7 Peristiwa Besar ini Menjadi Ikon Tahun 2015 yang Tak Bisa Dihapuskan dari Sejarah

oleh Adi Nugroho
08:53 AM on Jan 7, 2016

Tahun 2015 telah berakhir beberapa hari yang lalu. Namun beberapa peristiwa besar yang ada di dalamnya masih saja diingat sampai sekarang. Bahkan beberapa peristiwa yang terjadi adalah sebuah gebrakan yang menimbulkan banyak sekali kontroversi di seluruh dunia. Ada juga yang menyebabkan banyak sekali orang berduka secara mendalam.

Berikut tujuh peristiwa besar yang menjadi ikon tahun 2015. Mari coba kita ingat satu persatu, peristiwa apa saja yang menyebabkan 2015 begitu berat untuk dilewati.

Baca Juga
Lolicon, Sindrom Ketertarikan Pada Gadis di Bawah Umur yang Ternyata ‘Berbeda’ dengan Pedophilia
Matoa, Buah Langka Asal Papua yang Super Lezat dan Harganya Bikin Dompet Meringis

1. Serangan Prancis

Paris mendapatkan serangan yang bertubi-tubi oleh teroris yang menyebabkan banyak sekali kematian. Serang pertama adalah serangan pada Chalie Hebdo yang melakukan tindakan kontroversial dengan membuat kartun Nabi Muhammad. Akhirnya Charlie dibunuh oleh sekelompok teroris yang lagi-lagi menggunakan Islam sebagai tameng.

Serangan Prancis [image source]
Serangan Prancis [image source]
Di akhir tahun serang baru terjadi lagi di Paris. Ratusan orang menjadi korban dan mengakibatkan dunia berduka. Pada kasus kali ini teroris ISIS telah memberikan klaim bahwa merekalah yang melakukan aksi mengerikan itu.

2. Krisis Pengungsi di Eropa

Tahun 2015 adalah tahun di mana Eropa mengalami serbuan pengungsi yang sebagian berasal dari Suriah dan negara di Arab. Mereka ingin mencari suaka karena negerinya telah kacau akibat perang yang tidak ada habisnya. Pengungsi ini akhirnya harus menerima fakta jika tak semua negara di Eropa mau menerimanya.

Krisis Pengungsi di Eropa [image source]
Krisis Pengungsi di Eropa [image source]
Beberapa malah memperlakukan mereka dengan tidak baik. Mengusir paksa dan menyuruh mereka kembali ke lautan yang penuh ombak tinggi. Untungnya beberapa negara seperti Jerman mau menerima pengungsi meski mendapatkan tekanan berat dari negara sekutu Amerika seperti Inggris dan Prancis.

3. Legalisasi Pernikahan Sejenis di Amerika

Akhirnya Amerika memutuskan untuk memberikan izin kepada warganya yang ingin menikah sejenis. Keputusan ini akhirnya membuat beberapa kelompok LGBT Amerika bergembira dan mengungkapkan rasa hebat ini dengan berparade. Hal tak sama justru terjadi di berbagai belahan dunia termasuk di media sosial Indonesia.

Legalisasi Pernikahan Sejenis di Amerika [image source]
Legalisasi Pernikahan Sejenis di Amerika [image source]
Meski Amerika yang melegalkan pernikahan sejenis. Namun orang di berbagai dunia justru saling beradu argumen mengenai pantas atau tidaknya pernikahan sejenis ini. Di Indonesia, media sosial sempat memanas hingga hampir semua orang membahasnya. Terobosan besar yang dilakukan oleh Amerika ini benar-benar menggebrak dunia keras-keras.

4. ISIS

Pada poin pertama mungkin kita sudah menyinggung masalah ISIS yang melakukan klaim pada serangan di Paris. Namun selain itu, ISIS sebenarnya super star pada tahun 2015. Ia telah banyak sekali melakukan ledakan di negara Timur Tengah hingga merambah ke luar negeri seperti Eropa.

ISIS [image source]
ISIS [image source]
ISIS juga kerap membuat video kontroversi tentang adegan pembunuhan. Ia juga merusak banyak sekali situs sejarah penting dan juga menjarah barang di museum. Apa yang dilakukan oleh ISIS benar-benar tak bisa ditolerir lagi. Tahun 2015 adalah tahun ISIS merajalela dan Al-Qaeda mulai tak ada suaranya.

5. Kematian Aylan Kurdi

Barangkali Aylan Kurdi adalah satu dari jutaan pengungsi yang menyeberang dari Suriah ke Eropa. Namun namanya sendiri sempat menjadi headline media dunia karena ditemukan telah tak bernyawa di pinggiran pantai. Aylan Kurdi adalah seseorang yang masih kecil dan harus rela mengakhiri hidupnya dengan tenggelam di laut.

Kematian Aylan Kurdi [image source]
Kematian Aylan Kurdi [image source]
Apa yang terjadi pada Aylan Kurdi membuat dunia marah. Banyak sekali orang mengungkapkan rasanya itu menjadi sebuah lukisan atau aksi sosial lainnya. Nyatanya, nyawa seorang anak-anak harus dikorbankan terlebih dahulu sebelum, dunia menjadi bersimpati kepada para pengungsi.

6. Kebakaran Hutan Indonesia

Kebakaran hutan yang menimpa Indonesia juga merupakan salah satu hal paling penting sepanjang 2015. Dampaknya dirasakan tak hanya di Indonesia saja. bahkan negara-negara tetangga juga kebagian asap yang menyebabkan sesak napas hingga beberapa orang meninggal dunia dengan mengenaskan.

Dampak kebakaran hutan [image source]
Dampak kebakaran hutan [image source]
Masalah kebakaran hutan yang ada di Indonesia termasuk kejahatan lingkungan paling parah yang pernah terjadi selama abad 21. Namun pelaku pembakaran justru selamat dari segala tuduhan karena membakar hutan dianggap tidak merusak lingkungan. Menurut anda merusak apa tidak?

7. Flyby Pluto

Akhirnya setelah puluhan tahun hanya bisa menerka-nerka, pada tahun 2015 akhirnya milyaran orang di seluruh dunia bisa melihat Pluto untuk pertama kalinya. Sebuah kapal pengamat akhirnya bisa melewati Pluto dan mengirimkan gambarnya secara langsung ke bumi hingga misteri pluto sebagai planet ketujuh akhirnya terpecahkan.

Pluto [image source]
Pluto [image source]
Pluto yang selam ini dianggap planet dengan warna putih karena permukaannya dingin dan beku. Justru hadir dengan warna agak bersemu merah. Misi ke Pluto menjadi misi luar angkasa paling hebat yang pernah NASA lakukan sepanjang tahun, bahkan mungkin puluhan tahun ke belakang.

Demikianlah tujuh peristiwa besar yang menjadi ikon tahun 2015. Semoga di tahun ini, hal-hal besar yang terjadi bukanlah yang berbau kengerian seperti terorisme dan bencana. Anyway, peristiwa besar apa yang terjadi di tahun 2015 anda?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA