in

5 Pesawat Dengan Desain Paling Konyol di Perang Dunia II, Tak Ada Kesan Horornya Sama Sekali!

2. General Aircraft G.A.L. 38 Fleet Shadower

Pesawat di era kekinian mampu melakukan apa pun, baik menyerang maupun untuk membawa beban. Tapi dulu khususnya di masa Perang Dunia II, pesawat dibagi-bagi jenis tergantung dari fungsinya. Ada pesawat khusus untuk menyerang, bahkan yang fungsinya cuma mengintai saja. Inggris adalah salah satu negara yang menerapkan hal-hal seperti ini dalam angkatan udaranya.

Pesawat unik ini hilang fungsinya ketika radar sudah ditemukan [Image Source]
Pesawat unik ini hilang fungsinya ketika radar sudah ditemukan [Image Source]
Berbicara tentang pesawat pengintai, Inggris pernah membuatnya dengan nama yang super panjang dan susah dihafal, General Aircraft G.A.L. 38 Fleet Shadower. Seperti namanya, pesawat ini benar-benar hanya digunakan untuk mengintai saja. Alasan Inggris sampai membuat pesawat ini gara-gara kapal selam milik Jerman bernama Kreigsmarine yang sangat susah dideteksi dan sudah menyebabkan banyak kerugian.

Sayangnya, tak lama setelah diciptakan, pesawat ini tidak lagi digunakan. Pasalnya, sudah ditemukan teknologi radar yang mampu mendeteksi obyek. Ya, proyek ini akhirnya hanya dianggap buang-buang uang saja mengingat peran si pesawat pengintai ini sudah digantikan dengan alat kecil yang bahkan lebih fungsional.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

7 Hewan yang Sering Jadi Pertanda Adanya Hantu dan Datangnya Kematian!

7 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Umat Manusia Ingin Hidup di Mars!