7 Cara Perusahaan Farmasi Besar Meracun Kita Setiap Hari!

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Sep 9, 2015

Barangkali, kita memang bisa sembuh dari sakit setelah meminum obat. Namun, sesungguhnya obat tak begitu baik bagi tubuh. Efek sampingnya sangat banyak. Beberapa bahkan membuat organ dalam seperti hati atau ginjal tak berfungsi dengan baik. Meski demikian, dokter tetap memberi kita obat kimia itu dengan harapan kita segera sembuh dan penyakit tak menjadi semakin parah.

Ternyata, pihak perusahaan farmasi juga ikut ambil bagian agar dokter selalu memberikan obat kepada pasiennya. Jika dokter menyuruh pasien menggunakan obat tradisional, perusahaan jadi gulung tikar. Padahal banyak efek samping dari obat yang bisa membuat pasien jadi mengalami gangguan. Berikut tujuh cara perusahaan farmasi meracun kita setiap hari dengan produk andalan yang katanya manjur itu!

Baca Juga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia

1. Risperdal – Obat Schizophrenia dan Bipolar Disorder

Obat Risperdal awalnya dikembangkan untuk mengobati Schizophrenia dan Bipolar Disorder. Namun dalam perkembangannya obat ini jadi digunakan untuk mengobati anak yang mengalami autis. Badan Obat dan Pangan Amerika bahkan melegalkan obat ini pada tahun 1994. Namun lambat laut obat ini justru memberikan efek yang tak baik bagi banyak orang terutama anak-anak.

Risperdal mengakibatkan pertumbuhan tak normal dada manusia [image source]
Risperdal mengakibatkan pertumbuhan tak normal dada manusia [image source]
Risperdal menyebabkan diabetes, berat badan naik, bahkan gynaecomastia pada remaja pria. Gynaecomastia adalah pertumbuhan tidak normal pada dada sehingga menyerupai dada perempuan. Banyak orang mengatakan jika perusahaan besar melakukan promosi tersembunyi agar obat banyak digunakan untuk anak-anak. Bisa dibayangkan jika anak anda dijadikan target pasar obat berbahaya?

2. Xarelto – Mencegah Penggumpalan Pada Darah

Xarelto dipasarkan sebagai obat untuk anti pembekuan darah. Pasien dapat menggunakan obat ini dengan meminumnya. Obat ini mampu menyembuhkan DVT atau pembekuan pada kaki (kaki seperti bengkak), dan juga penyumbatan paru-paru akibat darah menggumpal. Efeknya sungguh ajaib, namun obat ini juga memberikan efek yang bisa dibilang cukup mengerikan!

Xarelto menyebabkan pendarahan [image source]
Xarelto menyebabkan pendarahan [image source]
Pengguna Xarelto bisa mengalami pendarahan di beberapa bagian tubuhnya. Mulai dari perut, anus, di dalam otak, bahkan mata. Bagian mengerikan lainnya adalah efek ini tak ada obatnya. Perusahaan farmasi yang memproduksi obat ini memberi klaim jika obatnya tidak berbahaya. Bahkan terus melakukan promosi. Padahal ada beberapa korban yang justru meninggal setelah mengalami pendarahan hebat setelah memakai Xarelto.

 3. Zofran – Obat Untuk Mengurangi Mual dan Muntah

Biasanya Zofran digunakan untuk pasien kemoterapi. Rasa mual dam ingin muntah saat cairan kimia dimasukkan dalam tubuh dapat diatasi dengan Zofran. Namun dalam penggunaannya Zofran justru dijual kepada ibu yang sedang hamil. Pihak perusahaan farmasi terus melakukan promosi besar-besaran meski Badan Obat dan Pangan Amerika melarangnya untuk digunakan pada wanita hamil.

Zofran menyebabkan gangguan pertumbuhan pada janin [image source]
Zofran menyebabkan gangguan pertumbuhan pada janin [image source]
Beberapa komponen obat pada Zofran dapat mengganggu tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Mereka akan lahir mengalami cacat pada tulang dan juga otak. Mirisnya, dalam setahun ada sekitar sejuta wanita di Amerika yang mengkonsumsi obat sangat berisiko tinggi ini. Padahal efeknya sungguh mengerikan!

4. AndroGel – Testosteron Gel

Banyak sekali pria di seluruh dunia yang ketakutan jika sampai kadar testosteronnya menurun. Dampaknya mereka tidak akan dapat menjalankan fungsi seksualnya secara baik. Lalu muncullah obat oles bernama AndroGel. Obat ini berfungsi menaikkan kadar testosteron pada tubuh secara signifikan meski efeknya hanya sementara saja.

AndroGel menyebabkan stroke [image source]
AndroGel menyebabkan stroke [image source]
Pria dapat mengoleskan gel ini di beberapa organ tubuh seperti pundak, ketiak, perut, hingga organ kelamin. Beberapa pengguna mengaku mengalami stroke, gangguan pada hati, hingga jantung setelah menggunakan obat ini. Padahal dalam sejarah kesehatannya mereka tak pernah memiliki penyakit ini. Meski demikian, obat ini terus saja dipakai oleh banyak pria di seluruh dunia. Meski sudah banyak yang memprotesnya!

5. Stryker Rejuvenate – Alat yang Diimplankan ke Tubuh

Stryker Rejuvenate adalah alat yang dipasang dalam tubuh manusia. Alat ini akan menggantikan organ tubuh seperti tulang kaki, dan tulang panggul yang retak. Dokter bisa memasang alat ini di dalam tubuh manusia hingga mobilitas tubuh bisa kembali dengan baik. Namun risikonya ternyata besar.

Beberapa kasus pemasangan Stryker Rejuvenate, didapati adanya pengkaratan pada alat. Selain itu ada kemungkinan juga alat bisa luruh dan pecah di dalam tubuh manusia. Dampaknya, tubuh akan kemasukan banyak sekali objek asing dalam daging hingga ikut masuk ke pembuluh darah. Bisa dibayangkan bagaimana dampaknya kan? Meski telah dilarang untuk digunakan, namun Stryker Rejuvenate masih jadi alternatif banyak orang yang mengalami cidera pada tulangnya.

6. Nuvaring – Cincin Untuk Alat Kontrasepsi

Sekitar tahun 2001, sebuah perusahaan besar Merck melakukan terobosan baru untuk alat kontrasepsi. Mereka membuat alat berupa cincin elastis yang bisa digunakan oleh wanita untuk menangkal kehamilan pasca berhubungan badan dengan pasangannya. Nuvaring akan menyebarkan progestin dan estrogen dosis kecil selama tiga minggu usai menstruasi. Fungsi lain dari Nuvaring adalah untuk mencegah sel sperma masuk lebih dalam hingga kemungkinan hamil semakin kecil.

Nuvaring berbahaya bagi manusia [image source]
Nuvaring berbahaya bagi manusia [image source]
Meski memiliki fungsi yang sangat besar. Ternyata alat ini punya efek samping yang cukup banyak. Salah satu efek yang sering muncul adalah rasa pusing dan ingin muntah. Beberapa kasus bahkan melaporkan jika memakai Nuvaring bisa menyebabkan pendarahan, hingga terjadi penggumpalan di dalam organ kelamin wanita. Nuvaring sangat berbahaya meski masih banyak wanita yang menggunakannya!

7. Yaz – Pil Untuk Mengendalikan Kehamilan

Yaz adalah pil untuk mengendalikan kehamilan, diproduksi oleh perusahaan farmasi besar Bayer. Mereka menargetkan pasar pada wanita berusia di bawah 35 tahun. Alasannya adalah, pil dapat menurunkan berat badan wanita dibalik fungsi utamanya untuk mengendalikan kehamilan. Promosi yang sangat menarik membuat obat ini jadi laris manis karena wanita adalah makhluk yang sangat ingin langsing pasca menikah atau melahirkan.

Meski sangat laris, ternyata pil ini juga menyimpan segudang efek samping. Salah satu yang sering terjadi adalah meningkatnya kerja jantung secara tiba-tiba. Yaz juga dapat menyebabkan penggumpalan darah di beberapa sendi pada wanita. Dari awal dirilis hingga sekarang, Bayer telah membayar denda sebesar 750 juta dolar kepada konsumennya yang dirugikan!

Itulah tujuh cara perusahaan farmasi besar meracuni kita setiap hari. Promosi hebat yang mereka lakukan bisa jadi hanya trik untuk menaikkan omzet. Tanpa memperhatikan efek samping yang nantinya akan dialami penggunanya. Bijaklah dalam menggunakan obat!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA