4 Ponsel Keren Nokia ini Dulu Harganya Bikin Miskin, Sekarang?

oleh Faisal Bosnia Ahmad
07:00 AM on Feb 23, 2017

Masih membekas dalam ingatan kita ponsel-ponsel keren dari Nokia yang dahulu begitu bertaji ini. Spesifikasinya mumpuni dan desainnya begitu cantik. Harganya? Bukan hanya setara dengan ponsel cerdas saat ini, ada juga hape Nokia yang harganya nandingin motor bebek zaman sekarang!

Beberapa ponsel jadul memang ada yang sudah masuk kategori barang antik. Dengan harga yang bikin kita mikir puluhan kali. Namun, tidak dengan ponsel-ponsel yang ditampilkan di sini. Ponsel-ponsel ini masih bisa kamu dapatkan dengan harga ratusan ribu kok. Tapi, kalau kamu beneran minat dan pengen jadiin barang koleksi, buruan beli dari sekarang, Senin harga naik, bro!

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Nokia X5-01

Tahun rilis: 2010
Harga awal: Rp2,5 jutaan
Harga sekarang: RP600 ribuan

Ponsel cantik ini tak hanya menarik di mata kaum hawa. Para pria juga kepincut dengan kemampuannya. Ponsel ini tampak kompak dengan hanya menampilkan layar dan beberapa tombol kapasitif saja.

Beda harga Nokia dulu sekarang
Nokia X5-01. [Image Source].
Tapi, kamu jangan tertipu ya. Nokia X5 bukan ponsel sentuh loh. Jika kamu geser ke atas, kamu akan menemukan tombol QWERTY yang kala itu sudah mulai banyak diadaptasi berkat derasnya penetrasi Blackberry. Sesuai namanya, kamera ponsel ini besaran resolusinya 5 MP. Meski belum ada teknologi auto fokus, namun ponsel ini sudah dilengkapi flashlight kok.

Fitur utamanya ada pada media musik. Itu karena ponsel ini merupakan keluarga seri-X. Simpanan lagu kita bisa disortir berdasarkan nama artis, album, atau genre. Kalau kamu sedang malas, atau ingin lucu-lucuan, ada fitur pembaca sms yang sudah terpasang khusus yang dapat memerintahkan Nokia X-5 kamu membacakan pesan-pesan yang ada di kotak masuk… dalam dialek Bahasa Inggris.

Nokia E63

Tahun rilis: 2008
Harga awal: Rp2,5 juta
Harga sekarang: Rp200 ribuan

Pondasi ponsel ini diambil dari Nokia E71 yang merupakan ponsel bisnis. Sedangkan, Nokia E63 diciptakan untuk menyasar pasar yang lebih terjangkau. Awal ponsel ini dirilis adalah ketika saat itu sedang zamannya gila sms. Operator ponsel banyak yang berlomba-lomba menawarkan paket sms murah. Memang, hape ini tidak dirancang khusus untuk konsumen Indonesia. Namun, momentum kemunculannya begitu pas dengan fenomena tadi.

Beda harga Nokia dulu sekarang
Nokia E63. [Image Source].
Selain untuk tujuan sms, ponsel ini juga semakin diburu karena bertepatan dengan masanya Facebook. Tahu sendiri kan, seperti apa update-nya warga Indonesia terhadap kemunculan situs jejaring sosial tersebut? Mungkin, hampir tiap menit mereka ganti status atau balas komentar teman.

Ponsel ini tak cocok buat pecinta fotografi. Sederhana saja, itu karena kameranya kurang bisa diandalkan. Kalau mau ponsel Nokia yang kameranya bagus, kamu bisa mencari hape Nokia dengan embel-embel Carl-Zeiss di bagian kameranya. Harga awal ponsel ini menyentuh angka dua juta rupiah. Sekarang? Dengan harga sekitar Rp200 ribuan kamu sudah bisa meminangnya loh.

Nokia 9000 communicator

Tahun rilis: 1996
Harga awal: Rp10 jutaan
Harga sekarang: 400 ribu

Ponsel yang orang bilang adalah mbahnya smartphone. Bagaimana tidak? Ponsel ini terlalu canggih untuk zamannya! Bayangkan saja, ponsel yang diluncurkan pada tahun 1996 ini sudah punya kemampuan layaknya komputer. Membaca email, menjelajah situs, hingga menerima faksimil. Papan ketiknya saja sudah canggih, QWERTY bro.

Beda harga Nokia dulu sekarang
Nokia 9000 Communicator. [Image Source].
Karena ponsel ini masih tahap awal, hape ini pun telah melalui beberapa seri evolusi. Mulai dari 9110i, 9210i, 9300, 9500 dan yang paling baru E90. Salah satu hal yang kurang nyaman, tentu saja ukurannya yang ultra bongsor dan bobotnya yang berat.

Namun, itu menjadi kekurangan yang masih bisa dimaafkan. Begitu kamu tahu kalau harga hape ini ketika awal dirilis adalah Rp10 jutaan. Jelas tak banyak orang yang bisa mencicipinya. Bandingkan dengan kecanggihan ponsel dengan harga yang sama pada saat ini. Sangat jauh sekali, bukan?

Nokia N900

Tahun rilis: 2010

Harga awal: 6 juta
Harga sekarang: 1,3 juta

Ponsel keren yang tampilannya seperti laptop mini. Ponsel ini terhitung baru karena waktu rilisnya adalah tahun 2010. N900 menjadi upaya pertama Nokia keluar dari zona nyamannya, Sistem Operasi Symbian. Mereka menggunakan Sistem Operasi Maemo 5 yang merupakan sistem operasi terbuka. Langkah yang belakangan dinilai gagal karena sejak saat itu Nokia dihantam bertubi-tubi oleh Android. Sistem Operasi yang saat itu ogah diadaptasi oleh Nokia.

Beda harga Nokia dulu sekarang
Nokia N900. [Image Source].
Hal yang paling menyenangkan dalam menggunakan ponsel ini, adalah tentu saja ketika kita sedang menjelajahi dunia maya atau menonton video. Tampilannya lebar, tombol QWERTY-nya juga demikian, jadi kamu akan jarang mengalami salah eja alias TYPO.

Semakin keren ketika kamu tahu kalau ternyata kamu bisa memasang emulator PlayStation generasi pertama dalam hape ini. Game-game memorable kayak Pepsi Man, Road Rash hingga Crash Bandicoot bisa kamu jajal lewat hape ini. Harga ponsel ini ketika dirilis Rp6 jutaan, cukup mencengangkan bahkan untuk ukuran harga ponsel saat ini.

Ponsel-ponsel di atas, menjadi bukti bahwa Nokia benar-benar menjadi raja pada masanya. Harga-harganya pun bikin kita mengernyitkan dahi. Meski begitu, kita tetap sja membelinya, kan? Jika kamu punya ponsel jadul Nokia lainnya, saya sarankan agar kamu menyimpannya. Mungkin, 10 atau 20 tahun kemudian harganya bisa tembus puluhan juta.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA