5 Pesan Ini Tersembunyi di Balik Lagu Adele yang Sering Bikin BAPER Itu

oleh Adi Nugroho
10:30 AM on Dec 4, 2015

Setelah nyaris empat tahun menghilang dari jagat musik dunia, Adele kembali muncul dengan senjata yang mematikan. Jika dulu kamu mengenal “Someone Like You” yang menjadi hits sampai bertahun-tahun. Kali ini kamu wajib dengerin lagu Adele terbaru di Album “25” yang di rilis akhir November 2015.

Ada satu hits yang benar-benar mengguncang. Judulnya “Hello”. Lagu ini dikabarkan membuat banyak sekali wanita menghubungi lagi mantan kekasihnya. Well, benar atau salah yang jelas makna lagu ini sangat dalam. Bahkan hanya seminggu saja, album yang berisi “Hello” terjual hingga 3,38 juta copy. Hebat banget kan?

Baca Juga
4 Fakta Tersembunyi Taeyeon SNSD ini Pasti Bikin Fans Indonesia Makin Kagum
Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya

Dari pada kamu penasaran, coba simak beberapa makna lagu Adele dalam album 25. Coba baca sambil dengarkan lagu-lagunya ya!

1. Hello – Rindu dengan Rumah dan Orang yang Pernah Disakiti

Kebanyakan orang mengartikan lagu ini sebagai ungkapan penyesalan seorang wanita kepada sang mantan kekasih. Hal ini ditunjukkan dari video klip yang dibuat dengan sempurna itu dilihat sekitar 540 juta kali.

Anyway, lagu ini sebenarnya tak hanya melulu berkisah tentang seorang gadis yang berusaha menghubungi mantan kekasih. Seorang gadis yang ingin meminta maaf atas apa yang dilakukan olehnya di masa lalu.

Lagu ini adalah wujud kerinduan yang ditunjukkan Adele kepada orang-orang yang ditinggalkan. Rindu dengan rumah yang telah membawanya tumbuh hingga besar. Meski telah menelepon beberapa kali tapi tetap tak bisa merasakan kenyamanan rumah yang telah ditinggalkan.

Coba perhatikan lirik lagu bagian ini:

To tell you I’m sorry, for everything that I’ve done
But when I call you never seem to be home

Dan bagian ini…

There’s such a difference between us
And a million miles

Lagu ini diciptakan Adele karena ia merasa rindu dengan rumahnya. Rindu dengan masa kecilnya yang indah. Ia merasa hanya menelepon tak membuatnya merasa bahagia dan tetap merasa bersalah karena telah pergi.

2. Water Under The Bridge – Berani Keluar dari Zona Friend Zone

Kamu yang pernah mempelajari Bahasa Inggris pasti arti idiom ini. Water under the bridge memiliki arti: kita tak perlu membingungkan suatu masalah yang terjadi di masa lalu, karena hal ini tak bisa diubah. Jadi bukan air di bawah jembatan ya!

Lagu ini menceritakan tentang hubungan dua orang yang bisa dibilang “HTS”. Kalau dibilang teman saja juga enggak. Kalau dibilang sepasang kekasih juga bukan. Satu orang merasa tidak ada harapan lagi hingga akhirnya pengin pergi. Namun saat mau pergi rasanya berat.

Akhirnya ia minta kepada si teman untuk jujur. Kalau emang enggak suka jangan menyangkal. Kalau emang mau membuat sakit ya buat saja (tapi pelan-pelan saja, ya!). Seperti dilirik ini:

If you’re gonna let me down, let me down gently
Don’t pretend that you don’t want me
Our love ain’t water under the bridge

Kalau memang tidak menginginkan ya sudah. Hubungan cinta kita ini bukan masalah yang bisa diabaikan. Lebih baik jelas saat ini juga, yes or no! Pilih satu saja! No PHP lagi, no baper dan say bye sama Friend Zone!

3. When We Were Young – Nostalgia dan Kembali Baper Karena Pertemuan Mengejutkan

Lagu Adele dalam album “25” lebih banyak mengambil tema-tema masa lalu yang hadir kembali ke masa depan. Seperti lagu When We Were Young. Lagu ini menceritakan seorang gadis yang bertemu dengan seorang pria dari masa lalunya. Pria yang masih menyisakan sebuah “urusan hati” yang menguap seiring dengan waktu.

Pertemuan yang terjadi secara mendadak membuat si gadis kembali mengingat masa lalu. Saat mereka kecil, saat mereka bermain dan menghabiskan waktu bersama-sama. Seperti lirik ini:

You look like a movie
You sound like a song
My God
This reminds me, Of when we were young

Si gadis juga ingin mengobrol kembali dengan si pria dari masa lalunya. Namun ia sedikit takut. Apakah pria ini masihlah pria yang sama dengan yang ia kenal. Apa ia sudah berubah setelah lama tak bertemu. Si gadis masih merasa menyimpan “sesuatu” di hatinya meski telah berlalu sangat lama.

Can I have a moment?
Before I go?
‘Cause I’ve been by myself all night long
Hoping you’re someone I used to know

Adele membuat lagu ini setelah ia bertemu dengan seseorang dari masa lalunya. Mereka mengobrol banyak hal yang terjadi hingga masa lalu seperti kembali. Seperti ada sebuah film yang mendadak menampilkan semuanya dengan jelas.

4. Remedy – Kasih Sayang Tanpa Batas Adalah Penyembuh Semua Luka

Kali ini Adele membawa kamu ke sebuah hubungan yang bukan percintaan. Namun lebih ke sebuah hubungan mendalam kepada seseorang yang akhirnya muncul. Dalam hal ini adalah anak dari Adele. Namun secara global lagu ini menceritakan tentang seseorang yang telah merasakan rasa sakit dan ingin orang yang disayanginya tak merasakannya.

Itulah kenapa lirik ini muncul:

But When the pain cuts you deep
When the night keeps you from sleeping
Just look and you will see
That I will be your remedy

Penyembuh semua luka adalah kehadiran orang yang disayangi. Entah itu orang tua, anak atau pun sahabat. Luka sedalam apa pun akan sembuh dengan cepat karena penyembuh selalu ada. Jadi tidak perlu takut dengan kehidupan. Karena setiap cerita yang terjadi memang memiliki ketakutannya sendiri.

5. Love in The Dark – Ingin Lepas dari Cinta yang Membuat Hidup Serasa Gelap

Lagu ini bercerita tentang sebuah akhir dari hubungan. Namun untuk mengakhirinya benar-benar susah. Terlebih di pria telah memberikan banyak hal yang berharga. Namun kenyataannya si wanita tak bisa merasa kebahagiaan selama hubungan berjalan. Bahkan merasa bertahan hidup di dalam cinta yang benar-benar gelap.

It is the world to me
That you are in my life
But I want to live
And not just survive

Kamu memang berada di dalam hidupku. Namun aku juga ingin hidup dengan sesungguhnya. Tidak harus survive setiap hari. Meski hubungan ini cinta namun jika selalu dipenuhi dengan pertengkaran tak akan ada akhir bahagia.

Gadis yang ada di dalam lagu ini juga tidak ingin membuat si pria menderita. Ia ingin mengakhiri hubungan agar keduanya sama-sama jadi orang yang kuat. Sama-sama bisa menjalani hidup yang sesungguhnya. Meski berat harus tetap dilakukan.

Don’t come any closer
Don’t try to change my mind
I’m being cruel to be kind

Aku tidak bisa hidup di cinta yang menyakitkan seperti ini. Kita seperti dua orang yang berbeda, terpisah jarak meski berdekatan. Kita telah kalah, jadi untuk apa lagi dilanjutkan jika hanya ingin memupuk luka?

I can’t love you in the dark
It feels like we’re oceans apart
There is so much space between us
Maybe we’re already defeated

Itulah pesan-pesan tersembunyi yang ada di dalam lagu Adele terbaru. Lagu-lagu dalam album ini mengajarkan banyak hal kepada kita semua. Terutama untuk lebih menghargai hidup, dan selalu berusaha bahagia dengan tetap menjadi diri sendiri.

So, lagu mana yang menjadi kesukaanmu?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA