Pola Ledakan di Jakarta Mirip dengan yang Pernah Terjadi di Perancis

oleh Ayu
16:17 PM on Jan 14, 2016

Jakarta mencekam siang ini (14/1). Bahkan sampai beritanya diturunkan, beberapa orang yang diduga merupakan komplotan pelaku aksi teror ini masih dalam pelacakan dan pengejaran polisi.

Ada banyak dugaan dalam kasus ini, terutama motif di balik pengeboman. Berdasarkan update informasi yang diterima Tim Boombastis, ledakan bukan berasal dari bom, namun menggunakan granat. Aksi pengeboman juga dilanjutkan dengan baku tembak antara pelaku dan kepolisian.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

bom jakarta

Pola teror semacam ini rasanya bukan hal yang baru. Beberapa waktu lalu di Prancis juga terjadi aksi teror yang mirip dengan apa yang dialami Ibukota Jakarta. Beberapa persamaan ini di antaranya sebagai berikut.

Pengeboman Lokasi pengeboman sama-sama dilakukan di ibukota, lebih tepatnya di lokasi yang cukup banyak aktivitas dan interaksi dengan masyarakat. Teror ledakan yang dihasilkan juga tidak hanya satu kali. Ada 3 bom yang meledak di Prancis, sementara hari ini ibukota diguncang hampir 2 kali lipat jumlah ledakan di sana.

bom sarinah tembak-tembakan
Baku tembak oknum dan kepolisian [Image Source]
Penembakan Aksi teror tidak hanya berhenti sampai di pengeboman. Di Prancis, selain meledakkan bom, juga ada aksi penembakan brutal di Teater Bataclan yang menewaskan beberapa orang. Pun demikian dengan aksi tembak-tembakan yang sempat terjadi menyusul ledakan bom Jakarta. Oknum sempat adu senjata dengan polisi, bahkan kabarnya baku tembak ini memakan korban.

Apakah teroris menjadi dalang dari semua ini? Pusat. Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Anton Charliyan sendiri mengatakan bahwa ini ada kaitannya dengan ISIS. Dan hal ini juga seperti yang ditegaskan oleh Francois Hollande saat negerinya diserang teror bom dan baku tembak.

Meskipun dari pola ini, kita sudah menemukan titik terang pelakunya, Indonesia masih harus lebih kuat dan siaga dengan kemungkinan ancaman dan gangguan teror lainnya. Ada yang bilang juga bahwa ini berhubungan dengan pengalihan isu Freeport maupun kasus korupsi yang baru saja terungkap tempo hari. Bagaimana menurut Anda?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA