7 Kasus Hilangnya Pesawat Terbang yang Tak Terlacak Hingga Sekarang

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Oct 14, 2015

Banyak yang mengatakan jika berada di dalam pesawat terbang artinya kita memiliki kemungkinan hidup dan mati 50:50. Alasannya adalah karena di dalam pesawat kita tak bisa melakukan apa-apa, jika terjadi kecelakaan juga kita susah. Dalam beberapa kasus, pesawat-pesawat ini justru hilang, tanpa ada jejak, dan semua korban lenyap.

Di dunia ini banyak sekali pesawat yang mendadak dinyatakan hilang dan tak pernah ditemukan lagi. Beberapa teori mengatakan jika pesawat ini diserang teroris, disembunyikan, hingga paling parah dibawa UFO. Entah mana yang benar, yang jelas sampai sekarang mereka tak ditemukan.

Baca Juga
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga

Berikut 7 kasus hilangnya pesawat yang masih sangat misterius sampai detik ini!

1. MH370

Kasus hilangnya MH370 menjadi duka yang sangat mendalam bagi banyak orang di dunia. Banyak yang mengatakan jika pesawat ini diserang oleh teroris. Ada juga teori konspirasi jika pesawat yang terbang dari Malaysia ini dibawa oleh Korea Utara.

MH370 [image source]
MH370 [image source]
Namun dugaan-dugaan ini tak bisa dibuktikan. Bahkan kemarin, ada orang di Filipina yang katanya menemukan reruntuhan pesawat lengkap dengan tulang-tulangnya. Ada bendera Malaysia di sana hingga dugaan mengarah ke MH370. Namun setelah diselidiki, perkataan penduduk itu hoax atau palsu.

2. Northwest Aitlines Flight 2501

Pesawat ini terbang dari Chicago, Amerika untuk mengantar 58 penumpang. Ketika berada di atas Danau Michigan, pilot menghubungi pusat kendali untuk terbang lebih tinggi. Saat itu terjadi badai yang cukup besar hingga pesawat butuh menepi.

Northwest Aitlines Flight 2501 [image source]
Northwest Aitlines Flight 2501 [image source]
Dalam beberapa saat pesawat mendadak hilang dari kontak. Bahkan saat dicari tak ditemukan bekas pesawat. Namun beberapa orang penumpang ditemukan mengapung di atas danau. Sejak saat itu hingga sekarang, pesawat tak ditemukan lagi.

3. Flight 19

Flight 19 adalah sebuah pesawat tempur yang biasanya digunakan latihan. Pada tanggal 5 Desember 1945, pesawat ini ditemukan hilang di area segitiga bermuda. Tak hanya satu pesawat saja, ada lima pesawat dengan jenis yang sama yang hilang di saat yang sama pula.

Flight 19 [image source]
Flight 19 [image source]
Pihak militer Amerika melakukan investigasi mengenai kasus ini. Namun mereka tak menemukan apa-apa hingga sekarang. Bahkan puing-puing bangkai pesawat pun tak juga ditemukan. Sejak saat itu wilayah bermuda dianggap berbahaya dan menyimpan UFO. Mereka suka membawa pesawat hingga hilang tanpa jejak.

4. Norseman C-64 Aircraft

Pesawat Norseman C-64 hilang pada akhir tahun 1944. Saat hilang, pesawat itu mengangkut seorang pimpinan Band besar kala itu bernama Glenn Miller. Pria malang ini harusnya terbang dari Inggris ke Prancis untuk melakukan pertunjukan. Tapi di tengah jalan pesawatnya hilang dan tidak ditemukan lagi hingga sekarang.

Norseman C-64 Aircraft [image source]
Norseman C-64 Aircraft [image source]
Beberapa teori menyebutkan jika pesawat ini dibajak dan semua orang di dalamnya dibunuh oleh pasukan Jerman. Teori lain menyebutkan jika mereka dibunuh setelah sampai Paris. Tapi teori ini tak bisa dibuktikan dengan baik. Norseman C-64 masih menjadi misteri yang besar hingga sekarang!

5. Flying Tiger Line Flight 739

Flying Tiger Line Flight 739 adalah sebuah kapal pengangkut pasukan yang dimiliki oleh militer Amerika. Pada tahun 1962 saat terjadi perang dingin, sebanyak 96 tentara diangkut dari Amerika menuju Saigon, Vietnam. Namun nahas, pesawat ini justru hilang tak ditemukan lagi hingga sekarang.

Flying Tiger Line Flight 739 [image source]
Flying Tiger Line Flight 739 [image source]
Sebelum dinyatakan hilang, pesawat ini sempat singgah di Guam untuk pengisian bahan bakar. Lalu rencananya akan singgah lagi di Filipina dan melaju ke Vietnam. Namun 80 menit setelah lepas landas pesawat ini raib di Samudra Pasifik.

6. Star Tiger dan Star Ariel

Segitiga bermuda kembali berulah. Kali ini dua pesawat yang mengangkut banyak sekali penumpang. Kejadian pertama terjadi pada 1948. Sebuah pesawat bernama Santa Maria mendadak hilang. Dugaan pertama akibat cuaca buruk. Setahun berselang pada tahun 1949, pesawat bernama Star Ariel juga hilang. Alasannya juga cuaca buruk.

Star Tiger dan Star Ariel [image source]
Star Tiger dan Star Ariel [image source]
Namun yang sebenarnya terjadi berkebalikan. Cuaca sama sekali tidak sedang buruk. Bahkan cenderung cerah. Selain itu bahan bakar pesawat juga full dan tidak ada kerusakan sama sekali. Lantas ke mana perginya dua pesawat itu? Sementara puing pesawat dan korban tak pernah ditemukan.

7. The Rio-Bound 707 Cargo Plane

Pada tahun 1979 sebuah pesawat bernama The Rio-Bound 707 hilang setelah di udara selama 30 menit. Sebelumnya pesawat itu berada di bandara Narita, Tokyo, Jepang. Dalam pesawat terdapat banyak benda seni yang nilainya mencapai 1 juta dolar. Sebanyak 153 lukisan dari Manubu Mabe lenyap tak bersisa.

The Rio-Bound 707 Cargo Plane [image source]
The Rio-Bound 707 Cargo Plane [image source]
Banyak teori menyebutkan jika pesawat ini dibajak dan semua barang seninya dijual. Namun jika dibajak pesawatnya ada di mana. Paling tidak masih bisa terdeteksi dengan sonar. The Rio-Bound 707 tetap tak bisa ditemukan sampai sekarang.

Tujuh pesawat di atas tak ditemukan lagi hingga sekarang. Anda lebih percaya jika pesawat hancur berkeping-keping atau hilang dibawa oleh UFO? Well, apa pun itu, semoga ada kejelasan yang masuk akal mengenai tujuh kasus di atas!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA