10 Pesawat Udara Tercepat Sepanjang Masa!

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Oct 8, 2015

Kendaraan paling cepat di dunia sampai saat ini adalah pesawat udara. Itulah mengapa kita selalu menggunakan mode transportasi ini ketika melakukan perjalanan jauh. Di darat, alat transportasi paling cepat mungkin kereta Shinkansen di Jepang, selain itu belum ada alat pengangkut massal yang mengunggulinya.

By the way, anda tahu tidak berapa kecepatan pesawat yang anda naiki? Berapa, 500 km/jam atau lebih dari itu? Well, rata-rata pesawat komersil memiliki kecepatan sekitar 500-700 km/jam. Itulah mengapa jarak yang panjang bisa ditempuh dalam hitungan jam saja. Lalu bagaimana jika pesawat yang kita naiki pesawat jet? Kecepatannya mencapai berapa ya? Yuk, simak!

Baca Juga
Inilah 4 Bukti Pengorbanan Hebat Para Paskibraka Demi Mengibarkan Merah Putih
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri

1. X-15

Pesawat udara paling cepat di dunia adalah X-15 yang sebenarnya masih prototype. Kecepatan yang mampu dicapai pesawat ini tahun 1967 mencapai 7273 km/jam. Pesawat ini adalah proyek kerja sama Angkatan Udara Amerika dan NASA.

X-15 [image source]
X-15 [image source]
Saat meluncur, pesawat dibantu pelontar berupa B-52 boomber. Setelah di udara mesin baru menyala dan bisa dijalankan secara konvensional. Bisa dibayangkan betapa cepatnya pesawat super ini!

2. SR-71

Lockheed SR-71 sering disebut dengan Blackbird karena warnanya dominan hitam. Selain itu pesawat ini didesain memiliki kemampuan seperti burung yang melesat di udara. Blackbird memiliki kecepatan sekitar 3540 km/jam.

SR-71 [image source]
SR-71 [image source]
Kecepatan yang sangat hebat ini membuatnya digunakan sebagai pesawat pengintai. Pesawat ini digunakan pertama kali tahun 1964 dan baru dihentikan sekitar tahun 1999.

3. YF-12

Lockheed YF-12 adalah sebuah pesawat yang merupakan protoype. Dibuat oleh Angkatan Udara Amerika untuk pesawat pencegat. Kecepatan yang mampu dicapai oleh pesawat ini adalah 3.661 km/jam.

YF-12 [image source]
YF-12 [image source]
Namun sayang proyek ini akhirnya dihentikan. Alasan yang mendasarinya adalah mahalnya biaya. Serta banyaknya gangguan dari cuaca saat dilakukan uji coba. Akhirnya proyek ini diubah dan dibuatlah SR-71.

4. MIG-25

MIG-25 dikenal sebagai pesawat operasi paling menakutkan di dunia. Ia memiliki performa yang sangat baik untuk melakukan penyerangan. Selain itu pesawat yang dibuat tahun 1964 ini mampu bergerak dengan sangat cepat.

MIG-25 [image source]
MIG-25 [image source]
Dengan kecepatan yang mencapai 3400 km/jam membuat MIG-25 tetap bertahan hingga sekarang. Negara di dunia yang masih menggunakan pesawat operasi super cepat ini adalah Algeria, Azerbaijan, dan Suriah.

5. Bell X2

Bell X2 adalah sebuah pesawat uji coba yang digunakan pertama kali tahun 1955. Sebelum X2 ada sebuah pesawat pendahulu bernama X1 yang mampu menandingi kecepatan suara untuk pertama kalinya di dunia.

Bell X2 [image source]
Bell X2 [image source]
Pesawat Bell X2 memiliki kecepatan mencapai 3370 km/jam. Dari pengembangan pesawat ini, Amerika akhirnya mampu membuat pesawat lain yang memecahkan rekor dunia dari segi kemampuan dan kecepatan.

6. XB-70 Valkyrie

XB-70 Valkyrie adalah sebuah pesawat yang merupakan proyek fenomenal Amerika. Pertama kali dibuat tahun 1964 dan memiliki kecepatan mencapai 3.300 km/jam. Pesawat ini akhirnya gagal diproduksi karena banyak masalah yang susah diselesaikan.

XB-70 Valkyrie [image source]
XB-70 Valkyrie [image source]
Salah satu masalah mengapa pesawat ini gagal diproduksi adalah dana. Pihak Amerika tak menyangka dana yang harus dikeluarkan untuk membuat pesawat ini sangat besar. Di era modern, Amerika masih terus mengembangkan pesawat mirip XB-70 yang hebat dari segi ukuran dan kecepatan.

7. MIG-31

MIG-31 adalah pengembangan pesawat MIG-25. Meski kecepatannya menurun menjadi 3030 km/jam, pesawat ini telah dipasangi alat super canggih. Salah satunya adalah radar yang mampu mendeteksi pesawat musuh dengan radius 400 km.

MIG-31 [image source]
MIG-31 [image source]
Pesawat ini diproduksi secara massal sekitar tahun 1975 dan masih digunakan oleh beberapa negara di dunia. Salah satunya adalah Rusia yang dikenal memiliki kekuatan militer sangat hebat di dunia.

8. Tupolev Tu-144

Tupelov Tu-144 adalah pesawat supersonik yang dikembangkan oleh Uni Soviet. Pesawat ini adalah jenis ultrasonik yang memiliki kecepatan sangat tinggi. Tupolev digunakan mulai tahun 1975 hingga 1979.

Tupolev Tu-144 [image source]
Tupolev Tu-144 [image source]
Selama empat tahun digunakan pesawat ini akhirnya dihentikan karena masalah keamanan. Pesawat ini tak begitu bisa bekerja secara maksimal. Meski demikian, saat aktif pesawat ini mampu melaju dengan kecepatan mencapai 2878 km/jam.

9. F-15 Eagle

McDonnell Douglas F-15 sering disebut dengan Eagle. Pertama kali digunakan sekitar tahun 1972 dan mampu terbang hingga 2665 km/jam. Pesawat ini pernah menyandang sebagai salah satu pesawat tempur terbaik di dunia hingga Su-27 muncul.

F-15 Eagle [image source]
F-15 Eagle [image source]
F-15 adalah salah satu pesawat tempur andalan yang banyak dipakai di dunia. Beberapa negara yang memakai pesawat ini adalah  Amerika, Jepang, Israel, Korea Selatan, Singapura, dan terakhir Arab Saudi.

10. F-111 Aardvark

Pesawat General Dynamic F-11 atau lebih dikenal dengan Aardvark. Pesawat ini lebih dikenal dengan pesawat jet dengan kemampuan utama melempar bom. Pesawat ini banyak digunakan saat perang karena memiliki akurasi tinggi serta kecepatan yang di atas rata-rata.

F-111 Aardvark [image source]
F-111 Aardvark [image source]
Pesawat ini diluncurkan pertama kali sekitar tahun 1964 silam. Kecepatan maksimal yang mampu dicapai Aardvark adalah 2655km/jam. Angkatan Udara Amerika menggunakan pesawat hebat ini dari 1970-1990 untuk perang dan menjaga wilayahnya.

Well, itulah sepuluh pesawat paling cepat di dunia yang pernah di buat. Mereka tak hanya memiliki kekuatan tempur yang hebat, tapi juga kecepatan yang melebihi suara. Kira-kira Indonesia punya pesawat cepat ini enggak ya?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA