in

5 Peristiwa Bersejarah di Dunia ini Bisa Menjadi Film yang Sangat Hebat

kejadian sejarah [image source]

Bagi beberapa orang, sejarah adalah hal yang sangat membosankan. Membaca buku teks yang penuh kata-kata bisa membuat semua orang jadi pusing sendiri. Tapi, jika sejarah itu dibuat dalam bentuk film, banyak orang jadi ingin melihatnya. Mereka lebih menyukai sesuatu yang visual, bisa dilihat, dan didengar daripada hanya dibaca saja.

Dari dahulu hingga sekarang, banyak sekali film-film yang dibuat berdasarkan sejarah di masa lalu. Sebut saja film Titanic, atau yang terbaru The Revenant. Film yang berasal dari event di masa lalu atau pun sejarah biasanya memiliki daya tarik yang hebat. Terlebih jika dibintangi oleh aktor kelas atas yang aktingnya sudah di atas awan.

Jika saja lima kejadian paling bersejarah di bawah ini difilmkan, mungkin akan sehebat film-film yang pernah mendulang Box Office.

1. The Last of Iron Jacket

Iron Jacket adalah sebutan orang-orang suku aboriginal dari Amerika bernama Chomanche. Suku ini dikenal sangat hebat dan memiliki kemampuan untuk bertarung menggunakan kuda. Kehebatan ini justru membuat suku yang iri seperti Tonkawas dan beberapa pasukan pendudukan dari Eropa melakukan penyergapan menyeramkan ke pusat Chomanche. Selama ini tak ada satu pasukan Eropa pun yang mampu masuk dan menghabisi suku yang konon masih mempraktikkan kanibalisme.

Suku Chomanche [image source]
Suku Chomanche [image source]
Strategi yang kuat dari pihak Eropa dan suku Tonkawas akhirnya membuat mereka mampu masuk ke desa. Mengetahui hal ini suku Chomanche marah besar. Mereka melakukan serangan balasan yang kuat meski harus mengakui kekalahan. Senjata dari Eropa terlalu kuat untuk dilawan. Perjuangan suku Chomanche memang berakhir, namun apa yang dilakukan itu sangatlah hebat. Semua orang berjuang mati-matian hingga tinggal satu orang yaitu sang kepala suku yang mengenakan jaket besi milik orang Eropa yang berhasil ia bunuh.

2. Arthur Kavanagh – Penjelajah Tanpa Tangan dan Kaki

Kisah hidup dari Arthur Kavanangh barangkali perlu dibuat menjadi film. Ia sejak kecil tidak memiliki kaki dan tangan. Namun apa yang terjadi pada dirinya tidak membuat Arthur menjadi minder.Bahkan ia telah melakukan training sejak kecil hingga saat dewasa ia menjadi penjelajah dunia. Arthur mengunjungi banyak sekali tempat di dunia hingga mendapatkan julukan The Limbless Adventurer.

Arthur Kavanagh [image source]
Arthur Kavanagh [image source]
Saat mulai beranjak dewasa, banyak orang dari keluarga Arthur yang menjodohkannya dengan wanita. Sayangnya tak banyak orang yang mau. Hingga ada seorang gadis yang mau meski ditentang oleh orang tuanya. Kisah cinta dari Arthur dan perjuangannya dalam mengelilingi dunia akan menjadi film yang sarat makna.

3. Perburuan Budak-Budak yang Kabur

Tak semua budak bisa kabur dengan bebas. Banyak sekali dari mereka yang disekap di dalam rumah hingga tak bisa melakukan apa-apa. Namun hal itu tak berlaku Lewis William. Ia kabur dari rumah masternya dan menyelamatkan diri ke tempat yang aman. Sayangnya, budak kabur adalah masalah yang sangat besar, jika ia tertangkap lagi bisa dijatuhi hukuman hingga terparah akan dibunuh dengan keji.

Budak kabur [image source]
Budak kabur [image source]
Perburuan budak akhirnya menggemparkan Lewis. Ia tak bisa terus-terusan sembunyi jika nantinya akan ketahuan juga. Akhirnya ia memilih untuk hidup sebagai wanita. Ia belajar berjalan seperti wanita, makan seperti wanita, hingga memakai baju wanita. Ia melakukan itu semua agar tidak ada orang yang mengetahuinya. Perjuangan budak-budak yang kabur dan mau menjadi apa saja sudah selayaknya dibuatkan ulang.

4. Pertempuran 10 November

Barangkali film yang menceritakan perjuangan 10 November 1945 di Surabaya pernah dibuat. Namun akan lebih baik lagi jika film itu dibuat ulang menjadi versi yang lebih baru. Terknologi film Indonesia yang sudah lumayan maju dan juga aktor dan aktris yang mumpuni akan membuat film ini menjadi lebih dahsyat. Bahkan membangkitkan semangat nasionalisme semua orang yang ada di Indonesia.

pertempuran 10 november [image source]
pertempuran 10 november [image source]
Pertempuran 10 November adalah momen paling bersejarah di Indonesia. Pada masa itu keberanian arek-arek Surabaya dalam memukul mundur Belanda dan sekutu  benar-benar diuji. Strategi perang dengan peralatan seadanya tak membuat semangat jadi kendur. Bahkan akibat aksi ini, gelombang perjuangan di seluruh Indonesia kembali dimulai.

5. Bandung Lautan Api

Film Bandung Lautan Api pernah dibuat di masa lalu. Namun seperti layaknya pertempuran 10 November 1945, peristiwa ini layak dibuat dalam versi yang lebih baru. Dengan visual yang lebih bagus, film ini akan menampilkan peristiwa heroik yang tak akan pernah dilupakan oleh semua orang di Indonesia. Peristiwa Bandung lautan api adalah bukti persatuan yang solid dalam melawan penjajah.

bandung lauan api [image source]
bandung lauan api [image source]
Bandung lautan api adalah peristiwa pembakaran desa-desa oleh penduduk setempat. Mereka merelakan rumah-rumah mereka hancur daripada digunakan untuk basis militer tentara musuh. Pembakaran ini membuat Bandung benar-benar dipenuhi oleh asap dan api dan membuat tentara Sekutu dan Belanda tak bisa melakukan apa-apa.

Inilah lima peristiwa bersejarah di dunia yang akan menjadi film yang sangat hebat. Bagaimana menurut sobat Boombastis? Adakah peristiwa lain yang sekiranya membuat sejarah di masa lalu jadi lebih menarik?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Inilah 5 Atlet Olahraga Paling Legendaris di Indonesia, Kamu Masih Ingat?

Mengenal Kisaeng, Para Wanita Penghibur di Korea Zaman Kerajaan