5 Pesawat Perang Paling Mematikan Milik Rusia yang Bikin Amerika Serikat Segan Macam-Macam

oleh Rizal
07:14 AM on Feb 15, 2016

Tidak ada rivalitas antara dua negara yang paling gila selain Amerika versus Rusia. Korut dan Korsel mungkin saling benci, namun persaingan keduanya tidak pernah seheboh AS dan Rusia. Dimulai sejak sebelum Perang Dingin, keduanya sudah saling unjuk kebolehan. Mulai dari nuklir, bidang keantariksaan dan juga alutsista.

Baca Juga : 5 Pasukan Asing yang Pernah Berhadapan dengan TNI

Baca Juga
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi
10 Atlet SEA Games 2017 Asal Indonesia Ini Nggak Cuma Bikin Bangga, tapi juga Cantik Jelita

Belakangan, keduanya mungkin terkesan diam dan tidak banyak menunjukkan persaingan. Namun, di balik itu sebenarnya rivalitas keduanya masih tetap ada. Salah satu buktinya lewat deretan persenjataan militer. Keduanya tetap berlomba menunjukkan kepada dunia siapa yang terbaik.

Amerika mungkin unggul di Perang Dingin dulu. Tapi, seumpama terjadi lagi perang di antara keduanya, maka Rusia punya peluang besar untuk menang. Terlebih karena adanya 5 pesawat tempur mematikan ini.

1. Sukhoi Su-27

Su-27 adalah jawaban Soviet akan sombongnya AS ketika merasa jumawa dengan keberadaan jet tempur ternama mereka F-16. Su-27 diciptakan sebagai kompetitor dan memang berhasil mengalahkan pesawat buatan Amerika itu. Misalnya dari segi kecepatan, Su-27 menang dengan mencapai rekor 2.525 km/jam sedangkan F-16 hanya mampu mencatatkan angka 2.200 km/jam.

Su-27 punya kecepatan gila dan mengalahkan F-16 dengan telak [Image Source]
Su-27 punya kecepatan gila dan mengalahkan F-16 dengan telak [Image Source]
Soal persenjataan, pesawat yang juga dimiliki Indonesia ini juga dikenal mampu memboyong beberapa misil. Misalnya adalah R-27R1 yang dikenal punya daya ledak lumayan besar. Melihat kesuksesannya mengalahkan F-16, pesawat ini pun akhirnya banyak dipesan. Misalnya India dan Tiongkok yang kemudian juga mengembangkan sendiri pesawat tempurnya dengan memakai basis Su-27.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA