebih per tahunnya. Dari lima orang presiden di atas, empat di antaranya masih memimpin hingga saat ini, kecuali Jose Mujica. Meski memiliki gaji yang kecil, toh mereka justru dicintai rakyatnya.

Written by Aini Boom

Leave a Reply

Setiap Hari Dipakai, Ternyata Ini Lho Sejarah Penggunaan “Wkwkwk” Sebagai Ekpresi Tertawa di Sosial Media

Chatting Tentang Ditunggu dan Menunggu Driver Gojek Ini Pasti Membuatmu Ngakak