Perbandingan Kekuatan Militer Jepang Vs Tiongkok, Siapa yang Lebih Unggul

oleh Rizal
12:35 PM on Aug 24, 2016

Kalau kita kembali ke belakang tepatnya di masa perang dunia dulu, adalah sangat konyol kalau mau membandingkan Jepang dan Tiongkok. Negeri Tirai Bambu bagi Jepang tak lebih dari remah-remah rempeyek yang bisa hancur hanya dengan sekali remas. Tidak melebih-lebihkan karena kenyataannya memang begitu. Kamu pun tentu masih ingat bagaimana Jepang memporak-porandakan Tiongkok sedemikian rupa dan menjadikan penduduknya seperti mainan yang bebas pakai dan buang.

Tapi, cerita di atas terjadi di masa lalu. Sepeninggal Jepang dan kepemimpinan beringas Mao Zedong, Tiongkok perlahan tapi pasti berangsur-angsur menguat. Tak cuma dari sisi ekonomi tapi juga militer, meskipun senjatanya jiplak semua kalau kata orang-orang. Dan hari ini, Tiongkok menduduki peringkat tertinggi sebagai negara kuat Se-Asia dan juara 3 dunia. Jepang sendiri tidak buruk-buruk amat kok, mereka masih ada di peringkat 7 dunia.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Nah, belakangan Jepang dan Tiongkok terlibat semacam pertikaian. Masalahnya mungkin cuma aksi saling klaim pulau, tapi potensinya cukup besar untuk menciptakan perang antar keduanya. Tentu kita nggak berharap itu akan terjadi, tapi kalau seumpama pecah, kira-kira mana yang bakal jadi pemenangnya? Tiongkok yang hebat atau si mantan penjajah?

Tiongkok Sangat Unggul di Ranah Darat

Kalau kita melihat data-data yang ada tentang kekuatan darat kedua negara, maka Tiongkok jelas diunggulkan. Sebagai negara dengan populasi paling edan, Tiongkok memiliki tentara dengan jumlah tak karuan. Totalnya sendiri sekitar 2,3 juta orang. Bagaimana dengan Jepang? Mereka hanya punya sepersepuluh tentara Tiongkok dengan jumlah personil aktif sekitar 250 ribu orang saja.

Kekuatan darat Tiongkok [Image Source]
Kekuatan darat Tiongkok [Image Source]
Kalau alutsista darat bagaimana? Tiongkok tetap lebih unggul. Tank dan kendaraan lapis tempur, Tiongkok memilikinya lebih dari Jepang. Meskipun Jepang terlihat ecek-ecek, tapi kekuatan darat negara ini tak boleh dianggap enteng. Tiongkok boleh menang jumlah, tapi Jepang digadang lebih punya skill yang mumpuni.

Kekuatan Udara Keduanya Timpang

Hal yang paling masuk akal kalau Jepang dan Tiongkok bergelut adalah keduanya bakal jual beli serangan udara. Alasannya lebih karena jarak dan juga efisiensi. Nah, kalau dikomparasikan kekuatan udaranya, siapa yang lebih unggul? Jawabannya adalah Tiongkok.

Garangnya kekuatan udara Tiongkok [Image Source]
Garangnya kekuatan udara Tiongkok [Image Source]
Kita lihat secara kasar saja deh, Tiongkok punya seribu lebih jet-jet tempur, sedangkan Jepang hanya punya ratusan saja. Begitu juga dengan koleksi helikopter tempur, Tiongkok pun mengungguli si negara Anime. Tapi, lagi-lagi Tiongkok hanya menang kuantitas sedangkan Jepang lebih mantap di kualitas. Belakangan banyak berita yang mengatakan Jepang bakal upgrade jet-jet tempurnya untuk bisa memboyong lebih banyak roket. Tiongkok harusnya ketar-ketir dengan ini.

Jepang Jemawa di Lautan

Sudah menjadi semacam fitrah kalau negara kepulauan selalu sangat kuat di lautan. Jepang salah satu negara yang benar-benar mencerminkan hal tersebut. Memang benar lho kalau kekuatan laut Jepang itu sangat menyeramkan. Tak hanya soal pasukan angkatan lautnya, tapi juga koleksi armada mereka yang oke punya.

Kapal Induk Jepang [Image Source]
Kapal Induk Jepang [Image Source]
Jepang setidaknya punya 3 kapal induk yang beroperasi penuh. Belum lagi dukungan dari kapal destroyer mereka yang berjumlah 43 buah itu. Jepang juga punya 17 kapal selam kelas berat di pihak mereka. Tiongkok sebenarnya oke soal jumlah alutsista. Tapi, kalau bicara experience atau pengalaman Jepang lebih jago di ranah laut.

Soal Duit, Tiongkok Melumat Jepang

Kekuatan keuangan juga jadi pertimbangan lho kalau kita mau mengomparasikan kekuatan militer dua negara. Uang memang tak bisa dilinting lalu jadi peluru, tapi dengan uang sebuah negara bisa memiliki kekuatan militer yang hebat. Soal uang, Tiongkok sang calon negara terkaya jelas melumat Jepang. Kalau dilihat dari statistiknya di Global Fire Power, Tiongkok memiliki budget belanja tahunan yang besar sekali, $ 155 miliar.

Tiongkok lebih unggul di masalah uang [Image Source]
Tiongkok lebih unggul di masalah uang [Image Source]
Soal uang Jepang memang lemah, belum lagi negara kimono itu didera hutang hampir $ 5 triliun. Meskipun begitu, mereka masih bisa setidaknya menganggarkan $ 40 miliar per tahun untuk militer. Bisa lah untuk beli F-35 Lightning II beberapa buah.

Kesimpulannya, Tiongkok bakal menang telak kalau melawan Jepang. Tapi, ini hanya kata statistik saja. Di lapangan kita tak pernah tahu apa yang bakal terjadi. Boleh jadi Jepang menang dengan segala kecerdasan mereka, Tiongkok pun berpeluang besar juga apalagi mengingat fakta sejarah di masa lalu di mana mereka diperlakukan sangat keji. Tiongkok akan sangat senang bisa membalaskan dendam di masa lalu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA