Mengenal Quinjet, Pesawat Canggih Marvel yang Dipercaya Bakal Tercipta di Masa Depan

oleh Rizal
13:04 PM on Jun 30, 2016

Lantaran tak semua superhero Marvel punya ability untuk terbang, maka mereka tetap butuh moda transportasi untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Nah, berbicara soal transportasi superhero ini, yang paling ikonik tentu adalah Quinjet. Ya, pesawat dengan bentuk dan kemampuan sangar ini jadi andalan Captain Amerika dkk dalam menumpas kejahatan.

Masih tentang Quinjet, kamu yang jadi penggemar Marvel pasti suka dengan pesawat ini. Tak hanya memiliki bentuk yang benar-benar futuristik, ia pun mempunyai kemampuan sangar. Namun, karena ini hanya ada di dalam film, maka tentu saja Quinjet hanya sebatas imajinasi. Tapi, beberapa ahli aviasi mengatakan kalau di masa depan nanti pesawat ini mungkin saja akan benar-benar tercipta. Bahkan dengan kemampuan melebihi apa yang bisa disuguhkan oleh Marvel.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Lalu, bagaimana jika seandainya Quinjet benar-benar tercipta? Yang jelas ia akan sangat berguna bagi militer. Apalagi jika punya kemampuan gila layaknya versi Marvel seperti ulasan berikut.

Quinjet Mampu Terbang Dengan Kecepatan Supersonic

Bentuk Quinjet yang seperti burung sebenarnya sudah merepresentasikan kemampuan apa yang bisa dilakukannya. Ya, tentu saja terbang dengan cepat. Dalam beberapa film Marvel, kita memang ditunjukkan kalau pesawat unik ini bisa melesat dengan cepat.

Kemampuan terbang Quinjet hebat [Image Source]
Kemampuan terbang Quinjet hebat [Image Source]
Kalau dari data yang ada, Quinjet sendiri mampu terbang sampai kecepatan 2,1 mach yang kalau dikonversikan dalam kilometer nilainya berkisar antara 1000 sampai 2000 km/jam. Kalau di dunia nyata, kecepatan macam ini sudah bisa dibuat. Bahkan manusia sudah mencapai level high hypersonic yang dibuktikan oleh NASA lewat pesawatnya yang bernama X-43.

Besutan Lima Mesin Turbojet dan dua Van Besar

Karena Quinjet hanyalah imajinasi, maka cukup masuk akal kalau hampir tak ada data yang sangat detail tentang spesifikasi. Namun, dari ulasan-ulasan yang tersebar di Internet, kita bisa menyimpulkan dua hal soal dapur pacu pesawat ini. Ya, Quinjet dibekali dengan lima buah mesin turbojet serta dua mesin van besar.

Mesin turbojet dan Van Quinjet [Image Source]
Mesin turbojet dan Van Quinjet [Image Source]
Lima buah mesin turbojet ini jelas banyak berperan untuk kecepatan. Sedangkan dua mesin Van yang ada di bagian tengah lebih condong untuk fungsi stabilizer. Tak hanya itu, mesin Van-nya sendiri berguna untuk membuat Quinjet bisa melakukan take off secara vertikal. Jadi, tak butuh jarak dan space panjang untuk terbang, Quinjet bisa mengudara langsung dari tempatnya berada.

Bentuk Sangarnya Membuat Pesawat ini Elegan dan Sangar

Tak cuma mesin, bentuk pesawat sendiri juga bisa dimasukkan dalam daftar kelebihan. Nah, soal kemasan, Quinjet bisa dibilang sangar. Mengambil konsep dari desain burung, bentuk ini memang sangat mendukung Quinjet melakukan banyak hal. Entah kecepatan atau manuver cantik.

Bentuk Quinjet sangar [Image Source]
Bentuk Quinjet sangar [Image Source]
Meskipun secara visual sangat memuaskan, tapi banyak orang yang menganggap bentuk ini sangatlah tidak aerodinamis. Jadi, kalau benar-benar dibuat versi aslinya dengan bentuk yang sama, Quinjet sungguhan justru susah untuk terbang. Beberapa komposisi dari badannya dianggap tak proporsional. Mulai dari bentuk sayap serta kabin-kabin di bagian tengah yang terlalu besar. Tapi, ini hanya teori semata, bukan berarti Quinjet yang bentuknya seperti ini bakal susah terbang betulan jika benar-benar diciptakan.

Machine Guna dan Missile Jadi Senjata Andalan

Kalau dilihat dari konsepnya, yakni bentuk dan juga spesifikasi mesin, Quinjet ini ibarat gabungan antara helikopter Apache dan Jet F-22. Keunggulan kedua alutsista ini digabungkan dan akhirnya terciptalah Quinjet. Tak hanya bentuk dan mesin, bukti kalau lain pesawat ini hasil kombinasi konsep, adalah dengan melihat persenjataan yang dimilikinya.

Machine gun Quinjet [Image Source]
Machine gun Quinjet [Image Source]
Ya, dalam film-film Marvel Quinjet ditunjukkan memiliki sebuah machine gun besar yang terletak di bawah kabin kokpit. Pesawat jet tentu jarang memiliki yang seperti ini karena lajunya terlalu cepat dan pasti memengaruhi bidikan. Tapi, Quinjet sendiri bisa terbang melayang dengan sangat stabil seperti helikopter, makanya senjata ini bisa dimasukkan. Tak cuma machine gun, Quinjet juga memiliki missile sebagai senjata penghancurnya yang lain. Letaknya sendiri ada di bagian bawah sayap dan bisa langsung dilontarkan dalam jumlah massal sekaligus.

Quinjet Bisa Melesat Sampai ke Luar Angkasa

Masih ada satu lagi kemampuan Quinjet yang bisa dibilang sangat keren. Ya, ia ternyata juga mampu untuk dipakai sebagai pesawat luar angkasa. Yang satu ini mungkin belum pernah ada di film, tapi di versi komik dikatakan kalau para Avenger menggunakan Quinjet yang telah dimodifikasi untuk misi di luar angkasa.

Quinjet bisa digunakan di luar angkasa [Image Source]
Quinjet bisa digunakan di luar angkasa [Image Source]
Entah, untuk yang satu ini mungkin agak susah untuk diwujudkan di dunia nyata. Tapi, bukan berarti tidak mungkin karena para peneliti menduga kalau kita saat ini tengah memasuki masa di mana perjalanan luar angkasa mulai digalakkan. Tak menutup kemungkinan jika nantinya memang benar-benar diciptakan Quinjet versi dunia nyata yang bisa membawa pengendaranya ke luar angkasa.

Quinjet sendiri memang secara khusus mendapatkan apresiasi karena kematangan konsep. Makanya, kemudian banyak orang yang berkeyakinan jika pesawat ini bakal benar-benar tercipta nantinya. Kira-kira kapankah hal tersebut akan muncul? Tentu masih jadi misteri. Tapi, mungkin saja dalam waktu dekat mengingat manusia saat ini hampir memiliki semua teknologi yang ada di dalam Quinjet.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA