6 Peristiwa ‘Tindihan’ Paling Menakutkan, Pernah Alami Salah Satunya?

oleh Rizal
07:00 AM on Sep 4, 2015

Semua orang pasti mengalami yang namanya tindihan. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan kondisi dimana mata dan pikiran telah terbangun dari tidur tapi tubuh tak bisa bergerak. Istilah asing untuk kejadian yang katanya sarat unsur mistis ini adalah sleep paralysis. Ya, memang kerap banyak sekali anggapan yang salah tentang tindihan ini yang dikaitkan dengan hal-hal gaib. Mulai dari digoda setan hingga disapa malaikat maut.

Ada penjelasan tentang peristiwa langka ini jika dilihat dari kacamata medis. Tindihan ini erat kaitannya dengan masalah syaraf dan aliran darah yang tidak lancar ketika tidur. Tindihan ini sendiri ternyata bermacam-macam. Tidak hanya digambarkan dengan sosok genderuwo sedang mencekik kita. Berikut adalah beberapa jenis yang pernah dialami banyak orang dan rata-rata juga tak kalah mengerikannya.

Baca Juga
Inilah 6 Bahaya Terselubung yang Jarang Disadari Para Pengguna Kuis Lucu di Facebook, Berhati-Hatilah!
Merasakan Sensasi Jaringan 4G Ngebut Ala Smartfren Lewat Serunya Acara #Amazingfren

1. Munculnya Sosok Hitam Gelap

Dari semua peristiwa mengerikan ketika tindihan, munculnya sosok hitam gelap adalah yang paling sering dialami. Bahkan para ilmuwan memberinya nama sendiri yakni Old Hag Syndrome. Peristiwa ini digambarkan dengan munculnya makhluk gaib dengan bentuk yang bermacam-macam tapi umumnya adalah bayangan gelap dan besar.

Pengalaman tindihan ini sering dialami banyak orang, namun tetap saja mengerikan [Image Source]
Pengalaman tindihan ini sering dialami banyak orang, namun tetap saja mengerikan [Image Source]
Tak hanya diam, sosok misterius ini juga melakukan aktivitas. Paling sering adalah mendekatkan wajahnya lalu kemudian mencekik para korbannya. Anehnya, si korban sendiri merasa benar-benar susah bernafas walaupun ini hanyalah halusinasi. Setelah bangun biasanya jantung si korban akan berdebar kencang dan keringat dingin bercucuran.

2. Terlihat Sosok Ibu, Tapi…

Beberapa kasus tindihan juga melibatkan sosok ibu sendiri. Jika biasanya ibu akan merawat kita dengan baik dan penuh kasih sayang, tapi ketika muncul saat tindihan mereka benar-benar lain. Membuat kita terkecoh dan ketakutan setengah mati.

Ibu yang baik berubah jadi sosok jahat ketika kita sedang mengalami tindihan [Image Source]
Ibu yang baik berubah jadi sosok jahat ketika kita sedang mengalami tindihan [Image Source]
Biasanya hal ini diawali dengan munculnya sosok ibu yang sepertinya akan berusaha membangunkan kita dari tidur. Tapi, sang ibu kemudian mulai memuramkan wajahnya dan perlahan kedua tangannya ada di leher kita. Makin erat hingga akhirnya mereka benar-benar mencekik kita dengan kuat.

Ketika pergulatan dengan halusinasi ibu yang ingin membunuh itu berakhir, si korban akan bangun dan menyadari bahkan tidak ada seorang pun di sekitar tempat tidurnya. Pernah mengalami ini? Tenang, itu cuma halusinasi yang menandakan kamu kangen dengan ibu.

3. Bocah Kecil Berlarian

Selain muncul makhluk besar dan juga sosok ibu jahat, peristiwa tindihan ini juga kerap memunculkan sosok anak kecil yang berlarian di dalam kamar kita. Alih-alih lucu, mereka justru sangat menyeramkan. Para korban menggambarkan jika mereka tertawa riang seolah tidak mengetahui keberadaan kita yang tergolek lemas di atas kasur.

Kadang bocah ini juga berbentuk sosok menyeramkan seperti ini [Image Source]
Kadang bocah ini juga berbentuk sosok menyeramkan seperti ini [Image Source]
Kadang mereka pun akan berlonjak di atas kasur dan mulai menindih kita. Sama seperti kasus sebelumnya, wajah mereka berubah menjadi bengis dan mulai ingin melakukan sesuatu dengan kita. Biasanya sih hanya menanyakan pertanyaan mengerikan seperti “Kenapa kakak tak bisa bergerak” dan lain sebagainya. Beberapa juga langsung beraksi dengan mencekik korbannya sambil tertawa riang. Ketika sadar, lagi-lagi tidak ada seorang pun yang masuk ke dalam kamar.

4. Si Pengunjung yang Tak Banyak Bicara

Pernah juga ada pengalaman tindihan mengerikan seperti mendapati seorang pengunjung yang tak banyak bicara memasuki kamar. Diceritakan oleh salah satu korban yang pernah mengalaminya, ia seperti mendengar langkah kaki berjinjit yang makin terasa dekat kemunculannya. Bahkan si korban juga merasakan si pengunjung ini perlahan mulai membuka pintu kamar.

Tidak tahu wujudnya, tapi kita sadar akan keberadaannya [Image Source]
Tidak tahu wujudnya, tapi kita sadar akan keberadaannya [Image Source]
Akhirnya pintu terbuka namun tidak ada sosok yang berdiri di sana, namun keberadaan seseorang itu justru makin terasa dekat. Tiba-tiba ada semacam gerakan di kasur dan si tamu tak diundang ini sudah tidur di sebelah. Membuat si korban deg-degan setengah mati. Beberapa kasus lain yang serupa, tamu ini tidak tidur berdampingan dengan korban, namun hanya berdiri mematung di samping tempat tidur sambil terus menatap sang korban. Keadaan ini terus berlangsung hingga akhirnya halusinasi tersebut menghilang menyisakan nafas tersengal si korbannya.

5. Muncul Sesosok Alien

Maraknya perkabaran tentang alien membuatnya jadi salah satu halusinasi populer yang dialami banyak orang ketika tindihan. Seperti yang diceritakan dalam film, pada suatu malam yang gelap muncul sesosok makhluk kerdil dengan mata dan kepalanya yang besar. Perlahan mereka mulai melakukan eksperimen dengan tubuh korban yang tak bisa bergerak.

Kadang alien juga muncul sebagai halusinasi ketika tindihan [Image Source]
Kadang alien juga muncul sebagai halusinasi ketika tindihan [Image Source]
Si korban bisa merasakan dinginnya tangan alien yang mulai menyentuh bagian tubuh tertentu. Sangat mencekam hingga si korban berusaha bangkit dan lari. Hingga akhirnya korban pun terbangun dan melihat tidak ada makhluk hijau seluas mata memandang. Kejadian alien ini juga kadang disertai halusinasi angin bertiup kencang dan juga sinar terang yang akhirnya memunculkan si alien.

6. Setan yang Berjanji Akan Mengunjungimu Lagi

Dari semua peristiwa tindihan ini, mungkin inilah yang paling mengerikan dan sampai bikin korbannya trauma. Sama seperti biasanya, ketika terkenal sleep paralysis korban akan merasakan kedatangan sesosok makhluk. Bisa apa saja, entah bayangan tanpa muka atau bahkan perwujudan setan itu sendiri. Mereka juga akan melakukan ancaman seperti biasanya. Mulai hanya berdiri di samping sampai mencoba mencekik sang korban.

Bagaimana rasanya jika si makhluk seram ini berjanji akan datang lagi [Image Source]
Bagaimana rasanya jika si makhluk seram ini berjanji akan datang lagi [Image Source]
Tapi, yang paling mengerikan bukan itu. Seringkali makhluk halusinasi ini akan mendekati wajah kita sambil membisikan kalimat seperti “Aku akan datang lagi, bersiaplah”. Sesaat setelah itu si setan ini akan perlahan pergi dan kita akan tersadar sepenuhnya. Meskipun begitu, kita masih akan sangat teringat kata-kata terakhirnya yang bikin susah tidur nanti malam.

Mungkin kita selalu diingatkan sejak kecil untuk tidak lupa berdoa sebelum tidur. Alasannya selain agar tidak bermimpi buruk, kita juga akan dihindarkan dengan hal-hal semacam ini. Ketika hal mengerikan ini terjadi, maka pasrah dan berdoa adalah cara terbaik. Mengingat kamu bahkan tidak bisa menggerakkan kaki-kakimu sendiri. Jangan anggap kejadian ini berhubungan dengan ini itu, tindihan hanya sebagai pengingat kalau tidur kita kurang berkualitas. Maka perhatikan posisi, perangkat tidur dan jangan tidur terlalu malam.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA