5 Percobaan Psikologi Paling Mengerikan ini Sangat Tak Beretika

oleh Adi Nugroho
08:56 AM on Dec 31, 2015

Psikologi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang baru populer di abad ke-20. Selama beberapa puluh tahun, ilmu ini berkembang dengan sangat pesat hingga tak bisa dikontrol lagi. Psikologi semakin gencar mempelajari kebiasaan, perilaku, hingga gangguan yang terkait dengan mental pada manusia. Sayangnya percobaan ini akan sulit terjadi, jika tidak melihat secara langsung situasi nyata orang yang sedang mengalami gangguan psikologi.

Baca Juga : 5 Foto Mencengangkan Orang-orang yang Berusaha Lari dari Kematian

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

Akhirnya tujuh percobaan mengerikan ini dibuat untuk membuktikan suatu dugaan. Sayangnya, percobaan yang dilakukan justru membuat ilmuwan nampak tak beretika. Well, langsung saja kita bahas percobaan apa sajakah itu!

1. Percobaan David Reimer

Awalnya David adalah seorang pria, namun saat masih kecil, sebuah gangguan prosedur membuat organ kelaminnya terbakar. Untuk mengatasi hal ini, seorang dokter menyarankan agar si bayi ganti kelamin saja. Orang tua David awalnya tak menyetujui permintaan ini. Namun akhirnya mereka menerima saja meski terpaksa. Mengetahui hal ini, dokter menjadi senang karena memiliki objek untuk uji coba dan pengamatan.

Percobaan David Reimer [image source]
Percobaan David Reimer [image source]
Dokter ini ingin mengetahui bagaimana psikologi seseorang yang berganti kelamin. Ia mengamatinya dari tumbuh kembang David yang sangat pesat. Suatu ketika David diberi tahu jika gender aslinya merupakan pria, bukan wanita yang saat ini sedang ia jalani. Selama nyaris 25 tahun menanggung beban moral dan mental, David akhirnya bunuh diri.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA