in

4 Pidato Bung Karno Yang Membangkitkan Rasa Nasionalisme

3. Pidato Pembebasan Irian Barat

Bukan hanya saat kalimantan terancam dirong-rong oleh penjajah Inggris yang bertopeng Malaysia. Saat Provinsi paling timur Indonesia, Papua diserang oleh Belanda yang tak mengakui kemerdekaan Indonesia dan masih berhasrat untuk menjajah, Soekarno juga tak tinggal diam.

Pidato Soekarno
Pidato Soekarno [image source]
Ia kecewa pada PBB saat itu, yang tidak segera menyelasikan konflik pembebasan Irian Barat. Karena tak mau Tanah Airnya kembali dikuasai Belanda, Seokarno yang saat itu sudah menjabat sebagai Presiden Indonesdia, mengumumkan pidato yang berisi Tri Komando Rakyat (Trikora). Sebagian pidatonya berbunyi seperti berikut ini ” Nah, apa komando saya? Dengarkan saudara-saudara! Komando saya dengan tegas ialah: gagalkan, hai seluruh rakyat Indonesia, gagalkan pendirian Negara Papua itu! Apa komando saya lagi? Hei seluruh rakyat Indonesia, kibarkan bendera Sang Saka Merah Putih di Irian Barat itu! … Siap sedialah, akan datang mobilisasi umum! Mobilisasi umum yang mengenai seluruh rakyat Indonesia untuk membebaskan Irian Barat sama sekali daripada cengkeraman imperialisme Belanda. Saudara-saudara, inilah bunyi komando saya. Jalankan komando saya ini!”

Pidato tersebut disampaikan saat hujan deras di hadapan para sersan mayor taruna dari Akademi Militer Nasional (AMN) Magelang dan Bandung yang baru akan dilantik. Terdiri atas 38 korps infanteri, 51 korps kavaleri, 59 korps artileri, 144 korps zeni. Termasuk Letda Inf ZA Maulani, Letda Kav TB Silalahi, Letda Art Suryatna Subrata, Letda Czi Piere Tendean

Written by Febri

Leave a Reply

Hungry Ghost Festival

6 Ritual Kematian Dari Berbagai Dunia Yang Hingga Kini Masih Dipercaya

4 Wanita yang Menyulut Kehancuran Imperium Dunia