Wow, Ternyata Orang Utan Punya Perilaku Mirip Seperti Manusia

oleh Ayu
11:44 AM on Mar 17, 2015

Perilaku orang utan seperti manusia memang banyak ditemukan oleh pengamat lingkungan dan beberapa peneliti belakangan ini. Golongan primata cerdas tersebut banyak memiliki tingkah lucu yang menyerupai manusia. Semuanya mereka dapatkan karena mempelajari apa yang dilihatnya dari manusia di sekitar.

Bukan hanya bentuk mereka yang sebenarnya menyerupai manusia, namun agaknya orang utan ‘kekinian’ mulai mengadaptasi kegiatan sehari-hari dan hidup layaknya manusia. Di antaranya adalah dengan menggunakan beberapa barang yang sering kita pakai dalam kehidupan. Nah, yuk kita simak beberapa ulasannya di sini.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

1. Orang Utan Yang Berburu Seperti Manusia

Gerd Schuster, salah satu penulis buku Thinkers of the Jungle: The Orangutan Report pernah menunjukkan sebuah foto menarik tentang orang utan yang berburu. Mereka berburu seperti manusia tradisional atau manusia purba, dengan menggunakan sebuah tongkat sebagai tombak mereka.

Orang Utan Berburu Seperti Manusia (squarespace)
Orang Utan Berburu Seperti Manusia (squarespace)

Anda bisa melihatnya dalam foto tersebut, Gerd mengatakan, “Seekor orang utan jantan bergelantungan pada cabang yang menggantung. Ia sedang berusaha mati-matian menombak ikan yang lewat,” begitu deskripsi Gerd tentang gambar tersebut.

Dan gambar yang Anda lihat itu, ternyata diambil di Kalimantan Tengah, tepatnya di Pulau Kaja. Meski sebenarnya berburu seperti ini membutuhkan skill tingkat tinggi, toh pada akhirnya orang utan tersebut bisa mempelajarinya dengan baik.

2. Orang Utan Membasuh Wajah Dengan Handuk

Kalau sedang panas, memang enak rasanya membasuh keringat dengan menggunakan handuk basah. Hal seperti ini cukup banyak dilakukan orang saat musim panas. Namun, ternyata bukan hanya kita, bahkan orangutan yang ada di sana pun melakukan hal yang sama.

Dalam video di atas, tampak orangutan yang membasuh wajahnya dengan handuk basah. Kejadian yang sepertinya berlokasi di kebun binatang tersebut langsung dimanfaatkan para pengunjung untuk mengabadikannya lewat kamera. Saat itu, cuaca sedang terik rupanya. Waduuh, lagi gerah ya Pak?

3. Orang Utan Yang Memakai Perahu Dan Mencuci Baju

Masih dari Kalimantan, kali ini kita akan melihat seekor orang utan betina yang sehai-harinya sudah belajar menjadi ‘ibu rumah tangga’ yang baik. Lihat deh bagaimana ibu orang utan ini bisa melakukan pekerjaan rumah tangga sambil tetap menggendong anaknya.

Akibat banyak bergaul dengan manusia, ibu orang utan ini jadi tahu caranya mencuci baju, bahkan naik perahu. Dengan piawai, ia mendayung perahu menggunakan tangannya melalui rawa dan perairan dangkal.

Kemudian ia menirukan bagaimana manusia mencuci baju. Mulai dari menyikat pakaian, hingga memeras dan membilasinya. Padahal ia tidak akan menggunakan pakaian itu ya? Wah, ada-ada saja nih iduk orang utan.

4. Orangutan Mandi Dengan Menggunakan Sabun

Salah seorang turis yang bernama Kevin Su, pernah melakukan perjalanan ke Kalimantan dan melihat sendiri bagaimana orang utan banyak terpengaruh hidup manusia. Seperti ada dorongan dalam diri orang utan tersebut untuk menggunakan benda-benda yang banyak digunakan oleh manusia itu sendiri.

Orangutan sedang Mandi (mirror)
Orangutan sedang Mandi (mirror)

Salah satunya adalah sabun. Kevin Su sempat memotret beberapa adegan di mana orang utan menggunakan sabun milik warga untuk mandi. Meski ada adegan horor di mana orang utan tersebut memakan sabunnya. Waduh, awas sendawanya keluar busa tuh.

Momen melihat orang utan tersebut terjadi di Tanjung Puting saat Kevin Su menelusuri kehidupan makhluk liar yang cukup membaur dengan manusia di sana. Ia dan kekasihnya sempat agak takjub melihat bagaimana orang utan bisa mempelajari dengan baik apa yang dilakukan manusia di sekitarnya. Mungkin karena baunya harum, orang utan mengira sabun bisa dimakan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA