5 Permasalahan Besar di Indonesia yang Tak Juga Mendapatkan Penyelesaian

oleh Adi Nugroho
12:15 PM on Nov 26, 2015

Indonesia adalah negara yang saat ini masih berkembang. Tujuh puluh tahun merdeka tak membuat Indonesia segera menjadi negara maju. Justru dalam beberapa tahun, Indonesia mengalami masa-masa sulit yang membuatnya justru mundur secara teratur. Banyak hal besar yang menjadi polemik di Indonesia dari dulu hingga sekarang. Namun polemik atau masalah besar itu nyatanya tak kunjung menemui titik terang.

Justru permasalahan ini terus dipelintir hingga membuatnya tak selesai. Berikut ini beberapa masalah besar yang terjadi di Indonesia namun setelah bertahun-tahun tak juga ada penyelesaian. Justru semakin rumit hingga pemerintah butuh kerja keras jika ingin menyelesaikannya.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

1. Korupsi Besar yang Mandek di Tengah Jalan

Indonesia adalah negara yang sangat akrab dengan korupsi. Bahkan sejak zaman kerajaan nusantara menguasai Indonesia, korupsi telah tumbuh dan mendarah daging. Kasus-kasus korupsi di Indonesia adalah masalah yang besar. Meski demikian, permasalahan ini tak kunjung selesai. Bahkan seiring berkembangnya waktu, kasus korupsi semakin meningkat dan tak jelas penyelesainnya.

Korupsi Besar yang Mandek di Tengah Jalan [image source]
Korupsi Besar yang Mandek di Tengah Jalan [image source]
Sebut saja kasus bailout Bank Century, lalu masalah dana sogokan BLBI. Kasus semacam ini telah ada selama bertahun-tahun. Namun nyatanya pemerintah tak juga menyelesaikannya. KPK, sebuah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah juga nampak kesulitan. Korupsi besar adalah korupsi yang sangat terstruktur. Banyak pihak yang terkait di dalamnya. Itulah mengapa permasalahan ini tak bisa diselesaikan secepat mungkin. Bisa jadi kasus ini mendapat backing orang hebat di negeri ini.

2. Kasus Pelanggaran HAM yang Mandek

Sederetan kasus pelanggaran HAM ternyata juga banyak bermunculan di Indonesia. Masalah ini hadir sejak puluhan tahun yang lalu. Namun pemerintah saat ini bahkan pendahulunya tak mampu menuntaskannya hingga benar-benar clear! Alasan para pemimpin biasanya mereka berfokus pada masalah ekonomi. Namun bualan seperti ini sebenarnya hanyalah alasan agar terhindar dari tanggung jawab konstitusional untuk menuntaskan pelanggaran HAM.

Tragedi Trisakti yang terlupakan [image source]
Tragedi Trisakti yang terlupakan [image source]
Beberapa kasus besar pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia dan tak kunjung diselesaikan adalah kasus pembunuhan massal 1965, saat itu anggota PKI dibantai habis-habisan. Selain itu kasus-kasus yang terjadi di tahun 1998 seperti penembakan Mahasiswa Trisakti dan kasus Semanggi. Kasus lain yang wajib diselesaikan adalah pelanggaran HAM di Timor Leste dan kasus penembak misterius.

Masalah di atas dibiarkan terbengkalai dan menguap tanpa ada upaya penuntasan.

3. Masalah SARA yang Terus Bermunculan

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali suku bangsa. Selain itu negara ini juga memiliki 6 agama resmi dijalankan secara berdampingan. Itulah Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi semboyan Indonesia. Sayangnya dalam beberapa hal, keberagaman ini justru menjadi masalah yang sangat besar. Bahkan bisa memicu suatu bentrokan hingga perang.

Pembakaran Masjid di Tolikara [image source]
Pembakaran Masjid di Tolikara [image source]
Terbaru adalah masalah terbaru adalah kasus pembakaran Masjid di Tolikara dan pembakaran Gereja di Singkil. Masalah seperti ini harusnya bisa diselesaikan dengan baik. Dengan begitu di kemudian hari tak akan bermunculan kasus yang sama. Sebelum ini juga pernah ada kasus di kerusuhan Ambon serta ricuh di Sampit bertahun silam.

Jika pemerintah hanya diam, kerukunan di Indonesia bisa lenyap.

4. Konflik OPM yang Tak Juga Reda

Indonesia pernah memiliki dua buah masalah terkait wilayah yang ingin merdeka. Pertama adalah GAM atau Gerakan Aceh Merdeka yang mampu diselesaikan dengan baik. Berbagai perundingan yang alot akhir membuat Aceh tetap menjadi bagian NKRI meski dijadikan daerah yang istimewa.

Konflik OPM yang Tak Juga Reda [image source]
Konflik OPM yang Tak Juga Reda [image source]
 Masalah yang masih tersisa adalah OPM atau Organisasi Papua Merdeka. Sejak tahun 1969, konflik dengan OPM tak kunjung reda. Ada yang bilang jika OPM ditunggangi kepentingan asing. Papua banyak sekali tambang emas. Jadi jika mereka merdeka sumber daya seperti ini akan menjadi milik asing. Itulah mengapa permasalahan besar ini tak juga selesai setelah puluhan tahun terjadi.

5. Hukum yang Bisa Dijual dan Dibeli

Hukum adalah sesuatu yang sangat penting di semua negara termasuk di Indonesia. Namun sayangnya permasalahan hukum di Indonesia begitu pelik hingga masyarakat tak percaya lagi dengan pengadilan. Banyak sekali kasus-kasus yang janggal hingga memenangkan pihak yang seharusnya salah. Hukum di Indonesia sudah seperti barang dagangan yang bisa dibeli dan juga dijual.

Hukum yang Bisa Dijual dan Dibeli [image source]
Hukum yang Bisa Dijual dan Dibeli [image source]
Banyak sekali mafia hukum di Indonesia saat ini. Masalah ini terus memburuk dari tahun ke tahun. Sayangnya pemerintah seperti tidak mau menoleh. Mereka menganggap jika hukum di Indonesia telah berjalan dengan baik. Namun sesungguhnya banyak sekali kecurangan dan ketidak adilan yang justru dilakukan oleh mereka yang katanya menegakkan keadilan.

Itulah lima masalah yang tak kunjung mendapatkan kejelasan di Indonesia. Jika masalah di atas terus dibiarkan maka Indonesia tidak akan bisa menjadi negara yang maju. Bahkan kemunduran adalah kemungkinan yang bisa dialami Indonesia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA