Nasib Ponari Si Dukun Cilik, Dulu Kaya Abis Sekarang Hidupnya ‘Senen Kemis’

Kisah memprihatinkan seorang bocah yang dulu berpenghasilan hingga 1 M dari praktik perdukunan

oleh Nikmatus Solikha
13:00 PM on May 20, 2017

Masih ingat sama Ponari? Itu tuh, bocah kelas IV SD yang sempat bikin geger tanah air pada tahun 2009 silam. Dulu, bocah yang disebut dukun cilik asal Dusun Kedungsari, Desa Balungsari, Kecamatan Megaluh, Jombang, Jawa Timur tersebut sering didatangi oleh banyak orang. Hal itu karena mereka percaya jika batu milik Ponari mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Bocah tersebut memang mendadak terkenal sejak menemukan batu di tengah badai. Konon, batu yang ia temukan tersebut bertuah dan bisa mendatangkan kesembuhan. Alhasil, ribuan orang pun rela datang dari berbagai kota demi segelas air yang telah dicelup oleh batu bertuah milik Ponari. Lantas, seperti apa sekarang nasib bocah tersebut sekarang?

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Dulu duitnya miliaran, sekarang hidup pas-pasan

Berkat praktek perdukunan, Ponari sekeluarga pun hidup bergelimangan harta. Penghasilannya dari orang yang datang bisa sampai miliaran rupiah. Uang hasil jadi dukun itu pun dimanfaatkan untuk membangun rumah, membeli tanah dan juga sawah.

Rumah Ponari setelah dibangun [image source]
Namun, saat ini kehidupan Ponari tak sejaya dulu. Sejak tahun 2013, praktek perdukunannya sudah sangat sepi. Mungkin hanya satu dua orang saja yang datang, dan itu pun tidak tiap hari. Tamu yang datang pun paling-paling hanya memberikan 20 ribu rupiah. Kebanyakan sih nggak sudah nggak percaya kalau batu Ponari masih bertuah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA