in

Pratiwi Sudarmono, Astronot Wanita Indonesia yang Terlupakan

5. Menjadi Guru Besar di Universitas Indonesia

Kini Pratiwi telah melepas gelarnya sebagai seorang astronot. Dia tidak pernah pergi ke ruang angkasa, seperti mimpinya. Namun, meski begitu usaha dan dedikasinya amatlah mengagumkan. Dia membuktikan bahwa seorang wanita dari negara “kecil” bernama Indonesia bisa lolos dari seleksi ketat NASA.

Menjadi Guru Besar di Universitas Indonesia (C) zulrafli aditya
Menjadi Guru Besar di Universitas Indonesia (via) zulrafli aditya

Pratiwi menjadi guru besar di Universitas Indonesia. Sejak tahun 1994 hingga 2000 dia menjadi kepala Departemen Mikrobiologi dan Fakultas Kesehatan di Universitas terdepan di nusantara itu. Diapun terus mendedikasikan hidupnya untuk ilmu pengetahuan.

Meski Pratiwi tidak pernah menginjakkan kakinya ke ruang angkasa, namun dia adalah bukti bahwa negara kita juga bisa menembus persyaratan sebagai seorang astronot. Meski tidak banyak orang yang mengetahui tentang misinya yang batal itu, namun Pratiwi tetap menjadi kebanggaan Indonesia. Kita patut menghargai usahanya.

Baca Juga 5 Karya Anak Bangsa Yang Dipakai Artis Luar Negeri

Bagaimana menurut anda? Sanggupkah Indonesia menciptakan generasi penerus yang berdedikasi agar bisa ikut andil dalam penelitian ruang angkasa? Akankah Indonesia kembali menerbangkan astronotnya ke ruang angkasa? (HLH)

Written by Centralismo

Leave a Reply

Hotel Mitsui Garden Yotsuya, Hotel di Jepang yang Punya Kamar Khusus untuk Menangis

10 Penemuan Umat Islam Yang Berjasa Dalam Kehidupan Sehari-Hari