5 Pesawat Tempur Canggih Milik Indonesia ini Siap Menjadi Penguasa Dirgantara

oleh Adi Nugroho
13:30 PM on Feb 12, 2016

Beberapa hari lalu, sebuah pesawat latih tempur jenis Super Tucano jatuh ke rumah warga di Jalan LA Sucipto, Kota Malang. Akibat kejadian nahas ini, satu warga yang rumahnya tertimpa pesawat meninggal dunia. Selain itu pilot dan co-pilot juga meninggal dunia. Kejadian ini menjadi duka terdalam dalam dunia kedirgantaraan Indonesia.

Oh ya, pesawat yang jatuh di Malang adalah jenis pesawat tempur andalan di Indonesia. Selain jenis Tucano, pesawat-pesawat di bawah ini juga diandalkan untuk menguasai dan menjaga keamanan dirgantara di Indonesia. Berikut ulasan selengkapnya yang Boombastis rangkum untuk anda.

Baca Juga
Fakta Android Oreo, Sistem Operasi Terbaru Keluaran Google dengan 7 Fitur Super Canggih
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh

1. F-16 Fighting Falcon

Indonesia saat ini memiliki 36 F-16 Fighting Falcon yang terdiri dari 3 tipe. Pertama tipe F-16A Block 15 OCU dengan jumlah 8, selanjutnya ada F-16B Block 15 OCU berjumlah 4, dan terakhir F-16C/D Block 52ID berjumlah 24. Pesawat-pesawat F-16 yang dimiliki oleh Indonesia telah digunakan untuk melindungi NKRI sejak tahun 1989.

F-16 Fighting Falcon [image source]
F-16 Fighting Falcon [image source]

F-16 adalah sebuah pesawat supersonik yang mampu digunakan untuk bertempur. Kecepatannya yang sangat hebat membuat pesawat ini menjadi laris di pasaran dunia. Saat ini pesawat yang menjadi ujung tombak TNI AU ini telah dipakai di 25 negara di dunia termasuk Amerika yang menjadi produsennya.

2. Sukhoi Su-27

Indonesia memiliki pesawat Sukhoi Su-27 sebanyak 5 buah. Pesawat tempur yang digunakan sebagai pesawat pencegat ini dipergunakan pertama kali sejak tahun 2003. Sejak saat itu Sukhoi Su-27 sudah menjadi bagian penting dari sistem keamanan udara di Indonesia.

Sukhoi Su-27 [image source]
Sukhoi Su-27 [image source]
Pesawat ini didesain dengan sangat baik hingga sangat lincah di udara. Selain itu pesawat ini juga memiliki jangkauan yang jauh saat beroperasi. Persenjataan yang dimiliki oleh Sukhoi Su-27 sangatlah lengkap. Terdapat meriam GSh-30-1 30 mm yang berisi 150 peluru. Selanjutnya ada peluru kendali anti-radiasi X-31, peluru kendali udara ke darat X-29L/T, dan bom KAB-150. Saat ini Su-27 telah dipakai di 12 negara termasuk Amerika meski pesawat ini diproduksi Rusia.

3. Sukhoi Su-30

Sukhoi Su-30 adalah pengembangan kembali versi Su-27 yang telah banyak dipakai di dunia. Untuk versi Su-30 pihak pabrikan memberikan beberapa tambahan fitur tambahan hingga menjadikan Su-30 sangat hebat sebagai pesawat penyerang daratan. Saat ini Indonesia memiliki sekitar 11 Sukhoi Su-30 yang terdiri dari Su-30MK dan Su-30MK2.

Sukhoi Su-30 [image source]
Sukhoi Su-30 [image source]
Sukhoi Su-30 memiliki persenjataan yang sangat lengkap. Seperti pendahulunya pesawat ini juga memiliki meriam GSh-30-1 30 mm dengan 150 peluru. Selanjutnya bom aerial juga disematkan dengan tipe KAB 500KR dan OFAB-250-270. Oh ya, dikabarkan pesawat ini juga disematkan sebuah teknologi bom nuklir yang mengerikan.

4. BAE Hawk

BAE Hawk adalah sebuah pesawat latih tempur ringan yang dimiliki oleh Indonesia sebanyak 42 buah. Pesawat jenis Hawk yang ada di Indonesia terdiri dari Hawk 53, Hawk 109, dan Hawk 32. Meski merupakan pesawat tempur untuk latihan, pesawat ini memiliki fungsi utama sebagai pesawat penyerang.

Hawk 109 [image source]
Hawk 109 [image source]
Di Indonesia pesawat Hawk ini digunakan untuk latihan sebelum pilot diperkenankan menggunakan F-16. Pesawat Hawk mampu mengudara hingga jarak 2.520 km di udara dan ketinggian mencapai 13 km dari tanah. Untuk masalah persenjataan pesawat Hawk ini memiliki satu meriam ADEN dengan kaliber 30 mm dan beberapa bom yang memiliki berat mencapai 3.085 kg.

5. Lockheed C-130 Hercules

Lockheed C-130 Hercules adalah jenis pesawat yang tak bisa dipisahkan dari perang. Pesawat Hercules ini digunakan sebagai pesawat pengangkut pasukan, pengangkut senjata hingga pesawat evakuasi. Segala hal bisa dilakukan oleh pesawat Hercules termasuk menjadi ambulance dan mengangkut banyak orang cidera dari satu tempat ke tempat yang lain yang lebih aman.

Pesawat Hercules [image source]
Pesawat Hercules [image source]
Meski bukan merupakan pesawat yang dibuat untuk bertempur. Kehadiran pesawat Hercules ini menjadi penting saat perang. Tanpa pesawat ini mobilisasi pasukan tak akan berjalan dengan sangat lancar. Terlebih pesawat ini memiliki kecepatan hingga 540 km perjam dan jarak tempuh hingga 3.800 km. Saat ini inidonesia memiliki 36 pesawat Hercules dengan berbagai tipe dan kegunaan.

Inilah lima pesawat tempur hebat milik Indonesia yang siap menjadi penguasa di laut luas. Dari lima pesawat di atas, mana yang menurut sobat Boombatis memiliki kekuatan paling hebat hingga Indonesia harus memperbanyak jumlahnya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA