Media Asing Turut ‘Mengirimkan’ Pesan Balasan dari Masyarakat Indonesia kepada ISIS

oleh Diah
09:29 AM on Jan 19, 2016

Sesaat setelah aksi pengeboman yang didalangi oleh ISIS di seputaran Jalan MH Thamrin pada Kamis (14/1) kemarin, tidak hanya media nasional saja yang mengangkat beritanya. Banyak media asing yang juga mengabarkan hal tersebut. Selain masalah aksi bom dan baku tembak media luar negeri juga mengulas soal tagar #KamiTidakTakut yang bermunculan dan menjadi trending di berbagai media sosial.

Hashtag #KamiTidakTakut bertujuan untuk memeberikan jawaban serangan ISIS di Indonesia dari para netizen Indonesia . Sebelumnya pihak ISIS sempat mengatakan akan mengadakan ‘konser’ di Tanah Air dengan target utama pihak berwajib dan banyak orang akan menjadi korbannya. Sayangnya hal tersebut tidak terbukti, justru 5 orang teroris tewas dan hanya 2 dari masyarakat umum yang meninggal dunia karena aksi bom tersebut. Berikut ini adalah beberapa media yang ikut ‘mengirimkan’ pesan tegas netizen Indonesia kepada ISIS.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. themalaymailonline.com

Dengan mengambil judul, “After Jakarta terror attack, Indonesians flood Twitter with #KamiTidakTakut messages”. Themalaymailonline.com memberitakan bahwa netizen Indonesia ‘berbondong-bondong’ memenuhi Twitter untuk menuliskan pesan #KamiTidakTakut, terhadap aksi pengeboman oleh ISIS.

Themalaymailonline.com memberitakan hashtag #KamiTidakTakut [image source]
Themalaymailonline.com memberitakan hashtag #KamiTidakTakut [image source]
Media ini juga menuliskan bahwa #KamiTidakTakut dibuat untuk menggugah solidaritas dan rasa persatuan rakyat Indonesia melawan teroris. Bahkan ada pula twit yang diunggah oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait hal ini dan masih menggunakan tagar yang sama, “Today they ripped my city where I was born and raised. But we will stand and courageously fight back #KamiTidakTakut #jakarta @jokowi.”

2. mashable.com

Media online, Mashable.com, juga mengulas masalah tagar #KamiTidakTakut tersebut. Pada salah satu laman, mereka menuliskan, “Indonesians share a defiant message, #KamiTidakTakut, after terror attack,”.

Berita di mashable.com tentang hashtag #KamiTidakTakut [image source]
Berita di mashable.com tentang hashtag #KamiTidakTakut [image source]
Mashable.com juga mengatakan bahwa tagar tersebut dibuat sebagai pesan khusus kepada teroris yang telah melakukan aksinya di Indonesia. Selain mengulas masalah tagar tersebut, Mashable.com juga mengikutsertakan beberapa link akun Instagram yang ikut menyemarakkan hashtag #KamiTidakTakut tersebut bersanding dengan #prayforjakarta dan #prayforindonesia.

3. theguardian.com

Dalam salah satu lamannya, Theguardian.com memberitakan aksi pengeboman yang terjadi di Indonesia pada tanggal 14 Januari 2016 kemarin. Dalam laman tersebut terlihat salah seorang perwira polisi sedang mengacungkan pistol dan menggunakan judul, “Jakarta attacks: #KamiTidakTakut hashtag shows Indonesians are not afraid.”

Media theguardian.com memberitakan hashtag #KamiTidakTakut [image source]
Media theguardian.com memberitakan hashtag #KamiTidakTakut [image source]
Tidak banyak ulasan mengenai hashtag tersebut, karena pada laman itu lebih berisikan twit dari berbagai pengguna Twitter di Indonesia yang memberikan komentar dengan menggunakan tagar #KamiTidakTakut. Hanya saja, Theguardian.com sedikit menuliskan bahwa hashtag itu adalah pesan khusus untuk para teroris, khususnya ISIS, bahwa masyarakat Indonesia tidak takut dan siap melawan aksi terorisme yang terjadi di Tanah Air.

4. theindependent.co.uk

Media online asal Inggris, Theindependent.co.uk,  turut ‘mengirimkan’ pesan kepada para teroris yang melakukan aksi pengeboman di Jalan MH Thamrin. Media ini menggunakan judul, “Jakarta attacks: Indonesians defy terror with powerful message on social media – ‘we are not afraid’.

Salah satu judul berita independen.co.uk [image source]
Salah satu judul berita independent.co.uk [image source]
Dalam salah satu beritanya, theindependent.co.uk menjelaskan bahwa hashtag tersebut merupakan pesan yang sangat ampuh untuk menyindir aksi bom yang dilakukan gerilyawan ISIS di Indonesia.

5. thehuffingtonpost.co.uk

Setelah sebelumnya membuat berita dengan judul yang cukup ‘cetar,’ yaitu “We are Not Affraid,”. Thehuffintonpost.co.uk kembali mengulas tagar #KamiTidakTakut di laman mereka. Dalam laman tersebut dijelaskan bahwa hashtag itu secara sporadis menyebar ke sejumlah jejaring sosial, khususnya Twitter.

Salah satu berita di thehuffingtonpost.co.uk [image source]
Salah satu berita di thehuffingtonpost.co.uk [image source]
Memang, di Indonesia hashtag ini sudah menyebar luar di situs jejaring sosial Twitter. Thehuffintonpost.co.uk menambahkan bahwa, pengguna Twitter di Indonesia menggunakan tagar tersebut sebagai bentuk solidaritas serta simpati akan kejadian yang terjadi sekitar pukul 10.30 WIB tersebut.

6. indiatvnews.com

Lain Thehuffingtonpost.co.uk, lain pula Indiatvnews.com. Media asal India ini, menggunakan foto sejumlah polisi khusus yang sedang beranjak melumpuhkan para teroris, untuk memberitakan hashtag #KamiTidakTakut. Indiatvnews.com juga menginformasikan bahwa sosial media di Indonesia kebanjiran hashtag #KamiTidakTakut dan #prayforjakarta juga #prayforindonesia.

Salah satu berita di indiatvnews.com [image source]
Salah satu berita di indiatvnews.com [image source]
Dalam lamannya itu, Indiatvnews.com menuliskan judul “#KamiTidakTakut : Indonesia stands united, says we are not afraid”. Tak ketinggalan, mereka juga mengunggah beberapa gambar yang memperlihatkan ketegangan saat kejadian berlangsung, serta jawaban dari netizen Indonesia atas aksi pengeboman oleh ISIS itu.

7. CNN.com

CNN.com juga tak mau kalah, media ini memberitakan hal yang sama. Dengan menggunakan judul, “Jakarta attacks: Indonesians share defiant message of ‘We are not afraid’”, media ini memberitakan bahwa masyarakat Indonesia tidak takut dengan segala bentuk ancaman dan teror, setelah terjadinya aksi pengeboman di Jalan MH Thamrin pada hari Kamis (14/1) kemarin.

Salah satu berita di cnn.com [image source]
Salah satu berita di cnn.com [image source]
Selain mengunggah beberapa gambar yang menunjukkan ketegangan saat kejadian berlangsung, CNN.com  juga memberikan tulisan-tulisan penyemangat yang mengikutsertakan tagar #KamiTidakTakut. Selain itu, CNN.com juga menyandingkan aksi solidaritas yang dilakukan netizen Indonesia, sama dengan masyarakat internasional, saat terjadinya serangan bom di Paris, Prancis beberapa bulan lalu.

Dengan pemberitaan ini, secara eksplisit menjelaskan bahwa serangan teror yang dilakukan oleh teroris tidak membuat Indonesia jatuh dan justru menambah rasa nasionalisme di hati setiap warga Indonesia. Bahkan, saham ISHG yang sempat anjlok karena serangan bom tersebut, kembali melawan dan perlahan menguat. #KamiTidakTakut.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA