Ajaib, Pohon Ini Tumbuh di Batu

oleh Alfry
08:25 AM on Mar 12, 2015

Untuk tumbuh sebuah pohon memerlukan media yang mengandung zat hara, air dan sinar matahari yang cukup. Namun syarat-syarat itu tidak diperlukan oleh pohon yang satu ini. Pohon ini memiliki kelebihan dengan mampu tumbuh di batu. Wow!

Pohon ajaib yang mampu tumbuh di batu tersebut berjenis pinus. Pohon ini bisa ditemukan diantara Cheyenne dan Laramie, Wyoming. Berdasarkan penelitian lebih lanjut, pohon pinus ini benar-benar tumbuh melewati celah dari batu granit padat. Tidak seperti pohon lainnya yang ketika pertumbuhannya terhalang sesuatu benda padat akan membengkok mencari celah yang lebih lebar namun pohon ini tetap melewati batuan padat tersebut.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Pohon Pinus tumbuh di Batu (c) Flickr
Pohon Pinus tumbuh di Batu (c) Flickr

Pohon ini menjadi terkenal sejak dilakukannya pembangunan jalur kereta api pertama di wilayah tersebut. Awalnya jalur kereta api tersebut akan melintasi pohon ini namun kemudian jalur dialihkan agar pohon tersebut tidak ditebang. Jalur kereta sempat dipindahkan beberapa kilometer dari pohon tersebut.

Akan tetapi pada tahun 1913, Lincoln Highway yang merupakan jalan raya lintas benua pertama dibangun dan melintasi wilayah sekitar pohon ajaib itu. Kemudian setelah itu dibangun pula Interstate 80, sebuah jalan raya lintas benua yang menghubungkan pusat kota San Francisco, California dan New Jersey. Jalan ini sama-sama melintasi daerah dimana pohon aneh ini berada.

Pohon ini murni tumbuh dari celah batu (c) Flickr
Pohon ini murni tumbuh dari celah batu (c) Flickr

Pembangunan ini bertujuan agar orang-orang yang penasaran dengan pohon ajaib ini bisa mendapatkan akses untuk melihatnya dari dekat. Selain itu dengan adanya akses ke sana maka keberadaan pohon ajaib ini akan terjaga karena tentu akan ada yang merawatnya.

Orang Amerika menganggap pohon itu sebagai sebuah simbol ketegaran karena pohon itu seolah-olah memberi pelajaran hidup kepada manusia untuk tetap gigih berjuang dan menghadapi segala cobaan yang menimpa.

Pohon Ajaib ini Tumbuh di Wyoming (c) Flickr
Pohon Ajaib ini Tumbuh di Wyoming (c) Flickr

Kini pohon tersebut dikelilingi pagar runcing untuk melindunginya. Di sekitar pohon juga disediakan lahan parkir yang sengaja dibangun untuk para wisatwan yang datang ke sana. Belum diketahui berapa umur pasti pohon pinus tersebut yang pasti pohon jenis ini mampu hidup selama 2000 tahun.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA