Kisah Dua Bocah 15 Tahun yang Memutuskan Menikah, Jomblo Nggak Usah Baca Daripada Baper

Yang bocah 15 tahun saja udah nikah, kamu kapan Mblo?

oleh Nikmatus Solikha
12:00 PM on Jun 21, 2017

Belum redam berita viral tentang pernikahan seorang kakek dengan primadona kampung, disusul dengan kabar pernikahan poligami yang duduk dipelaminan bersama, eh muncul lagi berita tentang pernikahan dua bocah berusia 15 tahun. Sontak saja pernikahan dua remaja SMP ini menarik perhatian netizen.

Bagaimana tidak? Usia keduanya seharusnya masih sibuk-sibuknya menuntut ilmu di sekolah menengah pertama, atau senang-senangnya bermain dengan teman sebaya. Namun lain yang dilakukan oleh Amanda Safitri dan Muhammad Fitrah Rizky, keduanya justru memilih langkah untuk menuju pelaminan. Keputusan tersebut sontak bikin banyak orang geleng kepala. Berikut ini adalah ulasan tentang pernikahan abege kencur yang lagi viral di sosial media:

Baca Juga
Nggak Terima Anaknya Ditegur, Orangtua Zaman Now Langsung Hajar Guru SMA di Kendari
4 Fakta Mengenai Beberapa Petinggi TNI yang Dilarang Menginjakkan Kaki di Amerika

Bermula dari status Amanda Safitri di Facebook

Pada tanggal 17 Juni kemarin, Amanda dengan penuh percaya diri menulis status di akun Facebooknya. Amanda mengatakan pada hari Sabtu malam, penghulu telah mengesahkan hubungannya dengan laki-laki idamannya.

status Amanda [image source]
Amanda menuturkan jika meski usia masih belia, pernikahan merupakan gerbang menuju kemandirian, kedewasaan dan juga kesetiaan. Amanda juga mengharapkan bahwa pernikahannya bisa langgeng sampai kakek nenek.

Mengunggah foto pernikahan yang jadi viral di sosmed

Selain menuliskan status berisi ungkapan kebahagiaan atas pernikahannya, Amanda juga mengunggah beberapa foto pernikahan. Di mana keduanya terlihat mengenakan pakaian adat berwarna putih. Amanda tampak cantik dengan dengan jilbab dan make up lengkap dan mahendi.

Foto pernikahan Amanda dan Gaston [image source]
Sementara Fitrah Rizky alias Gaston juga tampil gagah, meski jika dilihat dari wajahnya masih terlihat sisi kanak-kanak. Unggahan foto tersebut setidaknya sudah memperoleh  1,6 ribu komentar dan 1.182 kali dibagikan.

Bikin netizen heboh keheranan

Bisa dibayangkan, jelang ramadan ini tentu banyak para jomblo berusia matang yang diliputi oleh kekhawatiran dengan adanya pertanyaan, “kapan nikah?” sementara dua pasangan bau kencur tersebut justru dengan mudahnya melenggang ke pelaminan. Kejadian antimainstream tersebut sontak saja bikin banyak jomblo saling sindir menyindir.

Amanda Fitrah [image source]
Tak sedikit pula yang mempertanyakan tentang pekerjaan si pengantin pria, banyak yang menyangsikan bahwa abege usia SMP tersebut mampu memberikan nafkah dan juga menjamin kecukupan biaya pendidikan hingga ke bangku kuliah. Namun, sepertinya kasus pernikahan di bawah umur sudah jadi hal yang lumrah di daerah-daerah kecil.

Pernikahan yang tidak sesuai UU Perkawinan

Pernikahan pasangan muda-mudi asal Baturaja, Sumatera Selatan ini memang menimbulkan banyak pertanyaan. Kira-kira, apa yang membuat keduanya menikah di usia sedini itu? Sebab, Amanda merupakan gadis kelahiran 8 Desember 2002, usianya baru akan genap 15 tahun pada bulan Desember mendatang. Jika pernikahan tesebut sesuai dengan UU Perkawinan UU Pasal 7 ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974, harusnya kedua mempelai tersebut masih kurang umur.

Gayanya masih khas bocah belia [image source]
Sebab, dalam aturan tersebut tertulis bahwa seseorang diperbolehkan menikah jika calon mempelai pria berumur 19 tahun, sementara mempelai wanita 16 tahun. Lalu, bagaimana pernikahan abege itu bisa dilangsungkan? Apa yang dituturkan Sutrisno dari Kantor Urusan Agama Kelurahan Kebayoran Lama yang menjawabnya, yaitu pernikahan dibawah batas usia bisa saja dilakukan selama mereka telah melalui proses perizinan dari pengadilan agama setempat.

Pernikahan mungkin bisa disebut menghindarkan diri seseorang dari perzinahan, namun yang harus dipastikan adalah masa depan kedua pasangan. Pernikahan tentu bukan berisi kesenangan saja, namun justru gerbang awal dari segala macam prahara rumah tangga.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA