5 Pidato Paling Fenomenal Presiden Indonesia yang Berdampak Sangat Besar Bagi Negara

oleh Rizal
07:00 AM on Feb 22, 2016

Seperti ungkapan populer yang sering kita dengar, kata-kata bisa lebih tajam daripada pedang. Ketika kata-kata dipakai dengan pas, ia bisa menghujam dengan tepat pula dan memberikan dampak yang besar. Sebaliknya, lewat kata-kata pula seseorang bisa mendapatkan perlakuan yang buruk, bahkan bisa sampai binasa pula jika apa yang diucapkannya sudah tidak bisa ditolerir lagi.

Baca Juga : 8 Negara Ini Dipercaya Bakal Menguasai Dunia di Masa Depan

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Kata-kata juga bisa menjadi sejarah. Misalnya, pidato-pidato tokoh terkenal dunia yang sangat inspiratif, sehingga mampu menggerakkan banyak orang untuk membuat perubahan. Sejarah perjalanan bangsa kita juga dibentuk lewat kata-kata. Tepatnya oleh pidato-pidato para pembesar yang lewat kata-katanya itu akhirnya banyak hal besar terjadi.

Tidak ada sosok yang lebih berpengaruh bagi sebuah negara, selain presidennya. Maka secara tidak langsung, ucapan seseorang yang berkedudukan tinggi seperti ini juga bisa membawa perubahan besar. Dan berikut adalah dereta pidato paling fenomenal yang pernah dilontarkan oleh sosok-sosok memimpin Indonesia.

1. Pidato Soekarno Tantang Malaysia

Ada banyak pidato Bung Karno yang sangat menggemparkan. Misalnya saja ketika beliau menyemangati para pemuda, sampai yang paling kontroversial seperti menyinggung Soeharto mengenai Supersemar. Hampir semuanya fenomenal, tapi tidak ada yang paling berpengaruh kecuali pidato beliau soal Malaysia. Saking populernya pidato ini, jargon “Ganyang Malaysia” masih terus dipakai hingga sekarang.

Pidato ini seringkali dianggap aksi Indonesia atas kelakuan Malaysia yang bikin gregetan. Misalnya penghinaan mereka terhadap presiden dan juga lambang negara kita. Pidato ini sudah ada sejak beberapa dekade lalu, tapi ketika mendengarnya entah kenapa masih ada rasa bergetar ingin berjuang rasanya. Inilah hebatnya kata-kata seorang Putra Fajar.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA