7 Instansi Polisi Paling Korup di Seluruh Dunia! Indonesia?

oleh Adi Nugroho
12:15 PM on Aug 25, 2015

Instansi polisi dibangun untuk menjaga keamanan di dalam negara. Mereka juga bertugas dalam menegakkan keadilan. Jika ada kejahatan, entah itu sifatnya kekerasan atau korupsi mereka harusnya mampu mengatasinya. Namun, beberapa polisi justru ikut masuk ke dalam kejahatan seperti korupsi. Well, polisi tetaplah manusia biasa yang akan langsung senang jika memperoleh uang atau jabatan yang besar.

Di seluruh dunia, organisasi kepolisian ternyata menghadapi permasalahan yang sama. Jika tidak kekerasan terhadap warga, maka ia akan merasa jadi ras superior. Terakhir polisi juga tak luput dari korupsi besar yang membuat instansinya tercoreng. Inilah tujuh instansi polisi paling korup di seluruh dunia!

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

1. Polisi Meksiko

Meksiko adalah negara yang sangat maju secara ekonomi, hal ini ditunjang oleh sektor hiburan dan juga ekspor-impor. Namun, kemajuan negara tak membuat polisinya bekerja dengan baik. Polisi di Meksiko banyak melakukan korupsi yang sangat besar. Biasanya mereka akan menjadi backing beberapa kartel narkoba besar agar meloloskan perdangannya.

Polisi Meksiko [image source]
Polisi Meksiko [image source]
Apa yang dilakukan oleh polisi Meksiko bukanlah tanpa alasan. Mereka mendapatkan upah dari pemerintah yang sangat sedikit. Mereka menutupi segala kebutuhan dengan mencari orang yang mau menyuapnya. Polisi ini akan mencari pengusaha yang meminta perijinan, ia akan meminta uang sogok atau membunuh pengusaha itu. Hmm, maksa banget ya? Tapi mau bagaimana lagi, meski kepepet harusnya enggak berbuat jahat. Kan, mereka polisi?

2. Polisi Haiti

Haiti adalah negara yang terletak di Kepulauan Karibia. Negara ini telah berdiri sejak tahun 1804 silam. Saat ini jumlah penduduk di Haiti mencapai 10 juta jiwa, dan merupakan negara paling kuat di kawasan Karibia, Amerika Tengah. Kehebatan Haiti ternyata tercoreng oleh anggota kepolisiannya yang dikenal salah satu paling korup sejagat. Polisi di Haiti tak ubahnya penjahat yang harus ditangkap.

Polisi Haiti [image source]
Polisi Haiti [image source]
Warga sipil tak berani melawan polisi karena hobi kepolisian di sana adalah main hakim sendiri. Mereka tak segan memukul hingga membunuh warga yang dirasa tak menurut. Pungutan liar kerap dilakukan oleh polisi hingga membuat warga selalu was-was. Banyak aset negara yang digunakan untuk hal pribadi seperti mobil dinas atau pun uang. Atas kengerian ini, banyak orang di seluruh dunia menyebut Haiti sebagai negara dengan polisi paling korup, dan juga paling banyak melanggar HAM.

3. Polisi Kenya

Tahukah anda jika lebih dari 90% warga dari Kenya menyatakan jika polisi mereka adalah paling korup sejagat? Mereka mengatakan itu tanpa perlu berpikir panjang. Kebiasaan polisi di sana setiap hari sudah mengisyaratkan kelakuannya. Polisi di Kenya setiap hari selalu mendapatkan sogokan dari orang-orang yang akan mereka lindungi.

Polisi Kenya [image source]
Polisi Kenya [image source]
Orang-orang penting dari kepolisian, bahkan yang pangkatnya tinggi kerap tergabung dengan anggota kriminal. Mereka akan ikut menjaga penjualan obat terlarang hingga senjata. Selain itu, polisi adalah orang dengan kedudukan tinggi di Kenya. Mereka bebas masuk ke seluruh fasilitas publik dan mengambil uangnya. Berontak dan melawan mereka? Dor di tempat!

4. Polisi Irak

Hampir seluruh rakyat Irak sangat membenci polisi di negara mereka. Polisi di sana tak ubahnya penjahat yang akan melakukan apa saja asal mendapatkan uang. Korupsi sudah mendarah daging hingga membuat polisi di sana tak pernah memikirkan rakyatnya. Setiap hari yang mereka pikirkan hanya bagaimana cara mendapatkan uang yang cepat dan banyak.

Polisi Irak [image source]
Polisi Irak [image source]
Kepolisian Irak kerap bekerja sama dengan penjahat dalam distribusi obat terlarang. Mereka bekerja sebagai pelindung hingga setiap aksi yang dilakukan akan aman. Selain itu mereka kerap menculik warga tak berdosa dan meminta tebusan atau sogokan uang. Pokoknya segala hal yang dilakukan polisi Irak tak membuat rakyatnya bangga.

5. Polisi Rusia

Polisi Rusia kerap sekali menangkapi warga tak berdosa untuk dikorbankan. Mereka melindungi penjahat dan menggunakan masyarakat sebagai tumbal. Selain itu mereka juga dikenal sangat brutal dalam menjalankan segala misi yang ada. Rakyat hanya bisa pasrah jika mendadak kena pukul atau dipenjarakan.

Polisi Rusia [image source]
Polisi Rusia [image source]
Korupsi bukanlah hal baru di kepolisian Rusia. Negara dengan luas paling lebar di bumi ini selalu menelorkan anggota polisi yang sangat korup. Tahun lalu, bahkan banyak petinggi kepolisian yang ditangkap karena terbukti dengan jelas memeras dan menerima suap dari organisasi kejahatan.

6. Polisi Pakistan

Dari sebuah survei yang dilakukan oleh lembaga di Pakistan. Polisi negara ini adalah sektor pemerintah yang tingkat korupsinya paling tinggi. Banyak sekali anggota kepolisian yang melakukan pengerukan dana yang seharusnya digunakan untuk pembangunan dan juga pengabdian masyarakat.

Polisi Pakistan [image source]
Polisi Pakistan [image source]
Selain itu polisi di Pakistan juga sangat menyukai pungli. Mereka kerap meminta uang kepada pengendara motor di jalan yang kedapatan tak memiliki surat yang lengkap. Mereka juga sering menjadi backing organisasi kejahatan dan hobi menangkap warga tak berdosa untuk disiksa. Serem!

7. Polisi Myanmar

Negara tetangga kita, Myanmar masuk ke dalam daftar negara dengan instansi kepolisiannya sangat korup. Di negara yang berbatasan dengan Thailand ini korupsi adalah hal yang sangat biasa. Bahkan hal yang bisa terjadi setiap hari. Rezim militer yang menguasai Myanmar juga membuat polisinya jadi kebal hukum, bahkan jadi makhluk superior.

Polisi Myanmar [image source]
Polisi Myanmar [image source]
Kepolisian Myanmar kerap menangkap penjahat yang dirasa menguntungkan mereka. Penjahat ini dihajar dan diminta memberikan uang supaya bisa dilepaskan lagi. Hal semacam ini membuat warga Myanmar tidak pernah menyukai polisinya. Bahkan mereka kerap dimintai pungutan liar yang tak beralasan!

Bonus…

Polisi Indonesia

Barangkali kasus korupsi di wilayah Kepolisian Indonesia tak sebesar negara di atas. Namun kasus korupsi yang dilakukan petinggi Polisi Indonesia cukup membuat rakyat geram. Sebut saja kasus Jendral Polisi (Purn) Rusdiharjo tentang penggelapan uang KBRI Malaysia. Irjen Pol (Purn) Udju Djuhaeri dengan kasus cek perjalanan dan suap Miranda Gultom agar terpilih jadi Deputi Bank Indonesia. Terakhir dan sebenarnya masih banyak, Komjen Pol (Purn) Susno Duadji terjerat kasus suap mantan anggota BIN Sjahril Djohan.

Yah, korupsi adalah hal yang patut diberantas! Terutama oleh mereka yang sebenarnya merupakan penegak hukum. Namun pada kenyataannya, masih banyak polisi yang nakal dan kerap melakukan pungli hingga meresahkan masyarakat. Semoga ke depannya Polisi Indonesia bisa berbenah menjadi baik!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA