Peristiwa Menggemparkan yang Bikin Jumat Tanggal 13 Jadi Hari Paling Terkutuk Menurut Barat

Bahkan, banyak dari mereka yang lebih memilih untuk berlindung diri di rumah agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

oleh Faisal Bosnia Ahmad
09:00 AM on Apr 21, 2017

Jika Indonesia punya malam Jumat Kliwon sebagai malam yang angker, negara barat punya Friday 13th atau hari Jumat tanggal 13 sebagai hari yang paling keramat, menyeramkan, dan tak jarang pula membawa sial. Jika dalam bulan tertentu tanggal 13 jatuh pada hari Jumat, banyak dari mereka yang lebih memilih untuk berlindung diri di rumah agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Ketakutan mereka cukup beralasan sebetulnya. Karena, menurut sejarahnya, sudah banyak hal-hal memilukan nan janggal yang terjadi pada hari Jumat tanggal 13. Beberapa kejadian bahkan masih dikenang hingga saat ini. Apa saja kejadian-kejadian besar yang terjadi pada hari Jumat 13th?

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

1. Ditangkapnya tentara salib

Tentara Salib, [Image Source].
Pada tahun 1307, ribuan prajurit salib ditangkap dan dipenjara. Anggota dari Knight Templar tersebut ditangkap akibat tuduhan telah berkhianat, membangkang, dan homoseksual. Banyak di antara mereka yang kemudian meninggal akibat disiksa secara membabi buta. Peristiwa ini dipercaya sebagai salah satu awal mula legenda Friday 13th.

2. Ledakan di Buckingham Palace

Selama Perang Dunia ke-II, tentara Nazi terus mengerahkan upaya untuk menghancurkan kerajaan Inggris dengan cara meledakan tempat-tempat penting. Salah satu tempat yang menjadi konsentrasi serangan mereka adalah London, khususnya Buckingham Palace.

Buckingham Palace. [Image Source].
Tercatat ada 16 kali percobaan pemboman terhadap Buckingham Palace. Salah satu yang paling fatal terjadi pada September 13 tahun 1940. Lima bom meledak di sekitar istana kerajaan Inggris tersebut. Tiga orang terluka, dan satu lainnya fatal meski tidak meninggal. Untungnya, atau lucunya, Ratu Elizabeth II dan Raja George VI tengah bersantai sembari minum teh. Inggris klasik.

3. Tenggelamnya kapal pesiar Costa Concordia

Tenggelamnya kapal Costa Concordia. [Image Source].
Pada tahun 2012, separuh badan kapal pesiar Costa Concordia tenggelam dan menyebabkan 30 orang tewas. Hal itu disebabkan karena kapal raksasa yang membawa 40 ribu penumpang tersebut menabrak karang di pesisir Italia. Awalnya evakuasi berjalan lancar, namun tiba-tiba kapal tersebut oleng ke sebelah kiri dan menyebabkan bagian tersebut tenggelam. Banyak yang tewas tenggelam akibat tertindih badan kapal.

4. Kegagalan teknologi IBM

Rumitnya sistem komputer jaman dulu. [Image Source].
Pada tahun 1989, sebuah virus mematikan mengandaskan sistem komputer di Britania Raya. Hal ini terjadi jauh sebelum ditemukannya media penyimpanan data yang canggih dan aman bagi perusahaan. Atas kejadian tersebut, banyak data milik masyarakat yang hilang dan tak dapat dipulihkan yang tentunya berimbas pada kolapsnya bisnis komersial.

5. Kecelakaan pesawat di pegunungan Andes

Pada tanggal 13 Oktober 1972, hari Jumat tentunya, sebuah pesawat yang mengangkut 45 orang, yang di dalamnya adalah tim rugby, beserta kerabat dan keluarganya, mengalami insiden nahas di pegunungan Andes. Pesawat tersebut jatuh akibat cuacanya yang ganas.

Jatuhnya pesawat dan penumpang yang selamat. [Image Source].
Lebih dari seperempat penumpang tewas seketika, beberapa lainnya meninggal kemudian akibat terluka parah dan diterpa suhu dingin yang ekstrem. Sedangkan, penumpang yang berhasil selamat, baru ditemukan 72 hari kemudian. Banyak dari mereka yang tak mampu bertahan, lantaran tak ada makanan maupun akibat cuaca dingin pegunungan.

6. Tupac Shakur tewas ditembak

Tupac Shakur. [Image Source].
Pada tahun 1996, seorang penyanyi rap kenamaan asal Amerika Serikat tewas diberondong peluru usai menyaksikan pertandingan tinju Mike Tyson. Belum diketahui motif pelaku, entah karena urusan bisnis, persaingan, asmara, ataupun dendam pribadi. Namun, satu hal yang pasti, dunia hip-hop Amerika berkabung mengantar kepergian salah satu talenta terbaik mereka.

7. Masa depan yang mengkhawatirkan

Diperkirakan asteroid akan menghantam bumi pada 2029. [Image Source].
Meski belum terjadi, namun para ilmuwan telah memprediksi bahwa pada hari Jumat tanggal 13 tahun 2029 nanti, sebuah asteroid besar dengan kode 99942 Apophis diperkirakan bakal melewati planet bumi dengan jarak yang nyaris mendekati keberadaan satelit di luar angkasa sana. Entah apa yang akan terjadi jika asteroid tersebut ternyata jatuh ke bumi.

Itulah sedikit fakta dan peristiwa sejarah yang terjadi pada hari Jumat tanggal 13. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Apa saja kejadian menyeramkan atau mungkin unik, yang terjadi pada malam keramat tersebut? Kamu pasti penasaran, kan? Tunggu pembahasan tersebut hanya di Boombastis.com!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA