Canggihnya Petugas Kebersihan Jepang, Bersihkan Kereta Hanya Dalam 7 Menit

oleh titi
09:53 AM on May 23, 2015

Jepang adalah negara yang terkenal disiplin. Baik dalam segi waktu, maupun merawat sarana umum yang ada. Oleh karena mind set inilah, Jepang mampu menjadi negara maju dan berkembang yang mampu memaksimalkan aset-asetnya.

Liburan ke Jepang kurang lengkap jika belum menaiki kereta Shinkansen. Kereta yang mempunyai kecepatan mencapai 270 km/jam ini menjadi sarana utama untuk angkutan antar kota di Jepang dan patut Anda coba. Selain pengalaman seru menaiki kereta api tercepat di Jepang, kebersihan kereta juga terjamin.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Namun bagaimana para petugas kebersihan membersihkan seluruh gerbong kereta? Mengingat waktu adalah hal yang penting dalam transportasi ini, mari kita simak fakta unik dari sistem perawatan dan kebersihan Shinkansen di Jepang.

1. Hanya Butuh Beberapa Orang

Ajaib, para pekerja kebersihan Shinkansen ini mampu membersihkan seluruh gerbong kereta hanya dengan waktu 7 menit. Dan orang yang membersihkanpun tidak banyak, hanya beberapa orang saja.

Kereta Shinkansen Tercepat di Jepang
Kereta Shinkansen Tercepat di Jepang [imagesource]
Sejak kereta tiba di stasiun, para petugas ini sudah stand by dengan sangat teratur. Sebelum kereta berhenti, para pembersih sudah bersiap di samping rel dengan membawa kantong sampah. Setelah itu seorang pemandu akan memberikan aba-aba untuk masuk ke dalam gerbong.

2. Hanya Dalam 7 Menit (Dan Bersih)

Selain memiliki kecepatan tinggi, hasil kerja merekapun cukup maksimal. Petugas kebersihan ini membersihkan gerbong dengan cara mengelap seluruh permukaan, mengganti sarung jok yang kotor. Di bawah ini adalah video ajaib pembersih gerbong kereta Shinkansen.

Selama di dalam kereta bukan hanya mengambil sampah saja, namun membersihkan kursi dari debu, mengelap kaca, sampai menyapu juga dilakukan dalam waktu 7 menit.

3. Apa Rahasianya Membersihkan Secepat Itu?

Selain sudah ditraining untuk membersihkan dengan cepat, ada rahasia lain yang membuat pekerjaan mereka lebih mudah. Sistem kursi di kereta bisa diatur dengan sistem yang canggih.

Persiapan menunggu kereta berhenti
Persiapan menunggu kereta berhenti [imagesource]
Di dalam proses pembersihan, ada bagian favorit yaitu ketika semua kursi berbalik hanya dengan satu tombol rahasia. Kursi akan menghadap sesuai dengan tujuan kereta berikutnya. Hal ini juga bermanfaat sekali bagi petugas kebersihan yang melaksanakan tugasnya.

4. SDM Petugas Kebersihan Rata-Rata Tidak Muda Lagi

Hal unik lainnya adalah, bila kita bertemu dengan petugas kebersihan kereta ini, mereka kebanyakan sudah berumur dan tidak muda lagi. Sungguh keren mengetahui fakta bahwa mereka tetap bisa bekerja dengan lincah dan hasilnya pun maksimal.

Sopan Terhadap Penumpang
Sopan Terhadap Penumpang [imagesource]
Bukan hanya itu, banyak pengguna kereta yang terkagum-kagum dengan kesopanan para pekerja. Ketika selesai membersihkan, seluruh pekerja akan berbaris menghadap penumpang lalu membungkuk bersama dan meminta maaf karena menunggu terlalu lama.

Wah, bisa dibayangkan jika kereta di Indonesia memiliki pembersih kereta seperti di Jepang. Tentu perjalanan akan terasa sangat menyenangkan dan nyaman. Semoga inspirasi ini juga bisa membuat kita yang biasanya tinggal duduk manis di kereta, juga lebih menghargai sarana umum yang kita nikmati.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA