PNS Wajib Pakai Akik, Kalau Tidak Akan Dikucilkan

oleh Centralismo
15:25 PM on Apr 8, 2015

Demam batu akik yang melanda Indonesia dua tahun terakhir tampaknya belum juga ‘sembuh’. Semakin hari semakin banyak orang yang membuka lapak untuk memoles dan mengolah batu alam. Demam ini tampaknya terjadi serempak di seluruh Indonesia, dari Sabang hingga Merauke.

Kabar terbaru, demam ini tampaknya mulai mengambil peranan penting di pemerintahan. Baru-baru ini Gubernur Sumatera Selatan, Alex Nurdin mewajibkan para PNS untuk memakai batu akik, khususnya akik asal Sumatera Selatan. Menurut pengakuan Alex, kebijakan itu dia terapkan agar membuat batu akik asal Sumatera Selatan lebih terkenal lagi.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

PNS Wajib Pakai Batik (C)Facebook
PNS Wajib Pakai Batik

Alex juga mengatakan bahwa banyak PNS di Palembang yang mengambil kerja sampingan sebagai pedagang batu. Menurutnya, ini adalah trend positif karena menciptakan lebih banyak lapangan kerja. Oleh karena itu hal tersebut harus didukung.

Ternyata tidak hanya PNS Sumsel, PNS Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah juga diwajibkan untuk memakai akik. Bupati Purbalingga, Sukento mengatakan bahwa Purbalingga memiliki potensi batu alam yang belum tergali. Jika PNS Purbalingga ada sebanyak 10.000 orang, maka diharapkan akan ada 10.000 batu akik yang diproduksi dan dipasarkan.

PNS Jateng (C)Tribun Jateng
PNS Jateng (C)Tribun Jateng

Hanya saja, pemerintahan Kabupaten Purbalingga belum memberikan sanksi bagi mereka yang tidak memakai akik. Sementara, para PNS di Sumsel yang tidak memakai akik diberi saksi sosial berupa dijauhkan dari pergaulan. “Kalau tidak memakai batu akik, bagi PNS akan kena sanksi. Yang tidak pakai batu akik akan dikucilkan dari pergaulan. Namun ini hanya sekedar himbauan saja,” kata Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan.

Bagaimana menurut Anda? Apa peraturan ini masih logis? Bagaimana dengan mereka yang memang memilih untuk tidak memakai akik? Dan apakah demam akik ini akan membawa kita ke trend yang lebih ‘gila’ lagi? (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA