in

12 Potret Miris Bencana Lingkungan Akibat Meledaknya Kilang Minyak di Teluk Meksiko

20 April 2010 lalu, kilang minyak di teluk Meksiko meledak dan tenggelam. Akibatnya, minyak menyembur selama 87 hari dan mencemari lautan. Jutaan barel minyak meluap dan mengancam kehidupan laut di Teluk Meksiko dan sekitarnya.

Bencana mengerikan tersebut menyisakan kerusakan alam yang mengenaskan. Tidak hanya di kawasan laut saja, minyak juga tersapu hingga ke tepi pantai sekitar teluk Meksiko dan menyisakan pemandangan yang miris.

1. Ledakan Kilang Minyak BP di Teluk Meksiko

Ledakan Kilang Minyak [Image Source]
Ledakan Kilang Minyak [Image Source]
 Pada 20 April 2010, kurang lebih pukul 9:45 malam waktu setempat kilang minyak BP meledak dan membakar stasiun pengeboran. Saat itu ada 126 kru di stasiun yang berhasil diselamatkan, namun 11 orang pekerja tidak pernah ditemukan lagi meski dilakukan 3 hari pencarian. Pada 22 April 2010 pagi, pengeboran minyak tersebut akhirnya tenggelam.

2. Penampakan Penyebaran Minyak Dilihat dari Satelit

Tumpahan Minyak Dilihat dari Satelit [Image Source]
Tumpahan Minyak Teluk Meksiko Dilihat dari Satelit [Image Source]
Ledakan tersebut membuat sumur minyak yang ada di dasar laut meluap dan mencemari lautan. Aliran minyaknya bahkan sampai menyebar hingga ke pantai-pantai di sekitar Teluk Meksiko.

3. Lautan yang Tercemar Minyak

Lautan kotor dicemari minyak [Image Source]
Lautan kotor dicemari minyak [Image Source]
Sumur minyak tersebut terus meluap hingga 87 hari lamanya. Setidaknya sebanyak 4,9 juta barrel minyak tumpah dan mengotori lautan di Teluk Meksiko. Yang lebih mengenaskan lagi, minyak dan berbagai zat kimia lainnya meracuni binatang laut di kawasan tersebut.

4. Burung Pelikan Terkena Minyak

Burung Pelikan Terkena Minyak [Image Source]
Burung Pelikan Terkena Minyak [Image Source]
Binatang-binatang laut menjadi yang pertama terpengaruh tumpahan minyak ini. Ribuan binatang ditemukan mati akibat teracuni oleh minyak. Sementara itu beberapa tahun kemudian ditemukan mutasi pada binatang laut seperti udang dan ikan.

5. Terjebak Minyak

Burung terjebak minyak [Image Source]
Burung terjebak minyak [Image Source]
Minyak yang tumpah begitu pekat sampai sebagian binatang yang terjebak di dalamnya sulit dikenali jenisnya. Jika tidak segera diselamatkan, mereka akan mati keracunan dan karena kesulitan bergerak.

6. Ombak Bercampur Minyak

Ombak bercampur minyak [Image Source]
Ombak bercampur minyak [Image Source]
Dari pantai akan terlihat ombak dengan gumpalan-gumpalan minyak di dalamnya. Aliran ombak inilah yang kemudian membawa minyak sampai ke tepi-tepi pantai di sekitar Teluk Meksiko.

7. Minyak Mengendap di Rawa-rawa

Minyak mengendap di rawa-rawa [Image Source]
Minyak mengendap di rawa-rawa [Image Source]
Pada bulan September 2010, sapuan minyak menutupi garis pantai Louisiana dan rawa-rawa di bagian barat Sunga Mississippi hingga seluas 26 kilometer.

8. Membersihkan Minyak di Garis Pantai

Para pekerja membersihkan minyak di pantai [Image Source]
Para pekerja membersihkan minyak di pantai [Image Source]
Upaya pembersihan berlangsung lama dan melibatkan ribuan orang. Namun laut tidak bisa benar-benar bersih dari tumpahan minyak. Kabarnya gumpalan-gumpalan minyak masih ditemukan di dasar laut.

9. Minyak Tersapu Ombak ke Pantai

Minyak tersapu ombak ke pantai [Image Source]
Minyak tersapu ombak ke pantai [Image Source]
Hingga Juli 2011, garis pantai di Louisiana, Mississippi, Alabama, dan Florida telah terkontaminasi minyak hingga seluas 790 kilometer. Total tumpahan minyak telah mencemari area seluas 1.728 kilometer sejak keobocoran minyak tersebut terjadi.

10. Semburan Minyak di Dasar Laut

Minyak yang menyembur di dasar laut [Image Source]
Minyak yang menyembur di dasar laut [Image Source]
Sumur minyak yang berada di dasar laut ditutup pada 15 Juli 2010. Setelah beberapa kali gagal membendung luapan minyak, akhirnya sumur tersebut disegel pada 19 September 2010.

11. Pembakaran Tumpahan Minyak

Pembakaran tumpahan minyak [Image Source]
Pembakaran tumpahan minyak [Image Source]
Beragam upaya dilakukan untuk membersihkan laut dari minyak. Mulai menggunakan bahan penyerap untuk menyerap minyak, membuat pembatas untuk membendung aliran minyak, memanfaatkan mikroba pemakan minyak, hingga membakar tumpahan minyak.

12. Minyak Mencapai Tepi Pantai

Minyak mengalir sampai ke tepi pantai [Image Source]
Minyak mengalir sampai ke tepi pantai [Image Source]
Pada tahun 2013, lebih dari 4,6 juta pond materi minyak dibersihkan dari pantai Louisiana. Tahun 2013, hanya sedikit minyak yang tersapu ke wilayah ini, tapi gumpalan-gumpalan ter masih ditemukan setiap hari dari pantai Alabama hingga Florida Panhandle.

Itulah tadi bencana mengerikan akibat tumpahnya minyak dari sumur pengilangan di Teluk Meksiko. Miris sekali jika alam sampai rusak karena kecerobohan manusia sendiri. Padahal senadainya alam rusak dan tidak bisa ditinggali, manusia sendirilah yang akhirnya akan mati. Sementara alam masih bisa memperbaiki dirinya lagi.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

5 Fakta Peristiwa Bocornya Kilang Minyak BP yang Pernah Menjadi Petaka Bagi Dunia

15 Foto Rusun Rawa Bebek ini Jadi Bukti Ahok NIAT Sejahterakan Warga Pasar Ikan