in

4 Penjelasan Tentang Masa Depan yang Terkandung dalam Al-Quran

Al-Quran banyak menjelaskan tentang rahasia-rahasia masa depan. Tentu saja interpretasi ini sangat subyektif, tergantung dari ilmu dan pemahaman dari penafsir.

Menurut beberapa penafsir, Al-Quran banyak menjelaskan tentang penemuan dan pencapaian-pencapaian manusia di masa depan. Apa saja gerangan? Silakan disimak!

1. Kejadian di Masa Rasulullah SAW

Ada banyak ayat Quran yang memberi kepastian kepada Rasulullah SAW atas kemenangan umat Islam. Berita tentang matinya Abu Lahab, salah satu orang yang paling keras memusuhi Islam dan rasulnya, adalah bukti otentik. Quran mengatakan bahwa Abu Lahab akan kafir sepanjang hidupnya, dan akan mati menggenaskan. Hal ini ternyata terbukti.

Kejadian di Masa Rasulullah SAW
Kejadian di Masa Rasulullah SAW [ImageSource]
Bayangkan jika Abu Lahab ingin membuktikan kesalahan Quran, ia bisa saja masuk Islam, dan seluruh kebenaran Quran dan Islam hancur. Tapi Allah benar-benar menjaga hal ini.

Banyak juga berita kemenangan-kemenangan umat Islam di masa itu seperti penaklukan Mekkah (QS 48:28), di mana ayat ini turun ketika muslim dalam keadaan terusir dan lemah. Serta kemenangan Romawi yang sudah terdesak dan kalah beberapa kali oleh Persia (QS 30: 1-7), tepat di tempat yang termuat di dalam Al-Quran. Semua hal ini diungkapkan Quran jauh sebelum itu terjadi.

2. Terjaganya Jasad Firaun

Ketika Allah SWT menurunkan ayat: “Maka pada hari ini kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami.” (QS. Yunus : 92), banyak orang pada saat itu yang tidak menyangka bahwa ternyata Allah SWT benar-benar menjaga jasad Firaun.

Jasad Firaun yang benar-benar dijaga Allah SWT
Jasad Firaun yang benar-benar dijaga Allah SWT [ImageSource]
Sebuah jasad mumi yang ditemukan pada tahun 1898 dan diperiksa pada tahun 1975 membuktikan bahwa mumi itu adalah benar-benar jasad milik Firaun yang diberitakan dalam Al-Quran.

3. Eksplorasi di Bulan

Banyak interpretasi yang mengatakan bahwa ayat 18 dalam surah Al-Inshiqaq, menggambarkan tentang perkabaran eksplorasi manusia di bulan:“Dan dengan bulan apabila jadi purnama, sesungguhnya kamu akan melalui tingkat demi tingkat.” (Al-Insyiqaaq 18-19)

Eksplorasi manusia di bulan
Eksplorasi manusia di bulan [ImageSource]
Manusia memang pada akhirnya beberapa kali melakukan penjelajahan ke bulan, misalnya Amerika Serikat dan Uni Soviet. Selain pendaratan tak berawak oleh Uni Soviet, beberapa kali Amerika Serikat benar-benar mengirimkan manusia ke bulan.

4. Kendaraan Masa Depan

Dalam surah An-Nahl ayat 8, Allah SWT membicarakan kendaraan yang digunakan pada jaman itu, dan sedikit membicarakan tentang kendaraan masa depan yang belum diketahui manusia: “Dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya.”

Kendaraan masa depan
Kendaraan masa depan [ImageSource]
Di ayat ini pula Allah SWT mengatakan manusia menggunakan kendaraan sebagai perhiasaan. Dalam kata lain, kendaraan tidak saja dipakai sebagai alat transportasi, tetapi juga sebagai alat status sosial. Persis seperti yang terjadi di jaman ini.

Semua yang kami ungkapkan di sini hanya merupakan sebagian dari kebenaran yang diungkapkan Al-Quran. Rasulullah SAW sendiri mempunyai banyak penjelasan tentang masa depan, yang terdapat dalam kumpulan haditsnya. Redaksi Boombastis akan membahasnya di lain waktu. Yuk rajin baca biar tambah ilmu dan iman!

Written by Norman Duarte

Leave a Reply

Fakta tentang sepeda

6 Fakta Sepeda di Masa Lalu Sebelum Bergengsi Seperti Sekarang

5 Pulau Menakjubkan Ini Adalah Buatan Manusia