6 Perilaku Umum yang Dilakukan dalam Pergaulan Tapi Ternyata Bisa Nyebelin

oleh Tetalogi
07:00 AM on Nov 14, 2015

Saat sedang bersama teman, beberapa orang sering kali merasa bebas melakukan apapun bersama mereka. Karena percaya bahwa sudah saling mengenal satu sama lain dan begitu akrab, terkadang beberapa orang sudah tidak sungkan-sungkan lagi dalam bergaul dan bercanda dengan mereka.

Bergaul dan bercanda dalam pergaulan itu sebenarnya wajar saja, kok. Hanya saja kadang beberapa orang tidak sadar membuat teman mereka sebal. Nah, berikut ini lho beberapa hal yang sering dilakukan tapi sebenarnya bisa membuat orang lain merasa kesal.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Suka Membatalkan Janji

Yang namanya janji itu harus ditepati, bahkan sekedar janji ketemuan. Kecuali memang terhalang masalah yang benar-benar membuat kita nggak bisa menepati janji, maka ada baiknya bilang dengan baik-baik dan jangan mendadak. Karena teman kita juga memiliki kesibukan lainnya.

Membatalkan janji tiba-tiba itu membuat orang lain kesal [Image Source]
Membatalkan janji tiba-tiba itu membuat orang lain kesal [Image Source]
Akrab dengan seseorang bukan alasan untuk membatalkan janji di menit-menit terakhir. Hal ini adalah perbuatan paling menyebalkan yang sering terjadi, apalagi jika orang tersebut memang termasuk orang yang sering membatalkan janji. Jika memang tidak suka keramaian, maka lebih baik bilang sejak awal dan pilih tempat pertemuan yang terasa lebih tenang.

2. Dikit-dikit Minta Traktir

Kebiasaan banyak orang Indonesia adalah minta traktir. Memang sih niatnya sebenarnya adalah untuk bersyukur, bagi yang mentraktir tentunya. Tapi dasar kebiasaan sudah jadi teman, akhirnya keterusan. Sedikit-sedikit minta ditraktir. Ulang tahun, gajian, gaji naik, naik pangkat, beli hape baru, beli motor, semua selalu minta acara ditraktir.

Tanpa diminta, kalau ada rejeki teman pasti mentraktir [Image Source]
Tanpa diminta, kalau ada rejeki teman pasti mentraktir [Image Source]
Yang perlu diingat, kalau teman kita memang ada rejeki dan berniat bersyukur, mereka pasti nggak akan lupa dengan temannya, kok. Malah kalau kita bisa menjadi teman yang baik, kita akan selalu diingat dan jadi orang pertama yang akan ia hampiri ketika teman tersebut sedang senang atau punya rejeki berlebih. Lagipula, kita tidak benar-benar tahu kondisi ekonomi teman kita, jadi meminta ditraktir hanya akan membuatnya merasa sedih jika kondisi ekonominya sendiri ternyata sedang kepepet.

3. Curhat Nggak Selesai-selesai

Curhat-curhatan adalah salah satu kegiatan yang dilakukan ketika sahabat sedang berkumpul. Mulai dari curhat masalah cinta, keluarga, pekerjaan, dan banyak lagi. Tapi curhat itu harus melihat kondisi, situasi, waktu, dan tempat. Jangan setiap waktu dan setiap saat curhat, karena teman kita juga punya hal yang harus ia selesaikan.

Curhat nggak selesai-selesai bikin bosan sekaligus kesal [Image Source]
Curhat nggak selesai-selesai bikin bosan sekaligus kesal [Image Source]
Selain itu, ada juga tipe curhat yang paling menyebalkan, yaitu mereka yang minta saran tapi tidak pernah diikuti. Pasti pernah ketemu orang yang seperti itu, kan? Mereka akan mengeluh tentang masalah yang dihadapi dan meminta solusi yang baik. Setelah diberikan pilihan solusi, ternyata ia tidak melakukan apapun untuk menyelesaikan masalah tersebut dan tetap saja mengeluh setiap saat. Ketemu yang seperti ini tentu bikin sebel, kan?

4. Suka Kepo

Salah satu hal yang paling menyebalkan adalah bertemu dengan orang yang suka kepo. Yang lebih repot lagi adalah jika ia ternyata teman kita sendiri. Meskipun berteman dekat dan akrab, tentu masih ada beberapa hal pribadi yang tidak ingin kita beritahukan kepada orang lain. Tapi susah jadinya jika teman yang kepo ini terus saja ingin tahu urusan kita.

Jangan kepo dengan urusan pribadi seseorang [Image Source]
Jangan kepo dengan urusan pribadi seseorang [Image Source]
Teman bukan berarti benar-benar mengerti segala macam urusan kita. Tetap saja ada batasan-batasan tertentu yang tidak bisa kita ceritakan kepada mereka. Jadi, selalu ingin tahu secara berlebihan seperti ini justru membuat seseorang menjadi kesal.

5. Suka Ngerjain

Tidak semua orang memiliki selera humor yang sama. Ada yang suka ngerjain orang dan terima saja bila dikerjai. Tapi, ada juga orang yang tidak suka bercanda dengan cara demikian. Maka mengerjainya justru tidak akan membuat kita semakin dekat dengan teman, tapi justru membuatnya ingin jauh-jauh dari kita.

Marah dalam pertemanan [Image Source]
Marah dalam pertemanan [Image Source]
Jika memang ingin bercanda, pilih humor yang tidak melukai perasaannya atau yang tidak membuatnya harus merasa ketakutan atau kesakitan. Ada banyak kok jenis bercandaan yang lebih menyenangkan dan lebih baik tanpa harus membuatnya merasa kesal dengan kita.

6. Suka Menyindir

Sejak dulu sindir menyindir itu adalah kegiatan yang tidak sehat dan menyebalkan. Tidak saja hal ini bisa menyakiti orang lain, menyindir juga bisa membuat hubungan persahabatan semakin renggang dan akhirnya bahkan bisa membuat rusaknya pertemanan.

Menyindir [Image Source]
Menyindir [Image Source]
Jadi jika kita memang memiliki keluhan tentang teman kita, maka lebih baik mengatakannya langsung dengan baik-baik. Selain tidak akan membuat orang lain tersinggung, berbicara baik-baik tentang apa yang menjadi masalah justru bisa mempererat hubungan pertemanan.

Punya teman dekat tempat berbagi dan menghabiskan waktu bersama adalah hal yang bagus, tapi bukan berarti bisa bersikap semaunya sendiri. Menjalin hubungan pertemanan itu seharusnya bukan sekedar menerima apa adanya, tapi juga harus menjaga perasaan orang lain.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA