7 Planet Terburuk di Alam Semesta ini Akan Membuatmu Bersyukur Atas Terciptanya Bumi

oleh Rizal
07:00 AM on Dec 23, 2015

Bertahun- tahun NASA melakukan berbagai macam penelitian, hingga akhirnya perlahan namun pasti, banyak misteri tentang luar angkasa yang mulai terkuak. Selain misi menemukan planet-planet yang mirip Bumi, para peneliti juga melakukan kajian mendalam tentang karakteristik planet-planet tertentu.

Tak semua planet sempurna seperti Bumi. Sebagian besar justru menyajikan lingkungan mengerikan yang tak pernah terbayangkan. Mulai dari planet yang cuacanya sangat panas, sampai super dingin yang akan membekukan apa pun dalam sekejab.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Nah, berikut adalah deretan planet terburuk yang akan membuat kita bersyukur atas terciptanya Bumi ini.

1. Venus

Kembali ke awal abad 20an, banyak peneliti yang yakin jika Venus mungkin bisa jadi alternatif sebagai tempat tinggal. Terlebih karena jaraknya yang cukup dekat serta luas planetnya yang hampir seukuran Bumi. Namun, pendapat para peneliti ini pun dipatahkan karena pada kenyataannya Venus amatlah mematikan.

Awalnya dianggap bisa ditinggali, ternyata Venus justru super mematikan [Image Source]
Awalnya dianggap bisa ditinggali, ternyata Venus justru super mematikan [Image Source]
Hampir seluruh permukaan Venus dilapisi lava. Tak hanya itu, di sana juga punya terlalu banyak gunung berapi yang meletus dalam jangka waktu yang cukup berdekatan antara satu dan lainnya. Belum lagi awan yang berisi material sulfur asam yang beracun. Tak cukup dengan itu, dipastikan pula jika 96 persen atmosfir di sana adalah karbon dioksida.

2. Corot-7b

Planet ini merupakan salah satu yang mengorbit bintang bernama Corot Exo 7. Massanya lebih berat 5-10 kali dari Bumi serta punya ukuran yang juga lebih besar 1,7 kali dari planet kita. Suhu di planet ini sangat panas sekitar 1500 derajat celsius. Corot-7b juga dipastikan hanya memiliki gunung berapi saja di permukaannya.

Planet ini berevolusi hanya dalam waktu tak sampai sehari [Image Source]
Planet ini berevolusi hanya dalam waktu tak sampai sehari [Image Source]
Terornya tak sampai di sini, Corot-7b adalah planet yang tercatat paling dekat dengan bintangnya. Hanya butuh sekitar 20 jam untuk sekali revolusi. Bumi saja setidaknya butuh 365 hari. Jadi bisa dibayangkan panasnya seperti apa. Tak hanya itu, di Corot-7b dipercaya juga sering sekali turun hujan, bukan air melainkan batu-batu panas.

3. TrES-2b

TrES-2b berjarak sekitar 750 tahun cahaya dari Bumi dan menurut peneliti dikatakan sebagai planet tergelap di alam semesta. Planet ini sama sekali tak memancarkan cahaya layaknya benda langit yang lain. Diketahui, hal ini disebabkan karena hampir seluruh permukaannya adalah batu bara.

Meskipun gelap, planet ini justru sangat panas [Image Source]
Meskipun gelap, planet ini justru sangat panas [Image Source]
Meskipun gelap, namun planet ini kadang mengeluarkan cahaya-cahaya unik berwarna merah. Gelap bukan berarti dingin, TrES-2b ini juga diyakini memiliki suhu yang cukup panas di permukaannya. Sekitar 1.880 Fahrenheit atau 982 celcius. Manusia matang dengan sekejab.

4. WASP-12b

Planet ini jaraknya tak begitu jauh dari Bumi, yakni sekitar 1.110 tahun cahaya saja. Keunikan planet ini adalah jaraknya dengan bintang tempatnya berevolusi sangat dekat. Bahkan WASP-12b juga kadang menyentuh atmosfir mataharinya. Hal ini pun perlahan membentuk si planet berukuran Jupiter tersebut berbentuk lonjong seperti telur.

Apa jadinya jika kita tinggal di planet yang tiap waktu nyrempet langsung mataharinya? [Image Source]
Apa jadinya jika kita tinggal di planet yang tiap waktu nyrempet langsung mataharinya? [Image Source]
Sangat dekat dengan bintangnya, namun tak mudah hancur, membuat para peneliti pun berspekulasi. Salah satunya peneliti bernama James Lissauer yang yakin jika WASP-12b terbentuk dari sejumlah besar material berlian.

5. Kepler-16b

Apa jadinya jika kita punya dua matahari secara bersamaan? Tentu jadi pemandangan yang bagus karena saat sunset kita bisa melihat dua titik terang tenggelam bersamaan. Ya, hal tersebut memang bisa terjadi jika kita tinggal di Kepler-16b. Namun soal menyenangkannya nanti dulu, karena planet ini adalah salah satu yang terburuk di alam semesta.

Beginilah pemandangan terbenamnya matahari di Kepler-16b [Image Source]
Beginilah pemandangan terbenamnya matahari di Kepler-16b [Image Source]
Setiap 229 hari sekali Kepler-16b mengorbit dua bintang. Secara logika mungkin suhu di sana akan panas mematikan, namun faktanya ternyata lain. Ya, Kepler-16b justru sangat dingin hingga mencapai suhu -84 celcius di siang hari. Meskipun jaraknya hanya 200 tahun cahaya dari Bumi, namun Kepler-16b jelas akan mematikan bagi manusia.

6. Kepler-10b

Planet ini berjarak 560 tahun cahaya dari Bumi. Namun dari penampangnya saja terlihat jika Kepler-10b sama sekali tak layak untuk dijadikan tempat tinggal. Dan memang nyatanya demikian, bahkan planet ini bisa dianggap neraka di dunia nyata.

Tak ada apa pun di sini kecuali batu dan juga lava yang panasnya tak karuan [Image Source]
Tak ada apa pun di sini kecuali batu dan juga lava yang panasnya tak karuan [Image Source]
Alasannya, Kepler-10b memiliki suhu yang sangat panas. Bahkan hampir seluruh permukaannya dilapisi oleh lava yang sanggup melelehkan besi dalam hitungan menit. Tak hanya itu, Kepler-10b juga terlalu dekat dengan bintangnya. Ya, sama seperti Corot-7b, planet ini hanya butuh 20 jam saja untuk mengorbit mataharinya.

7. HD 189773b

Planet berjarak 63 tahun cahaya dari Bumi ini terlihat aman dan baik-baik saja. Apalagi warna birunya yang menyenangkan itu, sama seperti memandang planet kita dari luar angkasa. Namun, apakah HD 189773b bisa ditinggali? Sayangnya, tidak.

Terlihat nampak seperti Bumi, padahal planet ini sangat mematikan [Image Source]
Terlihat nampak seperti Bumi, padahal planet ini sangat mematikan [Image Source]
Faktanya, planet ini punya suhu yang sangat panas sekitar 996,8 celsius. Tak hanya itu, di HD 189773b juga sering sekali terjadi hujan kaca dengan kecepatan hampir 4 ribu mil per jam atau 6437 km/jam. Bisa habis tubuh kita kena sayat kaca-kaca dengan kecepatan setinggi ini.

Inilah deretan planet terburuk yang bisa ditemukan oleh peneliti. Daftar ini harusnya akan makin bertambah banyak karena para peneliti pasti mulai menemukan planet-planet baru. Luar angkasa sangat luas, pasti ada yang lebih gila dari 7 planet ini. Namun sebaliknya, mungkin juga ada planet Bumi lain yang lebih indah dan layak untuk ditinggali. Terlepas dari itu, menjadi hal yang patut untuk disyukuri karena kita terlahir di Bumi, bukan di Venus atau WASP 12-b.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA