6 Politisi yang Kekayaannya Nggak Bakal Habis Sampai Tujuh Turunan

oleh Rizal
07:00 AM on Dec 1, 2016

Ada banyak alasan kenapa orang-orang mau terjun ke dunia politik. Entah karena ingin mendapatkan kekayaan, terkenal, pengaruh yang besar, atau mungkin memang ingin membuat perubahan. Tapi, dari banyak motif atau alasan yang ada, kekayaan adalah yang utama. Buktinya sendiri banyak, salah satunya ya para Caleg-Caleg itu. Sudah jadi semacam rahasia umum kalau tujuan mereka nyalon itu adalah untuk mendapatkan kekayaan.

Jika ada banyak orang yang pengen kaya dengan jadi politisi, lalu kira-kira apa ya motivasi orang-orang kaya yang jadi politisi? Tidak mungkin uang mengingat kekayaan mereka sudah tak karuan. Hmm, bisa jadi alasan para orang kaya yang jadi politisi adalah benar-benar membenahi Indonesia. Walaupun beberapa mungkin hanya mengejar nama dan pamor yang ujung-ujungnya tujuannya adalah duit.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Mari kita lupakan sejenak soal motif-motif itu, dan ganti membahas para politisi kaya. Kira-kira siapa saja sih politisi yang hartanya luar biasa banyak? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut.

1. Chairul Tanjung, Politisi Terkaya Indonesia

Chairul Tanjung [Image Source]
Chairul Tanjung [Image Source]
Mungkin ada yang tidak menyetujui nama Chairul Tanjung di daftar ini. Pasalnya, sosok satu ini dikenal sebagai pengusaha bukan politisi. Secara umum memang iya, tapi Chairul Tanjung pernah lho jadi Menko Perekonomian di tahun 2014 lalu. Jadi, ia bisa dianggap sebagai politisi pula. Soal kekayaan, pria 54 tahun ini memiliki harta sebanyak $4,8 miliar menurut Forbes.

2. Hary Tanoe, Politisi Penguasa Media

Hary Tanoe [Image Source]
Hary Tanoe [Image Source]
Awalnya Hary Tanoe adalah seorang pengusaha, tapi makin ke sini pria satu ini semakin getol menjadi politisi. Hal ini dibuktikan dengan manuvernya mendirikan Partai Persatuan Indonesia alias Perindo yang marsnya pernah viral itu. Soal kekayaan, pemilik MNC Grup ini mempunyai sekitar $1 miliar alias Rp. 13,5 triliun.

3. Aburizal Bakrie, Salah Satu Pria Terkaya Indonesia

Aburizal Bakrie [Image Source]
Aburizal Bakrie [Image Source]
Dari banyaknya orang kaya di Indonesia, mungkin hanya Aburizal Bakrie yang memiliki pamor paling mentereng. Setidaknya di mata orang awam, pria ini selalu dikatakan sebagai sosok paling kaya di Indonesia. Tidak benar-benar salah sih mengingat faktanya memang seperti itu, walaupun Bang Ical bukanlah yang paling kaya. Soal harta, Ketua Umum Parta Golkar ini memiliki harta sebanyak $2,5 miliar.

4. Sandiaga Uno, Politisi Muda yang Banjir Duit

Sandiaga Uno [Image Source]
Sandiaga Uno [Image Source]
Rasanya tak perlu untuk mempertanyakan karier politik seorang Sandiaga Uno, mengingat namanya begitu ramai diperbincangkan saat ini. Jadi, mari kita kulik saja berapa kekayaan pria berumur 47 tahun ini. Dilansir dari majalah GlobeAsia edisi Juni 2016, pria satu ini memiliki setidaknya $830 juta alias Rp. 11,2 triliun.

5. Jusuf Kalla, Wakil Presiden Terkaya

Jusuf Kalla [Image Source]
Jusuf Kalla [Image Source]
Jusuf Kalla bisa dibilang sebagai politisi berpengaruh paling kaya. Hartanya mungkin tidak sebanyak orang-orang di atas, namun jabatannya sungguh tinggi, yakni sebagai Wakil Presiden. Bahkan kalau kita ubah parameternya, beliau ini bisa dikatakan pula sebagai wakil presiden paling kaya. Soal harta, jumlahnya sendiri cukup banyak lho, hampir sekitar $750 juta alias Rp 10 triliunan.

6. Dahlan Iskan yang Diam-Diam juga Sangat Kaya

Dahlan Iskan [Image Source]
Dahlan Iskan [Image Source]
Satu lagi nama politisi kaya yang hartanya luar biasa. Ya, beliau adalah Dahlan Iskan yang belakangan tersandung sebuah kasus yang membuatnya harus berurusan dengan hukum. Soal karier politik, Dahlan Iskan ini pernah menjabat sebagai menteri BUMN du era Pak SBY. Tentang kekayaan, sang mantan Dirut PLN tersebut memiliki harta sebanyak $450 atau sekitar Rp 6 triliun.

Kalau boleh jujur, sebaik-baik politisi adalah mereka yang kaya. Alasannya karena mereka takkan mungkin menjadikan harta sebagai fokus. Masa iya sih sudah kaya masih ambisius mengeruk harta lewat karier politisi? Sepertinya tidak ya. Tapi, kalau seumpama ada, maka kita bisa tarik kesimpulan sendiri.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA