Inilah 5 Perbedaan Kemajuan Teknologi Angkatan 90-an Dibanding Sekarang, Bikin Kamu Ngangguk Tanda Setuju

Zaman dulu itu susahnya gak karuan, mau download saja butuh waktu berjam-jam

oleh Arief Dian
12:00 PM on May 7, 2017

Anak zaman sekarang sudah sangat akrab dengan hal-hal berbau teknologi. Salah satu buktinya ya melihat kecakapan bocah kekinian ketika menggunakan komputer atau smartphone. Benar-benar seperti mobil-mobilan saja yang bisa dimainkan dengan amat mudah oleh mereka.

Ketika bocah zaman sekarang begitu lihai soal teknologi, hal yang berbeda dialami anak-anak generasi 90an. Ya, kamu yang sudah dewasa sekarang pasti tahu sulitnya beradaptasi dengan hal-hal yang berbau hi-tech. Ndeso banget kita ketika itu. Anak-anak zaman sekarang mungkin takkan percaya, kalau orang-orang dulu begitu gapteknya. Nah, berikut ini adalah perbedaan kemajuan soal teknologi antara anak 90an dengan masa kini. Sambil nostalgia ya!

Baca Juga
Tak Melulu Miris, Ini Cerita dari Para Veteran yang Akhirnya Diperhatikan oleh Pemerintah
7 Hal Ini Jadi Alasan Kenapa Wanita Jepang Ogah Menikah

Satu Komputer buat Berjamaah

Kalau anak sekarang sih bisa sangat mending bisa merasakan memegang komputer sendiri, nah anak 90-an malah berbarengan buat satu komputer. Bahkan gak jarang kalau harus ada yang pangku-pangkuan, dan itu nyiksa banget buat bertugas sebagai yang mangku. Mending kalau yang dipangku itu kurus, nah kalau yang dipangku sebesar besar banget, rasanya macam mangku karung beras. Satu lagi yang bikin nyesek, karena keberadaan komputer kelas yang terbatas, kadang kita mesti gantian, hasilnya ngemperlah di depan lab komputer. Serius deh, sudah mirip mak-mak lagi tunggu toko diskonan buka warung.

Media penyimpanan data kecil, tapi ukurannya besar

Disket vs Flash disk

Dulu mah boro-boro ada flashdisk, pakai CD saja jarang ada yang menggunakan. Akhirnya kita pakai benda kampret ini buat menyimpan data. Bentuk bendanya saja besar, tapi hanya buat menyimpan gak lebih dari 5 MB. Karena banyak data yang harus disimpan, akhirnya kita borong itu disket dari toko komputer, akibatnya benda itu berserakan di kamar kita. Jelas berbeda sekali dengan yang sekarang, hanya modal flashdisk yang bisa ditaruh saku, bisa muat hingga puluhan giga.

Waptrick, playstorenya anak 90-an

Download di waptrick

Kemunculan google playstore bisa dibilang memberikan kemudahan sangat besar bagi masyarkat. Sekarang mau download aplikasi apa saja, tinggal unduh di playstore. Kalau dulu sih, adanya hanya waptrick. Soalnya website itu yang memberikan unduhan gratis bagi semua pengguna ponsel. Baik lagu, game, gambar bahkan video esek-esek pun bisa di download di web itu. Kegunaannya hampir sama dengan playstore, namun sayangnya kadang ada saja virus yang ikut terdownload saat menggunakan waptrick. Hasilnya, Ya ponsel kita yang error akibat asal download file di waprtick.

Download dan copy file dengan kecepatan siput

Lemot [image source]
Waduh kalau zaman dulu jangan harap kalian bisa nyaman saat harus mengopy atau mendowload file. Kecepatannya itu loh, super lelet gak karuan. Mungkin terpengaruh kemampuan procesor yang masih memakai label ‘Pentium’ kali ya. Tapi yang jelas, menunggu proses copy atau download waktu itu adalah penyiksaan bagi anak 90-an. Padahal filenya hanya beberapa ratus mega, namun estimasi waktunya sampai berjam-jaman hingga harian. Itu sih hal yang wajar dan pastinya pernah di alami oleh anak angkatan 90-an.

Chatting dengan Mxit

Mxit VS Line

Sekarang sudah bertaburan berbagai aplikasi chatting yang ada di playstore. Ada Line, BBM, Whatsapp dan aplikasi serupa lainnya. Kalau dulu mah, kita pakai yang satu ini. Ya, Mxit menjadi satu-satunya sarana buat tambah kenalan di dunia maya. Sayangnya waktu itu paket data seluler tidak ada seperti saat ini. Jadinya harus kepotong banyak pulsa hanya demi chat yang berlangsung tidak kurang dari 10 menit. Kalau sekarang mah, mau chat lama, bahkan telefon dan video call hanya menggunakan paket data yang murah. Sumpah enak banget anak zaman sekarang.

Lihat betapa beratnya perjuangan kita anak 90-an dalam menggunakan teknologi. Karena sekarang semua serba maju, anak zaman sekarang seharusnya lebih hebat ketimbang generasi sebelumnya. Jangan sampai kemajuan itu malah digunakan untuk hal yang tidak-tidak.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA