5 Perusahaan dan Merek Besar Dunia ini Pernah Membantu Hitler dalam Berperang. Kamu Pasti Kenal

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Feb 13, 2016

Ada yang mengatakan jika ingin sukses dalam bisnis, hal-hal kotor pun akan dilakukan. Mulai dengan bertindak curang kepada saingan hingga membantu lembaga tertentu yang menentang kemanusiaan. Hal seperti ini ternyata dipraktikkan oleh merek atau perusahaan besar dunia lho. Mereka membantu Hitler dalam mendanai Nazi atau pun memberikan mereka fasilitas hebat dalam membantai umat manusia.

Perusahaan-perusahaan ini masih bertahan sampai sekarang. Bahkan produk-produk yang mereka produksi sering kita gunakan di kehidupan sehari-hari. Yuk, coba simak perusahaan atau merek apa saja yang membantu Hitler dan Nazi di masa lalu.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

1. Coca-Cola

Coca-Cola adalah merek minuman dan perusahaan minuman bersoda paling terkenal di dunia. Saat perang dunia di tahun 1940, perusahaan ini membuka cabang di Jerman dengan nama Coca-Cola GmbH. Perusahaan ini memberikan sponsor kepada Nazi untuk melakukan kampanye ke seluruh rakyat Jerman.

Coca Cola Company [image source]
Coca Cola Company [image source]
Pada tahun 1941 bahkan membuat banyak sekali penemuan-penemuan baru dalam bidang minuman ringan. Setelah produk cola dengan mereka Coca-Cola, perusahaan ini membuat produk bernama Fanta. Produk baru ini adalah produk unggulan yang sengaja dibuat untuk minuman para tentara milik Hitler.

2. IBM

IBM adalah salah satu pioner komputer di dunia. Produk mereka telah menyebar ke seluruh penjuru Eropa, Amerika, bahkan di Asia. Saat terjadi perang dunia ke-II, IBM ternyata membantu Hitler dalam melakukan penyerangan dan pendataan tentang jumlah pasukan, alat perang hingga jumlah penduduk dari ras Yahudi.

IBM [image source]
IBM [image source]
Perusahaan komputer ini membuat komputer modifikasi yang bisa digunakan dalam lingkungan militer di Jerman. Komputer ini menampilkan data dan statistik secara lengkap hingga Hitler akan mudah dalam mengatur strategi. Bahkan saat Jerman menginvasi Polandia, perusahaan ini melebarkan sayapnya ke negeri ini hingga jutaan orang Yahudi harus dikirim ke kamp konsentrasi.

3. Ford

Ford adalah salah satu perusahaan otomotif yang sangat dikagumi oleh Hitler. Bahkan pemimpin besar di Jerman ini menganugerahi pemilik Ford sebagai orang asing paling hebat di dunia. Penghargaan yang diberikan oleh Hitler ini ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan Ford.

Ford [image source]
Ford [image source]
Ford Jerman merencanakan akan menggunakan budak untuk memperlancar usahanya. Budak ini akan diambil dari para orang yang menjadi tahanan Nazi yang mayoritas Yahudi. Perusahaan ini nantinya akan membuat senjata hebat yang nantinya akan digunakan oleh Nazi dalam misi menguasai dunia.

4. Allianz

Kita semua tahu jika Allianz adalah salah satu perusahaan asuransi yang sangat besar di dunia. Perusahaan ini berdiri di Jerman dan membantu negeri ini dalam hal kapitalisasi. Selain itu, CEO dari Allianz adalah salah satu menteri ekonomi di Era Hitler menjabat dan membuat banyak kekacauan di Eropa.

Perusahan Asuransi Allianz [image source]
Perusahan Asuransi Allianz [image source]
Perusahaan ini bekerja sama dengan Nazi dalam memberikan asuransi kepada semua warga di Jerman. Perusahaan ini mendapatkan keuntungan yang besar dari premi yang dibayarkan oleh warga Yahudi. Keuntungan ini juga didapat karena tak mungkin ada warga Yahudi yang bertahan dan melakukan klaim asuransi kematian.

5. Bayer

Bayer adalah salah satu perusahaan obat yang sangat terkenal di dunia. Bahkan produk Bayer juga masuk ke Indonesia. Saat perang dunia kedua, induk perusahaan Bayer yang bernama Farben bekerja sama dengan Nazi untuk membuat racun bernama Zyklon B. Racun inilah yang digunakan untuk membunuh jutaan orang Yahudi di kamp pengungsian.

Bayer [image source]
Bayer [image source]
Saat Hitler dan Nazi tak lagi berkuasa, perusahaan ini dibubarkan dan anak-anak mereka menjalankan usaha dan dinamai Bayer. Oh ya, salah satu ilmuwan Bayer adalah orang yang menemukan aspirin. Sayangnya ia dihapus dari buku sejarah perusahaan karena merupakan Yahudi. Bayer tak mau berurusan lagi dengan kejadian di masa lalu yang kelam. Kerjasama antara Hitler dan induk dari Bayer di masa lalu benar-benar aib yang akan membuat reputasi mereka jadi anjlok.

Inilah lima perusahaan dan merek besar dunia yang pernah membantu Hitler dalam meloloskan semua misinya. Perusahaan ini berjuang mati-matian demi mengembangkan usahanya walau harus melakukan hal-hal yang mengerikan. Di tangan mereka nyawa jutaan orang telah dibantu untuk dihabiskan oleh tentara Nazi-nya Hitler. Miris banget kan?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA