6 Permainan Masa Kini Tapi Usianya Jauh Lebih Tua dari yang Kamu Kira

oleh Tetalogi
09:07 AM on Aug 3, 2015

Sejak kecil kita sudah kenal banyak permainan seru mulai dari monopoli, yo-yo, ular tangga, atau beberapa game terbaru seperti the sims atau remote control. Nah, beberapa mainan ini ternyata usianya tidak semodern yang kamu bayangkan. Bahkan ada beberapa yang usianya sebenarnya benar-benar jauh lebih tua.

Kali ini, Boombastis akan mengajakmu melihat mainan apa saja sih yang ternyata sudah ada sejak jaman dulu, bahkan sejak kamu belum lahir?

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

1. Remote Control

Banyak orang mengira remote control pertama kali muncul pada tahun 1960. Nah, mainan mobil remote control memang diciptakan pada tahun tersebut oleh perusahaan mainan Elettronica Giocattoli. Namun mainan dengan teknologi ini sendiri sebenarnya sudah ada beberapa dekade sebelumnya.

Remote Control [Image Source]
Remote Control [Image Source]
Di akhir tahun 1890, Nikola Tesla menciptakan remote control pertama. Dalam sebuah pameran listrik tahun 1898 di Madison Square Garden, Tesla memamerkan perahu remote control pertamanya yang sudah dilengkapi dengan lampu yang bisa menyala, kemudi, dan baling-baling.

2. Yo-yo

Yo-yo pernah jadi mainan yang paling populer di abad ke-20. Tahun 1928, Yo – Yo Manufacturing Company memproduksi Yo – Yo dalam jumlah besar, lebih dari 100 ribu buah. Perusahaan tersebut kemudian dijua ke pabrik pembuat Yo – Yo yang lebih besar yaitu Donald Duncan Yo – Yo Company yang membuat mainan ini semakin populer.

Permaian Yo -Yo [Image Source]
Permaian Yo -Yo [Image Source]
Jika ditelisik lebih jauh, Yo – Yo ternyata sudah ada jauh sebelum abad ke-20. Hasil penggalian di Mediterania, para arkeolog menemukan Yo – Yo asal Yunani yang terbuat dari perunggu dan tanah liat. Menurut penelitian, Yo – Yo yang ditemukan ini berasal dari tahun 460 dan 450 sebelum masehi. Tidak hanya itu saja, beberapa vas kuno berasal dari tahun 440 sebelum masehi juga menunjukkan ukiran yang menggambarkan anak-anak dan orang dewasa bermain Yo – Yo.

3. The Sims

Nah, siapa sih yang nggak kenal dengan game yang satu ini? Kamu tinggal membuat karakter sesuai yang kamu mau, membuat rumah, memberi instruksi untuk karakter yang kamu punya, dan banyak lagi. Ide membuat karakter virtual ini yang membuat banyak orang begitu menyukai The Sims. Tapi siapa sangka, permainan ini sebenarnya sudah ada jauh sebelum tahun 2000.

The Sims [Image Source]
The Sims [Image Source]
Tahun 1985, sudah ada permainan serupa yang diberi nama Little Computer People. Sama seperti The Sims, pemain bisa mendekorasi rumah sesuka hati dan memberikan perintah pada karakter.

4. Roller Skate

Bagi banyak orang, permainan roller skate akan mengingatkan pada tahun 70an yang identik dengan roller disko. Tapi sebenarnya roller skate sudah ada sejak tahun 1770 dan ditemukan oleh seorang pria asal Belgia, John Joseph Merlin.

Roller Skates [Image Source]
Roller Skates [Image Source]
Karena begitu bangga dengan penemuannya, ia memamerkannya di acara dansa dengan memakainya dan berkeliling lantai dansa sambil bermain biola. Namun demonstrasinya ini ternyata berakhir dengan ia menabrak kaca.

5. Monopoli

Permainan monopoli memang seru untuk dimainkan bersama-sama. Tapi memang tidak jarang kita bertengkar satu sama lain gara-gara permainan ini. Monopolu diciptakan pada tahun 1934. Namun ide awalnya dibuat 30 tahun sebelum itu.

Monopoly [Image Source]
Monopoly [Image Source]
Monopoli terinspirasi oleh permainan papan pada tahun 1904 yang diberi nama Landlord’s Game yang diciptakan oleh Elizabeth Magie. Permainan ini awalnya diciptakan untuk mengajari orang tentang bagaiman pengusaha property bisa mendapatkan banyak pemasukan. Ia berharap anak-anak yang memainkan permainan ini paham kecurangan sistem ini dan agar mereka mampu melindugi diri dari pengusaha properti nantinya.

6. Ular Tangga

Permainan ular tangga sebenarnya sudah ada sejak abad ke-16 di India. Namun permainan ini memiliki nilai moral yang lebih dalam dari sekedar permainan saja. Dalam permainan ini, ada tangga yang menggambarkan keyakinan, kemurahan hati, pengetahuan, disiplin, dan bisa dipercaya. Sementara itu, ular menggambarkan keserakahan, kesombongan, pencurian, pembunuhan, nafsu, serta kevulgaran.

Ular tangga [Image Source]
Ular tangga [Image Source]
Permainan ini mengajarkan para pemainnya bahwa hidup tenang dan sukses itu lebih sulit didapatkan, tapi akan lebih bernilai daripada hidup sembarangan. Itulah mengapa dalam permainan ini ular ada lebih banyak daripada tangga.

Wah, siapa sangka kalau ternyata permainan-permainan tersebut berasal dari masa yang jauh sebelum awal dikenalnya di seluruh dunia. Hmm.. mainan mana yang menjadi favoritmu?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA