Kisah Nyata Polisi Buta yang Mengabdi untuk Melindungi Kota

oleh Rizal
15:00 PM on Jul 9, 2015

Hampir tiap tahun kepolisian kita melakukan rekrutmen banyak anggota baru. Meskipun begitu, entah kenapa kejahatan masih aja tetap ada. Hal ini tentu jadi tanda tanya besar dong. Mungkin para polisinya yang kurang aware atau si penjahatnya udah keterlaluan lihainya. Apa pun itu, bukan jadi alasan untuk tetap membiarkan sebuah kejahatan terjadi.

Kenyataan tersebut berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di Lanba, China. Percaya atau nggak, kota ini hanya dijaga oleh beberapa gelintir polisi aja lho. Nyatanya, hampir selama 10 tahun lamanya nggak ada kejahatan apa pun yang terjadi. Hal yang pasti bikin kamu makin kagum adalah kenyataan bahwa salah satu anggota polisi tersebut yang ternyata buta.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Mungkin kamu bakal bertanya-tanya nih, gimana caranya si polisi tersebut menjaga daerahnya? Yuk, cari tahu cerita menariknya berikut!

1. Kisah Keren Si Polisi Buta

Bernama Pan Yong, pria 43 tahun ini begitu mencintai pekerjaannya. Tiap hari, ia menghabiskan sebagian waktunya untuk berpatroli keliling kota Lanba. Pekerjaan ini tentu biasa bagi polisi kebanyakan, tapi mungkin nggak begitu untuk Yong. Kondisi matanya yang sama sekali nggak bisa melihat, membuat pekerjaan ini sama sekali nggak mudah.

Meskipun buta, bukan halangan bagi Yong untuk melakukan tugas mulia [Image Source]
Meskipun buta, bukan halangan bagi Yong untuk melakukan tugas mulia [Image Source]
Namun apa yang dilakukannya sungguh luar biasa. Meskipun kekurangan dalam penglihatan, tapi nggak mengurangi hasil maksimal yang diraihnya. Buktinya, hampir 10 tahunan lebih kota ini sangat tentram. Bebas dari ketidaknyamanan bahkan untuk sesuatu yang kecil sekalipun. Salut!

2. Yong Punya Mata yang Lain

Mungkin kamu bertanya-tanya gimana caranya sang polisi ini bertugas padahal ia buta. Menjawab pertanyaan itu, mungkin ada baiknya kamu kenal sosok yang satu ini terlebih dulu. Yup, siapa lagi kalau bukan sang istri, Tao Hongying. Wanita 46 tahun inilah yang selama ini menjadi mata Yong. Bersama-sama, mereka membuat kota Lanba aman tentram.

Sejak buta, istrinya lah yang menjadi mata untuk Yong [Image Source]
Sejak buta, istrinya lah yang menjadi mata untuk Yong [Image Source]
Sang istri sendiri adalah seorang petugas penjaga stasiun kereta api setempat. Tiap hari Hongying menemani sang suami untuk melakukan patroli bersama-sama. Kesetiaan si istri ini membuat banyak orang kagum. Sehingga nggak berlebihan kalau banyak yang mengatakan kisah cinta mereka seperti dongeng aja.

3. Awal Bencana Bagi Yong

Yong sebelumnya mampu melihat dengan jelas. Namun, Glukoma dan katarak akut membuat kemampuan penglihatannya perlahan melemah. Hingga akhirnya pada tahun 2002 yang lalu ia pun benar-benar nggak bisa melihat apa-apa lagi. Meskipun ia masih bisa merasakan adanya cahaya.

Sempat down, Yong akhirnya bangkit lagi berkat motivasi sang istri [Image Source]
Sempat down, Yong akhirnya bangkit lagi berkat motivasi sang istri [Image Source]
Siapa sih yang nggak down ketika hal ini menimpa dirinya? Yong pun juga begitu, ia sempat putus asa terhadap hidupnya termasuk pekerjaan tercintanya. Diketahui sebelum buta Yong udah menjadi anggota kepolisian dan bekerja aktif. Beruntungnya, ia punya isti yang mampu membuatnya bangkit dan terus bekerja melayani masyarakat.

4. Yong yang Sangat Beruntung

Kita mungkin merasa kasihan terhadap nasib yang dialami oleh Yong, tapi pria ini lebih layak kalau dikatakan super beruntung. Alasannya, ia punya istri yang sangat pengertian bisa membuat Yong selalu live up. Bahkan sang istri juga yang menjadi penunjuk jalan ketika ia melakukan tugas hariannya. Jelas orang yang sangat beruntung, kan?

Daripada kasihan, istilah yang lebih pas untuk kondisi Yong adalah super beruntung! [Image Source]
Daripada kasihan, istilah yang lebih pas untuk kondisi Yong adalah super beruntung! [Image Source]
Alasan berikutnya adalah jarang sekali orang dengan kekurangan yang punya motivasi tinggi seperti Yong. Meskipun tahu kondisinya sangat nggak memungkinkan untuk tugas berat tersebut, ia masih keukeuh melakukannya. Ketika ditanya, alasannya sendiri sangat sederhana. Melayani banyak orang bakal tetap membuatnya hidup. Satu kalimat ringan yang maknanya sangat dalam.

Dedikasi dan kecintaan terhadap pekerjaan kadang membuat seseorang bisa berbuat lebih. Seperti yang dilakukan oleh Yong ini. Pelajaran yang bisa diambil dari kisah keren sang polisi ini adalah ketika banyak orang yang nggak menyukuri pekerjaannya dengan bermalas-malasan, pria dengan kekurangan ini malah sangat bersemangat. Yong bahkan rela menggunakan sebagian besar waktunya untuk membantu banyak orang.

Kalau saja polisi di Indonesia punya kesungguhan yang kuat seperti Yong, mungkin kriminalitas bisa ditekan lebih dalam dan Indonesia bisa jadi tempat yang lebih aman, terutama bagi penduduknya sendiri.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA