Sudah Lelah dengan Konflik di Indonesia? Saatnya Pindah ke Kanada! Ini Caranya

oleh Adi Nugroho
11:00 AM on Nov 9, 2016

Tinggal di Indonesia itu… dibilang enak juga enggak terlalu enak. Dibilang susah juga masih banyak negara yang keadaannya lebih ngeri. Tapi, tinggal di Indonesia itu bisa membuat kita gampang tua gara-gara emosi loh. Kok bisa? Ya bisa, lha wong setiap hari berita di TV isinya itu-itu saja. Kalau enggak masalah Ahok, demo, penistaan agama, kopi bersianida hingga berita-berita hoax yang bikin persatuan dan kesatuan negeri ini kian bobrok.

Lama-lama tinggal di Indonesia itu bikin lelah. Bikin enggak betah dan rasanya pengin ke Mars bareng Matt Damon, tapi enggak mungkin juga. Mau ke Hongkong atau Taiwan, entar disangka mau jadi TKI. Mau ke Singapura, ah negeri itu banyak aturannya. Lalu ke mana dong? Hmm, kalau ke Kanada saja bagaimana? Belahan bumi Kanada masih banyak yang kosong kok. Justin Trudeau masih mau menerima kita si ‘imigran baper’ karena negerinya ribut terus.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Ehem, bercanda kok. Tapi kalau kamu memang benar ingin hidup ke Kanada dan menikmati kebinekaan di sana, berikut beberapa cara yang harus dilakukan.

 1. Cukup umur dan punya skill yang mumpuni

Kalau kamu ingin hijrah ke Kanada sana, pastikan terlebih dahulu kalau kamu sudah cukup umur. Kalau belum punya KTP ya ngurus sana ke Kantor Kependudukan. Kalau masih 14 tahunan atau masih alay-alaynya ya jangan, guys. Kasihan negeri maple itu lah kalau stock ‘lala yeye’ hijrah ke sana. Ya, enggak?

punya skill [image source]
punya skill [image source]
Selain sudah dewasa, kamu juga harus memiliki skill yang mumpuni. Kalau kamu cuma bisa share berita hoax atau mudah terprovokasi ya jangan. Maaf seribu maaf, baru daftar mungkin langsung ditolak. Pemerintah Kanada membuka jalur Express Entry yang akan memberikan nilai tambah bagi mereka yang punya keahlian khusus. Bagi Kanada, orang dengan keahlian khusus bisa membantu negeri itu untuk terus maju. Enggak malah dibuang dan ditangkap negeri lain.

2. Punya tempat tinggal tetap dan punya misi di sana

Sebelum menjadi warga negara Kanada yang sah dan mendapatkan segala fasilitasnya, kamu harus mendapatkan status ‘permanent resident’. Pemerintah Kanada biasanya memberi jangka waktu 6 tahun kepada mereka yang ingin tinggal. Kalau dalam jangka waktu ini, mereka bisa berkarya, enggak makan-tidur-makan-tidur, pemerintah Kanada akan memberikan kewarganegaannya.

Jadi residen dulu deh [image source]
Jadi residen dulu deh [image source]
Sebelum mendapatkan kewarganegaraan, pastikan terlebih dahulu misimu di Kanada. Kalau ke Kanada hanya untuk main dan move on dari negeri sendiri, ya pasti dipulangkan. Tapi, kalau ke sana punya misi hebat, misal melakukan riset, mengembangkan sektor tertentu, dll. Justrin Trudeau akan membuka negerinya lebar-lebar. Ingat, kalau mau ke Kanada tanyakan ini pada dirimu: “Kalau ke Kanada, gue mau ngapain, ya?”

3. Pastikan punya pekerjaan yang mapan dan bisa ngomong Inggris atau Prancis

Selama 6 tahun masa ‘tes’, kamu akan selalu diamati oleh pemerintah Kanada. Jika selama 6 tahun kamu enggak ngutang atau makan sehari sekali karena ngirit, kesempatan masuk ke negeri itu akan besar. Pemerintah Kanada tidak mau menerima warga baru kalau cuma pengangguran. Selama memiliki pekerjaan yang mapan, kesempatan hidup di sana sangat besar.

Kerja yang mapan [image source]
Kerja yang mapan [image source]
Sebelum tinggal di Kanada untuk selamanya, pastikan dahulu kemampuan Bahasa Inggris dan Prancis kamu baik. Kanada menggunakan dua bahasa itu sebagai bahasa resmi. Jadi, kalau kamu tidak bisa salah satu di antaranya ya jangan coba-coba. Semua dokumen dan aplikasi untuk tinggal di sana ditulis menggunakan bahasa di atas. Kalau tidak bisa bagaimana mau diterima?

4. Enggak terlibat kriminal dan tahu sejarah Kanada

Pada dasarnya, masuk ke Kanada itu tricky banget. Setelah melalui masa percobaan selama 6 tahun dengan menjadi residen. Kamu juga akan dites tentang hal-hal berbau Kanada. Kalau kamu pengin ke Kanada, pelajari semua sejarahnya. Pelajari banyak hal tentang negeri ini kalau pengin punya kesempatan yang besar. Kalau sejarah Indonesia saja enggak tahu apa-apa, ya bagaimana mau mempelajari sejarah negara lain. Hayo, siapa pahlawan yang menyobek bendera Belanda di Hotel Yamato?

Sejarah Kanada [image source]
Sejarah Kanada [image source]
Terakhir, kalau kamu pengin ke Kanada, pastikan jadi orang baik-baik. Jangan sesekali punya catatan kriminal. Tukang jambret, copet, maling, tukang nyimeng, nyabu, dsb. jangan coba-coba datang. Pasti ditolak. Wong di negara sendiri saja nyaris digebukin massa loh.

Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan kalau pengin ke Kanada. Bagaimana? Mudah atau susah?

Oh ya, ngomong-ngomong, sehebat-hebatnya atau seenak-enaknya negara lain, masih enakan negeri sendiri loh sebenarnya. Indonesia yang konon gemah ripah loh jinawi ini adalah tempat asyik untuk tinggal. Banyak hal kita bisa temukan di sini meski ya begitu deh. Konflik di mana-mana, berita hoax kayak jamur di musim hujan. Banyak banget! Yuk, ah jaga negeri ini agar ayem tentrem. Enggak mau kan konflik-konflik panas yang terjadi di Suriah, Libia, dan Yaman terjadi di Indonesia?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA