7 Pimpinan Besar Dunia yang Memiliki Kekayaan Luar Biasa

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Nov 7, 2015

Menjadi seorang pemimpin bukanlah pekerjaan yang mudah. Mereka harus mengorbankan banyak hal termasuk waktu dan tenaga. Tujuan akhirnya adalah membuat rakyat menjadi makmur dan sejahtera. Di beberapa negara dunia, pemimpin bukanlah orang yang selalu kaya. Bahkan ada yang menjadi presiden miskin, Jose Mujica contohnya. Ia adalah Presiden dari Urugay yang tak memiliki apa-apa.

Meski demikian, di dunia ini menjadi pemimpin artinya menjadi kaya. Mengumpulkan banyak sekali pundi uang pun masih bonus kekuasaan. Berikut tujuh pemimpin besar dunia dengan kekayaan yang luar biasa.

Baca Juga
Inilah Fakta Di Balik Banyaknya Nama ‘Nguyen’ yang Melekat Pada Pemain Timnas Vietnam
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota

1. Vladimir Putin, Presiden Rusia – $ 70 Miliar

Vladimir Putin, presiden Rusia ini dikenal sebagai presiden yang sangat kaya raya. Ia memiliki banyak sekali uang hingga total mencapai $ 70 Miliar. Kekayaan ini berasal dari industri minyak, gas, dan beberapa usaha lain yang berada di bawah kekuasaan Putin.

Vladimir Putin, Presiden Rusia [image source]
Vladimir Putin, Presiden Rusia [image source]
By the way, tahukah anda berapa bayaran menjadi Presiden di Rusia? Jawabannya adalah sekitar $ 175 ribu. Artinya dari mana saja uang yang diperoleh oleh Putin hingga sebanyak itu? Tidak ada yang tahu. Atau mungkin tidak ada yang berani mengusutnya di Rusia.

2. Bumibol Adulyadej, Raja Thailand – $ 30 Miliar

Bumibol Adulyadej adalah seorang raja paling kaya di dunia. Ia memiliki kekayaan sebesar $ 30 miliar. Jumlah ini melebihi jumlah yang dipunyai pengusaha minyak di seluruh Timur Tengah. Itulah mengapa setiap hal yang dilakukan oleh Bumibol, pasar dunia selalu terkena imbasnya.

Bumibol Adulyadej, Raja Thailand [image source]
Bumibol Adulyadej, Raja Thailand [image source]
Bumibola adalah raja yang sangat terpelajar. Ia lulus sekolah dari Swiss dan saat ini menjalankan banyak bisnis di Thailand. Real estate yang dimiliki tak terhitung lagi jumlahnya. Tak mengherankan jika masyarakat Thailand sangat mencintai rajanya ini. Ia adalah figur yang kaya tapi sangat mencintai rakyatnya.

3. Khalifa bin Nayed al-Nahyan, Presiden Uni Emirat Arab – $ 23 Miliar

Khalifa bin Nayed al-Nahyan adalah presiden dari Uni Emirat Arab. Ia kaya raya karena bisnis minyak yang telah menjadi ciri khas orang Timur Tengah. Namun kekayaan yang dimiliki oleh al-Nahyan tak berhenti di situ saja. Ia juga seorang investor yang sangat unggul di dunia.

Khalifa bin Nayed al-Nahyan, Presiden Uni Emirat Arab [image source]
Khalifa bin Nayed al-Nahyan, Presiden Uni Emirat Arab [image source]
Banyak sekali proyek besar yang dimiliki oleh presiden ini. Total kekayaan yang didapat jika dikumpulkan mencapai $ 23 miliar. Sebuah jumlah yang sangat banyak. Coba bayangkan jika anda memiliki uang sebanyak ini. Mau dihabiskan untuk apa?

4. Hassanal Bolkiah, Sultan Brunei – $ 20 Miliar

Hassanal Bolkiah adalah Sultan yang memerintah Brunei saat ini. Ia memiliki kekayaan yang jumlahnya sangat banyak. Semuanya berasal dari industri minyak yang ada di daerah Brunei. Salah satu bukti dari kekayaan sultan ini adalah mobil. Ia memiliki sekitar 7.000 mobil mewah yang barangkali tak dipakainya setiap hari.

Hassanal Bolkiah, Sultan Brunei [image source]
Hassanal Bolkiah, Sultan Brunei [image source]
Mobil-mobil itu dibelinya dengan uang miliknya yang melimpah. Hassanal Bolkiah memiliki kebiasaan buruk yang susah disembuhkan. Yaitu ia tak bisa menahan nafsunya untuk membeli banyak benda mewah untuk menghiasi istananya yang juga super mewah. Luar biasa!

5. Jose Eduardo dos Santos, Presiden Angola – $ 20 Miliar

Jose Eduardo dos Santos awalnya merupakan anak muda dari tentara pembebasan. Saat itu Angola berjuang melawan penjajah dari Portugis. Dengan kekuatan yang besar akhirnya Angola bisa terbebas dari penjajahan dan akhirnya merdeka. Saat itu Jose dipilih menjadi presiden untuk menjadi pemimpin yang diharapkan.

Jose Eduardo dos Santos, Presiden Angola [image source]
Jose Eduardo dos Santos, Presiden Angola [image source]
Dengan menjadi seorang pemimpin negara, Jose mendapatkan banyak uang. Ia memperoleh total hingga $ 20 miliar. Jumlah itu sebagian besar berasal dari tambah minyak, dan beberapa bisnis lain terkait tambang. Usahanya membuat Angola merdeka ternyata tak sia-sia.

6. Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, Amir Tertinggi Dubai – $ 18 Miliar

Timur Tengah memang selalu dikenal sebagai negara konflik. Entah itu konflik akibat agama, atau perebutan kekuasaan minyak. Selain itu Timur Tengah juga dikenal sebagai daerah super mewah dengan banyak orang kaya yang berseliweran. Salah satunya adalah Sheikh Mohammed. Ia adalah Amir besar di Dubai yang memiliki kekayaan mencapai $ 18 miliar.

Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, Amir Tertinggi Dubai [image source]
Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum, Amir Tertinggi Dubai [image source]
Jumlah sebanyak itu tentu berasal dari industri minyak, emas hitam yang selalu dibutuhkan semua orang. Selain itu Sheikh Mohammed juga mempunyai banyak real estate di seluruh Dubai. Kekayaannya ini diperkirakan akan terus meningkat mengingat Dubai mulai jadi incaran pebisnis dunia untuk menempatkan investasinya.

7. Kim Jong-un, Pemimpin Korea Utara – $ 5 Miliar

The last but not least, Kim Jong-un. Pimpinan atau kita bisa menyebutnya dengan diktator Korea Utara ini adalah pimpinan kaya di Asia. Ia memiliki uang sebanyak $ 5 miliar yang entah berasal dari mana. Yang jelas, Kim Jong-un bisa membeli apa saja yang ia mau setiap hari dan selalu ada uangnya.

 Kim Jong-un, Pemimpin Korea Utara [image source]
Kim Jong-un, Pemimpin Korea Utara [image source]
Kim Jong-un adalah figur yang dikenal sangat keras. Ia berhak melakukan apa saja hingga tak ada bawahannya yang menolak. Jadi uang sebanyak $ 5 miliar tadi bisa jadi semakin bertambah. Alasannya adalah semua hal yang ada di Korea Utara seperti miliknya sendiri.

Bagaimana dengan presiden Amerika dan Indonesia, tidakkah mereka sekaya mereka? Jawabannya adalah tidak. Negara kita atau pun Amerika bukan negara penghasil minyak terbesar seperti kebanyakan orang di atas. Selain itu, kebanyakan uang tapi gaji tak seberapa juga bisa menimbulkan dugaan adanya dugaan korupsi. Semoga pemimpin kita yang sekarang terhindar dari korupsi dan kawan-kawannya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA